5 faktor yang membuat hardisk eksternal hdd cepat rusak

HAI-ONLINE.COM - Buat anak SMA apalagi kuliahan, keberadaan hard disk tentunya menjadi sesuatu yang amat penting. Pasalnya, daripada flashdisk, hard disk bisa menampung data yang jauh lebih besar.


Nggak hanya untuk pelajar saja, Hard disk pun sangat dibutuhkan oleh komputer untuk menyimpan aplikasi maupun data pengguna yang disimpan. Baik itu game, film, sampai file tugas pun pasti masuk ke dalam hard disk.

Sebagai perangkat keras, hard disk kerap kali dibilang mudah mengalami kerusakan. Karena itu lah sob, HAI mau kasih tau nih, faktor apa aja yang bikin Hard disk kamu cepat rusak agar kamu bisa menghindarinya. Yuk langsung simak!

Kepanasan 

Panas yang berlebihan atau overheatmerupakan satu dari kelima faktor terkuat yang membuat hard disk kamu cepat rusak.

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau hard diskadalah sebuah perangkat yang mudah panas dan biasanya, semakin lama kita menggunakan hard disk, semakin panas pula temperatur perangakt kerat tersebut.

Solusi yang pas untuk mengatasi masalah ini sih, dengan menambahkan kipas pendingin khusus hard disk atau menggunakannya di ruangan yang cukup dingin.

Sering jatoh atau terbentur

Percaya nggak percvaya benturan juga bisa memicu kerusakan hard disk kamu. Benturan yang HAI maksud bisa berupa gesekan keras dengan benda lain, gunjangan atau terjatuh.

Nah, kalau begini, kamu mesti kurang-kurangin deh bawa hard disk di tas ke mana-mana. Apalagi kalau kamu naik motor. Hard disk jadi sering terguncang 

Sering install dan uninstall


Buat kamu para gamer yang suka menginstal game atau aplikasi 'gelap' dari web , kamu harus berhati-hati nih, sob.

Seringnya melakukan install dan uninstall pada komputer bisa memicu kerusakan hard disk dan jika hal ini terus dilakukan, biasanya hard disk kamu akan mengalami bad sector dan susah banget untuk memperbaikinya.

Terlalu sering dipake

Penggunaan hard disk secara berlebihan ini biasanya dilakukan oleh orang yang meletakan game, film dan musik mereka di hard disk. Jadi mereka membutuhkan hard disk untuk bermain game ataupun menonton film.

Nah, kalau kamu menggunakan hard diskuntuk bermain game atau menonton film dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddis tersebut akan melemah dan rusak

Faktor 'U'

Seperti kata pepatah, nggak ada yang abadi di dunia ini. Dari tumbuhan, manusia sampai hard disk pun kalau semakin tua, pasti kinerjanya pun semakin menurun.

Tapi, kalau kamu merawat hard disk milikmu dengan baik dan telaten, pasti usia hard disk kamu lebih panjang dan awet.

Nah, itulah kira-kira 5 faktor penyebab hard disk kamu rusak. Maka dari itu sob, saran dari Hai sih, kamu harus lebih hati-hati lagi dalam penggunaan serta memberikan perawatan yang baik agar bisa tahan lama.