10 tips menjadi ahli komputer yang handal

Ahli komputer merupakan sebuah julukan yang keren untuk sebagian orang yang menekuni bidang komputer. Bagi kebanyakan dari kalian yang sekolah jurusan komputer pasti memiliki keinginan untuk menjadi seorang ahli komputer.


Dengan menjadi seorang ahli komputer, kita jadi bisa melakukan atau mengetahui apa yang tidak orang ketahui, sekarang ini komputer sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk manusia.  Sebagai seorang ahli komputer kita harus membiasakan untuk menggunakan komputer lebih dari 1 jam per hari supaya mengenali dan paham system kerja komputer.


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjadi seorang ahli komputer yang handal.


#1. Kenali Hardware


Dalam dunia komputer ada banyak sekali hardware. Nah jika kalian ingin menjadi seorang ahli komputer, kalian harus mengenali dan mengetahui cara kerja dari hardware-hardware tersebut. Kalian harus selalu mengupdate pengetahuan kalian, karena setiap tahunnya ada hardware baru dengan berbagai tipe yang muncul.


#2. Kenali Software dan Jenis-jenisnya


Banyak sekali sistem operasi dan software yang bisa digunakan dalam sebuah komputer. Software ini digunakan untuk membantu pengguna komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Software yang harus kalian ketahui adalah Sistem operasi, driver, aplikasi dan berbagai software penting lain. Software ini bisa kalian dapatkan secara gratis, dan ada juga yang harus kalian beli jika ingin menggunakannya.


#3. Mempelajari Cara Mengoperasikan Komputer


Kalian harus mempelajari cara mengoperasikan komputer menggunakan bahasa perintah sederhana, misalnya lewat Command Prompt yang ada pada Windows atau Terminal yang ada pada Linux.


#4. Belajar Mengetik


Kalian harus belajar mengetik tanpa harus melihat keyboard. Skill ini sangatlah dibutuhkan untuk menunjang kemampuan kalian sebagai ahli komputer. Bisa kalian bayangkan jika kalian sedang memperbaiki komputer orang namun kalian tidak hafal letak dari keyboard, tentu hal ini akan menambah lama pekerjaan kalian.


#5. Jangan Ragu Untuk Bertanya


Jangan ragu untuk bertanya jika ada yang tidak kalian ketahui. Komputer merupakan sebuah alat yang rumit, jadi kalian perlu penjelasan langsung dan harus melakukan praktik beberapa kali. Oleh karena itu, kalian harus sering bertanya kepada orang yang lebih ahli tentang komputer, atau kalian juga bisa mencari informasi lewat internet.


#6. Bisa Bahasa Pemrograman


Kalian harus bisa bahasa pemrograman, hal ini merupakan skill yang harus dimiliki setiap ahli komputer. Untuk menguasai bahasa pemgrograman ini diperlukan keterampilan dan kesabaran ekstra untuk mempelajarinya. Namun kalian tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah banyak sekali e-book mengenai bahasa pemgrograman yang bisa kalian dapatkan di internet sebagai refrensi.


#7. Belajar Memperbaiki Komputer


Perbaiki komputer milik kalian sendiri atau milik tetangga kalian, maka lama kelamaan orang-orang akan mengetahui bahwa kalian ahli dalam bidang tersebut.


#8. Mempelajari OS Linux


Belajar OS Linux, kenapa? Karena kebanyakan ahli komputer menggunakan sistem operasi Linux. Banyak sekali kelebihan yang diberikan sistem operasi Linux, seperti gratis, bebas daari virus dan berbagai alasan yang lain.


#9. Jangan Panik


Tidak boleh panik ketikan menghadapi masalah yang ada pada komputer. Ketika komputer mengalami kerusakan, kalian harus tetap tenang dan mulai mencari tahu sumber masalah yang ada pada komputer kalian.


#10. Belajar Terus Menerus


Belajar terus menerus, sebagai seorang ahli komputer kalian harus terus belajar dengan giat dan aktif, khususnya dalam hal ilmu komputer. Kalian bisa mengikut ekschool yang ada kaitannya dengan komputer supaya ilmu pengetahuan kalian bertambah.


Jika kalian ingin menjadi seorang ahli komputer, maka kalian bisa mulai dari sekarang dengan mengikuti tips yang ada di atas tadi.


source: https://www.mastekno.com