SOAL PILIHAN GANDA
1. Pengertian
karawitan secara teoritis terbangun dari
4 unsur, salah satu diantaranya adalah Medium. Medium dalam karawitan
berupa......
A. Nada
B. Ritme
C. Laras
D. Laya
E. Suara
2. Konsep ”ding-dong” adalah konsep gatra yang dikemukakan oleh Ki Sindhu Sawarno. Konsep gatra
“ding-dong” menempatkan masing-masing bagian memiliki peran/kedudukan yang
berbeda. Berdasarkan konsep gatra Ki Sindhu Sawarno urutan penamaan yang benar adalah .....
A.
Ding kecil – dong kecil – ding besar – dong besar
B.
Ding kecil – dong besar – ding besar – dong kecil
C.
Ding besar – dong kecil – ding kecil – dong besar
D.
Ding besar – dong besar – ding kecil – dong kecil
E. Ding kecil – ding besar – dong
besar – dong kecil
3.
Perhatikan susunan balungan berikut ini !
2321 3532
5653 2321
Susunan
balungan diatas termasuk dalam jenis susunan balungan ....
A. mlaku
B. nibani
C. gantung
D. maju
kembar
E. pancer
4. Nada
“ro” tinggi atau nada “ro” dengan simbol “titik diatas” dalam lambang penulisan Titilaras
Kepatihan sering disebut dengan istilah ....
A. Manis
B. Gulu
C. Dhadha
D. Barang
E. penunggul
5. Klasifikasi/pengelompokan instrument gamelan ditinjau dari bentuk fisik
terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu bentuk ....
A. bundaran
dan bentuk bilah
B. bundaran
dan bentuk lakaran
C. pencon
dan bentuk bundaran
D. bilah
dan bentuk lakaran
E. pencon
dan bentuk bilah
6. Perangkat
gamelan Sekaten secara historis erat
kaitanya dengan penyebaran atau syiar agama Islam. Dalam tradisi Kraton
Surakarta perangkat gamelan ini dibunyikan untuk memperingati Kelahiran nabi
Muhammad, dalam penanggalan Jawa acara tersebut diperingati tiap bulan ….
A. syawal
B. mulud
C. muharam
D. sya’ban
E. besar
7. Pathet memiliki beberapa pengertian tergantung dari perspektif
konteks keperluannya. Dalam pakeliran konsep pathet dapat diartikan sebagai
....
A. kunci
bersuara
B. pembagian
waktu
C. identik
dengan garap
D. rasa
seleh
E. wilayah
nada
8. Seni
karawitan secara fungsi dapat berdiri sendiri sebagai suatu sajian seni
pertunjukaan maupun dapat berfungsi sebagai bagian dari pertunjukan seni lain
seperti seni tari atau seni pedalangan. Berkaitan dengan fungsi karawitan
sebagai bagian dari pertunjukan seni lain tersebut kedudukan seni karawitan
adalah sebagai karawitan ....
A. Konser
B. Mandiri
C. Iringan
D. Pendukung
E. pelengkap
9. Irama
dalam karawitan sering diartikan dengan istilah pelebaran dan penyempitan gatra
dengan menggunakan indikator tabuhan saron penerus dalam sajian gendhing. Jika satu sabetan
balungan mendapat 2 pukulan tabuhan saron penerus, maka irama yang dimaksud
adalah irama ....
A. irama
lancer
B. tanggung
C. dadi
D. wiled
E. rangkep
10.
Instrumen
Kendhang dalam karawitan termasuk dalam kelompok instrumen pokok. Dalam sajian
karawitan instrumen kendhang berfungsi sebagai pemimpim dalam penguasaan irama.
Dalam karawitan fungsi instrumen kendhang adalah sebagai ....
A. pamurba
lagu
B. pamangku
lagu
C. pamurba
irama
D. pamangku
irama
E. pengolah irama
11.
Teknik tabuhan
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan cara dalam memainkan atau membunyikan
instrumen gamelan. Teknik ngikik, sendhal pancing, kadal menek, ngecrek adalah
beberapa teknik yang terdapat dalam memainkan instrumen ....
A. Kendhang
B. Rebab
C. Gender
D. bonang
barung
E. balungan
12.
Instrumen rebab
memiliki 2 buah senar sebagai sumber bunyi
yang dalam penerapannya dalam garap gendhing memiliki nada steming yang
berbeda. Jika gendhing yang disajikan adalah gendhing-gendhing pelog pathet
lima, maka nada steming untuk kedua senar rebab adalah ....
A. nada
6 dan nada 2
B. nada
5 dan nada 3
C. nada
3 dan nada 6
D. nada
5 dan nada 1
E. nada
2 dan nada 1
13.
Instrumen demung
dan saron dalam kadar garap tertentu sering kali memiliki pola garap teknik
tertentu. Jika gendhing disajikan dalam garap soran dan balungannya memiliki susunan sebagai berikut:
sabetan pertama dan sabetan ketiga memiliki nada yang sama, sabetan kedua
adalah pin, maka teknik tabuhan yang
biasa yang dilakukan adalah teknik ....
A. genjotan
B. gemakan
C. genukan
D. gembyangan
E. sarugan
14.
Instrumen rebab
memiliki teknik tabuhan yang beragam berkaitan dengan tafsir garap susunan
balungan. Jika balungan gendhing memiliki nada-nada rendah terutama nada “ro”
bertitik bawah, maka teknik yang sering diterapkan adalah teknik ....
A. ngikik
B. sendhal
pancing
C. ngecrek
D. mbalung
E. nduduk
15.
Instrumen
Gender adalah salah satu instrumen pokok
dalam karawitan yang berfungsi sebagai pengolah lagu baik dalam sajian gendhing
maupun sajian diluar gendhing. Dalam penerapan sajiannya, instrumen gender
seringkali menggunakan teknik-teknik tertentu untuk mendukung pencapaian rasa
lagu yang akan disajikan. Dalam penyajian
Pathetan, teknik genderan yang sering dilakukan adalah ....
A. sarugan
dan samparan
B. gembyungan
dan pipilan
C. genukan
dan samparan
D. pipilan
dan sarugan
E. gugukan
dan pipilan
16.
Instrumen
kendhang dalam sajian karawitan juga
berfungsi untuk menentukan pencapaian karakter rasa dari sajian
gendhing. Jika gendhing yang akan disajikan adalah gendhing yang memiliki kesan gumyak, rame riang dan
lincah, maka bentuk garap kendhangan yang disajikan adalah kendang ....
A. kosek
alus
B. kosek
wayang
C. ciblon
D. kalih
wiled
E. pematut
17.
Cengkok sindenan
srambahan yang berupa wangsalan 12 suku kata pada gending bentuk merong kethuk
2 kerep secara umum diterapkan pada....
A. gatra
ke -2 pada kenong 2
B. gatra
ke-4 menjelang kenong 2
C. gatra
ke-2 pada kenong 3
D. gatra
ke-2 menjelang kenong 3
E. gatra
ke-4 menjelang gong
18.
Garap minir
merupakan salah satu tafsir garap instrumen rebab dalam karawitan yang
bersifat cengkok adat/mati dimana jika
menjumpai susunan balungan tersebut dalam gendhing lain dalam pathet yang sama Dibawah
ini merupakan susunan balungan dalam pathet sanga yang memungkinkan untuk garap
minir adalah ....
A. 22.3 5321
B. 5616 5321
C. 1656 5312
D. ..12 3565
E. ..32 .126
19.
Jika kita
menjumpai susunan balungan 6132 6321 pada suatu gendhing yang disajikan dalam
pathet manyura, maka kemungkinan pola garap/cengkok yang disajikan adalah...
A.
debyang debyung
B.
puthut gelut
C.
ora butuh
D.
puthut semedi
E.
ayu kuning
20.
Tembang tengahan
atau tembang gedhe yang sering digunakan sebagai awal sebuah sajian gendhing
dalam karawitan disebut...
A. sindhenan
B. bawa
C. gerongan
D. wangsalan
E. jineman
1.
E
2.
A
3.
D
4.
A
5.
E
6.
B
7.
B
8.
C
9.
B
10. C
B