5 alasan cv anda tidak dilirik perusahaan

Setiap hari kerjaan Anda pasti memandangi layar ponsel dan email, menunggu kapan ada kabar dari perusahaan tempat Anda mengirimkan CV. Namun, Anda yakin jika CV yang dikirimkan menarik perhatian? Atau justru membuat pewawancara illfeel dan tidak meliriknya sama-sekali. Coba perhatikan tanda di bawah ini, jika Anda memiliki salah satunya, bisa jadi CV Anda sudah dibuang dan tidak dipandang.


1. Tidak ada ruang kosong dalam CV Anda
Meski diberi desain dan aneka tulisan, tetapi pastikan lembar CV yang Anda kirimkan tidak terlalu padat alias masih memiliki area kosong. CV yang penuh sesak dengan teks tidak terlihat menarik, lho. Kalau Anda tidak bisa mendesain sendiri, cobalah minta tolong teman yang punya keahlian di bidang tersebut.


2. Tidak menyertakan hasil dari pekerjaan sebelumnya
Dibandingkan hanya menulis "Pernah mengerjakan proyek XXX," sebaiknya tuliskan juga hasil yang didapatkan dari proyek tersebut. Dengan begitu pewawancara punya gambaran apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan mereka nantinya.


3. CV Anda terlalu panjang
Pewawancara tidak punya waktu banyak untuk membaca CV setiap pelamar satu persatu. Jadi, pastikan CV Anda ditulis dengan jelas dan ringkas. Jangan terlalu panjang dan bertele-tele dalam menceritakan pengalaman kerja Anda. Ingat, singkat, jelas, dan mudah dimengerti!


4. Anda tidak menyertakan angka
Angka di sini maksudnya adalah segala hal yang Anda lakukan untuk perusahaan yang dituliskan dalam bentuk angka. Misalnya, Anda sudah berusaha mengurangi pengeluaran modal perusahaan dan berhasil mendapatkan keuntungan . Jangan ragu untuk dituliskan, ya! Itu menambah poin Anda.


5. Anda terdengar kurang percaya diri
Jika Anda melamar pekerjaannyang bukan bidang utama Anda, jangan pernah merasa berkecil hati. Hindari menuliskan, "Saya tidak memiliki banyak pengalaman di bidang marketing, tetapi saya mau belajar lebih banyak." Itu hanya membuat pewawancara yakin bahwa Anda orang yang kurang percaya diri. Yakinkan mereka kalau Anda bisa, masalah belajar biarkan itu hanya diri Anda sendiri yang tahu.