32 Tools Penting untuk Pemograman yang Akan Mempercepat Pekerjaan Anda

entunya di masa sekarang ini, dimana sedang maraknya teknologi-tekonologi digital pastinya juga jadi cukup banyak pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi digital. Tidak heran karena pada masa sekarang ini orang-orang pintar dari seluruh penjuru dunia terus berlomba dalam mengembangkan teknologi-teknologi khususnya teknologi digital setiap harinya.

Maka dari itu pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan kedepannya adalah 'programming', lebih tepatnya yang biasa kita sebut programmer. Sebagaimana di Indonesia saja dapat di pastikan seluruh universitas-universitas di Indonesia pasti memilik jurusan atau program studi yang berkaitan dengan IT, seperti informatika, manajemen informatika, teknik komputer, informasi teknologi, multimedia, dan lain-lain.

tools pemograman
Jadi bagi kalian yang mungkin masih SMA atau mungkin bahkan masih di bawahnya, kalian harus mulai memikirakan apa yang ingin kalian fokuskan kedepannya. Berbicara tentang masa depan tentu di masa depan semuanya pasti akan menggunakan teknologi digital, bagi kalian yang ingin fokus ke bidang tersebut, saya sangat mendukungnya. Karena lapangan kerja untuk informatika itu sangat-sangat banyak, di tiap instansi pasti akan diminta orang-orang IT. Atau mungkin anda lebih suka bekerja sendiri, maka dari apa yang telan anda dapatkan selama belajar IT, anda juga bisa menciptakan gagasan-gagasan atau ide-ide unik baru dalam dunia teknologi, yang pasti akan disambut dengan was-was oleh orang-orang. Atau anda juga bisa sekedar membuat aplikasi sederhana yang simple, tapi dipakai setiap hari oleh orang-orang, maka dari aplikasi kecil seperti itu saja anda sudah akan berpenghasilan besar.

Baiklah kali ini saya hanya ingin memberikan sedikit wawasan saya tentang programming. Bagi anda seorang programmer, atau mungkin orang-orang yang ingin terjun ke dunia programming ini. Ada baiknya kalian mengenal dulu semua alat tempurnya. Berikut ini adalah daftar berbagai macam alat atau tools serta layanan-layanan penting yang akan membantu pekerjaan anda ketika anda mulai ngoding, terkhususnya tools dan layanan ini ditujukan bagi pemograman web. Baik Anda membuat aplikasi “Hello World” sederhana atau aplikasi web yang kompleks, alat-alat ini pasti akan membuat pengkodean Anda lebih mudah dan meningkatkan produktivitas. Di bawah ini akan saya berikan software programmer terbaik, dan juga berbagai situs yang akan membantu anda programmer komputer :

Tools Pemograman Web

1. devdocs.io - Dokumentasi API untuk semua bahasa dan kerangka kerja pemrograman populer. Termasuk pencarian instan dan bekerja offline juga.

2. glitch.com - buat aplikasi web Anda sendiri di browser, impor repo GitHub, gunakan paket NPM apa pun atau bangun di atas kerangka kerja populer dan langsung gunakan ke Firebase.

3. bundlephobia.com - cepat menemukan biaya impor (ukuran unduhan) dari paket apa pun di registri NPM. Atau unggah file package.json Anda untuk memindai semua dependensi di proyek Anda.

4. babeljs.io/repl - Tulis kode Anda dalam JavaScript modern dan biarkan Babel mengubah kode Anda menjadi JavaScript yang kompatibel dengan browser yang bahkan lebih lama.

5. codeply.com - cepat membangun tata letak responsif frontend dengan kerangka kerja seperti Bootstrap, Materialize CSS dan SemanticUI.

6. httpie.org - alat baris perintah yang berguna untuk membuat permintaan HTTP ke server web dan API tenang. Hampir sekuat CURL dan Wget tetapi lebih sederhana.

7. regexr.com - Alat yang bagus untuk menguji ekspresi reguler Anda di browser.

8. jex.im/regulex - Tulis ekspresi reguler apa saja ke dalam editor dan dapatkan representasi visual tentang bagaimana karya-karya tersebut.

9. buildregex.com - Bangun ekspresi reguler secara visual.

10. jelasshell.com - Ketik perintah Unix apa pun dan dapatkan penjelasan visual dari setiap bendera dan argumen dalam perintah.

11. tldr.ostera.io - Halaman manual Unix panjang dan kompleks. Situs ini menawarkan contoh-contoh praktis untuk semua perintah Unix yang populer tanpa Anda harus masuk ke halaman manual.

12. mockaroo.com - cepat menghasilkan data uji dummy di browser dalam CSV, JSON, SQL dan format ekspor lainnya.

13. jsdelivr.com - Sajikan setiap file GitHub atau plugin WordPress melalui CDN. Gabungkan beberapa file dalam satu URL, tambahkan ".min" ke file JS / CSS apa pun untuk mendapatkan versi yang diperkecil secara otomatis. Lihat juga unpkg.com.

14. carbon.now.sh - buat tangkapan layar yang indah dari kode sumber Anda. Menawarkan penyorotan sintaks untuk semua bahasa populer.

15. wakatime.com - tahu persis berapa lama Anda menghabiskan waktu coding dengan metrik rinci per file dan bahkan bahasa. Terintegrasi dengan VS Code, Sublime text, dan semua editor kode populer.

16. astexplorer.net - rekatkan kode JavaScript Anda ke dalam editor dan hasilkan Pohon Sintaks Abstrak yang akan membantu Anda memahami cara kerja pengurai JavaScript.

17. hyper.is - Alternatif yang lebih baik untuk terminal baris perintah dan juga iTerm. Gunakan dengan shell Oh My Zsh dan tambahkan kekuatan super ke terminal Anda.

18. curlbuilder.com - buat permintaan CURL Anda sendiri di browser.

19. htaccess.madewithlove.be - dengan mudah menguji aturan redirect dan tulis ulang dalam file .htaccess server Apache Anda. Lihat cuplikan .htaccess yang bermanfaat.

Lihat juga: Tempat Terbaik untuk Mengunduh Template HTML

20. trackjs.com - memantau kesalahan dalam proyek web berbasis JavaScript Anda dan mendapatkan pemberitahuan email instan ketika kesalahan baru terdeteksi.

21. ngrok.com - Mulai server web lokal, nyalakan ngrok, arahkan ke port tempat localhost sedang berjalan dan dapatkan URL publik dari terowongan Anda.

22. codeshare.io - Editor kode online untuk pemrograman berpasangan, wawancara langsung dengan konferensi video atau untuk mengajarkan kode kepada siswa dari jarak jauh.

23. webhooks.site - Mudah memeriksa payload dan debug HTTP webhooks di browser. Semua permintaan HTTP dicatat dalam waktu nyata. Alternatif lain yang bagus adalah RequestBin.

24. surge.sh - cara termudah untuk menyebarkan halaman web dan konten statis lainnya dari baris perintah. Mendukung domain khusus dan SSL. Lihat juga Zeit Sekarang.

25. visbug - Pengaya yang harus dimiliki untuk pengembang web yang membawa alat desain web yang berguna tepat di browser Anda. Tersedia untuk Google Chrome dan Firefox.

26. puppeteersandbox.com - Puppeteer adalah kerangka kerja Node.js untuk mengotomatisasi Google Chrome. Gunakan kotak pasir untuk dengan cepat menguji skrip Anda di browser. Lihat juga try-puppeteer.com.

27. prettier.io/playground - Mempercantik kode JavaScript dan TypeScript Anda menggunakan Prettier, pemformat kode favorit programmer.

28. json.parser.online.fr - Satu-satunya parser JSON yang Anda perlukan untuk menganalisis dan mempercantik string JSON kompleks Anda.

29. scrimba.com - Buat screencasts pemrograman Anda sendiri di browser atau saksikan code.code pengembang lainnya.

30. katacoda.com - Platform pelatihan untuk pengembang perangkat lunak tempat siapa pun dapat membuat lingkungan pelatihan khusus dan interaktif mereka sendiri.

31. codesandbox.io - IDE online berfitur lengkap tempat Anda dapat membuat aplikasi web dalam semua bahasa populer termasuk JavaScript vanilla, React, TypeScript, Vue, dan Angular. Juga lihat StackBlitz.com dan Repl.it.

32. apify.com - Tulis pencakar web Anda sendiri menggunakan JavaScript dan jadwalkan pencakar Anda untuk berjalan pada interval tertentu secara otomatis.

33. vim-adventures.com - Editor teks Vim sangat populer di kalangan programmer. Situs ini akan membantu Anda menguasai berbagai perintah utama melalui permainan.

34. insomnia.rest - Klien REST berbasis desktop yang memungkinkan Anda membuat permintaan HTTP dan melihat detail respons semuanya dalam antarmuka yang mudah digunakan. Pengguna mahir dapat mempertimbangkan tukang pos.

Sekian artikel tentang 32 Tools Penting untuk Pemograman yang Akan Mempercepat Pekerjaan Anda. Semoga Bermanfaat