tips membuat blog berbahasa asing dengan sedikit skill

Mau sukses ngeblog ? buat blog bule mas” begitulah petuah seorang master adsense. Beliau sukses dengan metode ngeblog yang ia kreasikan sendiri.

Patokan sukses ngeblog apa sih sob ? dolar kah ? atau hanya sekedar kepuasan karena berbagi ilmu ? pastinya setiap orang berbeda-beda motif atau tujuan ngeblog. Tapi umumnya sukses bagi seorang blogger itu jika sudah bisa PO (payout out/gajian) rutin setiap bulan dari blog.

Salah satu cara yang digunakan untuk menaikan pendapatan dalam bisnis blogging adalah dengan membuat blog berbahasa inggris. Sebenarnya tidak hanya bahasa inggris, lebih tepatnya bahasa asing, bisa jerman, italia, spanyol atau jepang. Hanya saja jika menggunakan bahasa inggris, sobat bisa menjangkau banyak visitor diseluruh dunia.

Membuat Blog Berbahasa Inggris

Modal utama untuk membuat blog berbahasa inggris adalah tools translate, cek gramer dan cek plagiarism. Ada banyak pilihan di internet untuk ketiga jenis tools ini. Manakah yang paling banyak direkomendasikan ? he..he.. sabar dulu sob… kalau bahas tools emang panjang urusannya, soalnya menyangkut masalah lisensi. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Nah.. milih mana kira-kira ?

Untuk blogger senior sudah paham lah masalah kayak gini. untuk pemula pilihlah yang gratisan dulu. Gratis bukan berarti mental gratisan yo sob… Menurut saya proses itu lebih penting dari pada hasil akhir. Jadi pelajari dulu prosesnya. Kalau sudah mahir, barulah gunakan tools premium untuk memaksimalkan optimasinya.

Tools untuk membuat artikel  blog berbahasa asing (gratis)

Berikut ini ada tools yang bisa sobat gunakan untuk membuat blog berbahasa inggris. Semua tools dapat digunakan secara gratis tanpa mendaftar terlebih dahulu.

bing.com/Translator : Digunakan untuk mentranslate bahasa, dari Indonesia ke Inggris. Ada lebih dari 60 bahasa asing yang bisa sobat gunakan.


smallseotools.com/grammar-checker : digunakan untuk menganalisa (cek) susuan kosa kata atau kalimat dalam bahasa inggris.


smallseotools.com/plagiarism-checker : Digunakan untuk menganalisa (cek) apakah artikel yang sobat tulis ada duplikatnya (kesamaan) dengan blog lain atau tidak.


Tools translator premium (berbayar)

Untuk tools yang berbayar (premium) harganya memang lumayan mahal sob. Rata-rata harus berlangganan baru bisa digunakan. Perlu sobat ketahui, bahwa kualitas artikel yang dihasilkan dari tools gratisan dan berbayar sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja tools premium memiliki beberapa kelebihan layanan (support) dibandingkan dengan tools gratisan.

Jika sobat memiliki dana dan ingin mencoba tools premium, sobat bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini. tools ini juga banyak direkomendasikan oleh blogger senior karena sudah terbukti mampu membantu membuat banyak blog bule.

Translate dan cek grammar : gingersoftware.com


Cek grammar : grammarly.com


Cek plagiarism : copyscape.com

Tahapan membuat artikel bahasa inggris untuk blog bule

Kali ini saya akan mencontohkan cara membuat artikel bahasa inggris dengan menggunakan tools yang gratisan. Meski gratis bukan berarti otomatis artikel langsung jadi ya sob… dasarnya tetap sama. Harus ada artikel utama berbahasa Indonesia dulu.
Translate artikel

Pastikan sobat sudah memiliki artikel berbahasa Indonesia 500-1000 kata


Buka halaman : www.bing.com/Translator dan pilih translate ke English


Copy seluruh artikel bahasa indonesia sobat ke kolom yang telah disedikan bing translator


Tunggu  artikel hingga tertranslate semuanya. Setelah selesai Copy semua artikel dari bing


 
Cek Grammar

Buka halaman : smallseotools.com/grammar-checker


Paste kan artikel yang sudah tertranslate ke kolom grammar-checker


Dibagian bawah “CEKLIS” I’m not a robot (selesaikan captcha)


Setelah captcha terselesaikan klik Check Grammar. Tunggu hingga proses selesai.


Jika sudah selesai lihat bagian Grammar Result:


Klik pada kata atau kalimat yang ditandai untuk mengoreksi kesalahan pada ejaan atau kosa kata bahasa inggris. Koreksi semuanya hingga tidak ada lagi yang ditandai salah oleh grammar-checker. Setelah selesai dikoreksi, Copy semua artikelnya.


 
Cek Plagiarism

Buka halaman : smallseotools.com/plagiarism-checker


Paste kan artikel yang telah dikoreksi grammar nya di kolom yang telah disediakan.


Dibagian bawah “CEKLIS” I’m not a robot (selesaikan captcha)


Setelah captcha terselesaikan klik Check plagiarism. Tunggu hingga proses selesai.


Jika sudah selesai lihat bagian Completed: 100% Checked


Pastikan artikel sobat mendapatkan 70-100 % unique


Artikel yang 100% unique adalah artikel terbaik (tidak ada yang menyamai)


Jika keunikan artikel di bawah 70%, sobat harus membetulkan terlebih dahulu. Caranya, ganti kata atau kalimat yang tertandai Plagiarized, atau hapus saja kalimat yang tertandai tersebut.



Catatan :

Cek Plagiarism di smallseotools maksimal 1.000 kata. Jika artikel sobat 1.600 kata, lakukan pengecekan dua kali. Pertama 1.000 kata baru sisanya 600 kata dicek.

Sebelum diposting biasakan artikel yang berasal dari web atau dokumen microsoft word, dicopy dan dipastekan di notepadterlebih dahulu. Fungsinya untuk menghilangkan kode-kode yang mungkin menempel pada artikel hasil copy an.