7 langkah memulai bisnis sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Memulai bisnis itu memang membutuhkan pertimbangan yang banyak. Bagi setiap orang, pertimbangan tersebut juga berbeda-beda.


Nah, bila kamu berniat untuk memulai bisnismu sendiri, menurut para ahli, kamu bisa memulai bisnismu dengan menerapkan beberapa kiat berikut ini.

Apa saja kiat yang bisa kamu terapkan? Ini dia ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Mulai Saja Dulu

Menurut Kari DePhilips, seorang CEO The Content Factory, kamu harus memulai bisnis itu dulu. Tak usah berpikir yang macam-macam. Mulai secepatnya dan jangan menunggu nanti-nanti. Ketika kamu sudah memulai bisnismu, maka peluang untuk menemukan keberhasilan akan selalu ada.

Lain ceritanya bila kamu ingin berbisnis tapi tak ada langkah apa pun yang kamu lakukan sehingga mandek di tempat. Namanya bisnis, tentu kamu akan menemukan risiko. Namun, tak perlu takut dengan hal ini. Bisnismu tak akan berhasil kalau kamu tak memulai.

2. Jangan Membandingkan Bisnismu dengan Bisnis Orang Lain


Bagaimana menjalankan bisnis bersama dengan keluarga? Berikut tipsnya.


Ide bisnis yang akan kamu jalani sama dengan bisnis orang lain? Kenapa harus mempermasalahkannya? Takut dan iri karena bisnis yang sama denganmu berjalan lebih dulu dan terlihat mulus? Tak usah begitu. Menurut Maggie Gemano, instruktur keuangan bersertifikat dan pelatih keuangan, hal yang kamu rasakan adalah normal.


Namun, meski normal jangan biarkan hal tersebut menghambat karier bisnismu. Jika bertemu pengusaha yang sudah sukses dan memiliki bentuk usaha yang sama denganmu, jangan membandingkannya. Akan lebih baik kalau kamu belajar dari pengusaha tersebut sehingga bisa mengikuti jejaknya.

3. Perbanyak Membaca dan Mencari Info tentang Bisnis

Agar bisnis yang kamu jalankan berhasil, cobalah untuk cari info tentang bisnis. Baca kisah sukses banyak pengusaha untuk mendapatkan motivasi tambahan. Mau dari buku atau penunjang lainnya, hal itu tak jadi masalah.

4. Membangun Jaringan


Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)


Selain itu, kamu juga harus membangun jaringan. Dengan membangun jaringan, kamu bisa mengembangkan bisnis. Kamu juga harus membuka diri dengan pengusaha lainnya dan bisa jadi orang tersebut menjadi rekan bisnis barumu dalam mengembangkan bisnis yang sudah ada.


5. Miliki Mentor

Selain jaringan yang bagus, agar usaha yang kamu bangun bisa sukses dan berhasil, baiknya kamu memiliki mentor yang baik.

Carilah mentor yang sudah berpengalaman dan bisa memberikan motivasi padamu. Dengan ini, kamu bisa mendapat pengalaman serta saran yang baik sehingga bisnis yang kamu jalankan juga bisa berkembang dengan baik.

6. Buat Rekening Khusus untuk Bisnis


Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)


Selain itu, jangan lupa buatlah rekening khusus untuk bisnis. Menapa hal ini harus kamu lakukan? Bagi seorang pengusaha, memisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis harus dilakukan sehingga kamu bisa mengendalikan pengeluaran keuangan. Selain itu, kamu juga tak akan semena-mena memakai uang di rekening bisnis untuk keperluan pribadi.


7. Fokuslah pada Satu Bisnis Dulu

Awal kamu memulai bisnis, sebaiknya jangan membuat bisnis yang banyak dulu. Fokuslah pada satu hal saja. Jangan buru-buru ingin menggandakan keuntungan dengan membuat bisnis kedua, ketiga, dan seterusnya.

Pastikanlah bahwa bisnis yang kamu jalankan benar-benar stabil dari berbagai sisi seperti modal SDM dan lainnya agar kamu tak keteteran.

Nah, itulah beberapa cara untuk memulai bisnis sendiri dari para ahli yang bisa kamu terapkan. Sebenarnya, tak susah asal kamu konsisten dan mau mencoba.