contoh soal pilihan ganda usbn seni budaya karawitan + pembahasan


SOAL PILIHAN GANDA
1.     Pengertian karawitan secara teoritis  terbangun dari 4 unsur, salah satu diantaranya adalah Medium. Medium dalam karawitan berupa......
A.   Nada
B.   Ritme
C.   Laras
D.   Laya
E.    Suara

2.     Konsep ”ding-dong adalah konsep gatra yang dikemukakan oleh Ki Sindhu Sawarno. Konsep gatra “ding-dong” menempatkan masing-masing bagian memiliki peran/kedudukan yang berbeda. Berdasarkan konsep gatra Ki Sindhu Sawarno urutan penamaan  yang benar adalah .....
A.   Ding kecil – dong kecil – ding besar – dong besar
B.   Ding kecil – dong besar – ding besar – dong kecil
C.   Ding besar – dong kecil – ding kecil – dong besar
D.   Ding besar – dong besar – ding kecil – dong kecil
E.    Ding kecil – ding besar – dong besar – dong kecil

3.     Perhatikan susunan balungan berikut ini !
2321   3532  5653  2321
      Susunan balungan diatas termasuk dalam jenis susunan balungan ....
A.   mlaku
B.   nibani
C.   gantung
D.   maju kembar
E.    pancer

4.     Nada “ro tinggi atau nada “ro” dengan simbol “titik diatas” dalam lambang penulisan Titilaras Kepatihan sering disebut dengan istilah  ....
A.   Manis
B.   Gulu
C.   Dhadha
D.   Barang
E.    penunggul

5.     Klasifikasi/pengelompokan instrument  gamelan ditinjau dari bentuk fisik terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu bentuk ....
A.   bundaran dan bentuk bilah
B.   bundaran dan bentuk lakaran
C.   pencon dan bentuk bundaran
D.   bilah dan bentuk lakaran
E.    pencon dan bentuk bilah

6.     Perangkat gamelan Sekaten  secara historis erat kaitanya dengan penyebaran atau syiar agama Islam. Dalam tradisi Kraton Surakarta perangkat gamelan ini dibunyikan untuk memperingati Kelahiran nabi Muhammad, dalam penanggalan Jawa acara tersebut diperingati tiap bulan ….
A.   syawal
B.   mulud
C.   muharam
D.   sya’ban
E.    besar

7.     Pathet memiliki beberapa pengertian tergantung dari perspektif konteks keperluannya. Dalam pakeliran konsep pathet dapat diartikan sebagai ....
A.   kunci bersuara
B.   pembagian waktu
C.   identik dengan garap
D.   rasa seleh
E.    wilayah nada

8.     Seni karawitan secara fungsi dapat berdiri sendiri sebagai suatu sajian seni pertunjukaan maupun dapat berfungsi sebagai bagian dari pertunjukan seni lain seperti seni tari atau seni pedalangan. Berkaitan dengan fungsi karawitan sebagai bagian dari pertunjukan seni lain tersebut kedudukan seni karawitan adalah sebagai karawitan ....
A.   Konser
B.   Mandiri
C.   Iringan
D.   Pendukung
E.    pelengkap

9.     Irama dalam karawitan sering diartikan dengan istilah pelebaran dan penyempitan gatra dengan menggunakan indikator tabuhan saron penerus  dalam sajian gendhing. Jika satu sabetan balungan mendapat 2 pukulan tabuhan saron penerus, maka irama yang dimaksud adalah irama ....
A.   irama lancer
B.   tanggung
C.   dadi
D.   wiled
E.    rangkep

10.          Instrumen Kendhang dalam karawitan termasuk dalam kelompok instrumen pokok. Dalam sajian karawitan instrumen kendhang berfungsi sebagai pemimpim dalam penguasaan irama. Dalam karawitan fungsi instrumen kendhang adalah sebagai ....
A.   pamurba lagu
B.   pamangku lagu
C.   pamurba irama
D.   pamangku irama
E.    pengolah  irama

11.          Teknik tabuhan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan cara dalam memainkan atau membunyikan instrumen gamelan. Teknik ngikik, sendhal pancing, kadal menek, ngecrek adalah beberapa teknik yang terdapat dalam memainkan instrumen ....
A.   Kendhang
B.   Rebab
C.   Gender
D.   bonang barung
E.    balungan

12.          Instrumen rebab memiliki 2 buah senar sebagai sumber bunyi  yang dalam penerapannya dalam garap gendhing memiliki nada steming yang berbeda. Jika gendhing yang disajikan adalah gendhing-gendhing pelog pathet lima, maka nada steming untuk kedua senar rebab adalah ....
A.   nada 6  dan nada 2
B.   nada 5 dan nada 3
C.   nada 3 dan nada 6
D.   nada 5 dan nada 1
E.    nada 2 dan nada 1

13.          Instrumen demung dan saron dalam kadar garap tertentu sering kali memiliki pola garap teknik tertentu. Jika gendhing disajikan dalam garap soran dan  balungannya memiliki susunan sebagai berikut: sabetan pertama dan sabetan ketiga memiliki nada yang sama, sabetan kedua adalah pin,  maka teknik tabuhan yang biasa yang dilakukan adalah teknik ....
A.   genjotan
B.   gemakan
C.   genukan
D.   gembyangan
E.    sarugan

14.          Instrumen rebab memiliki teknik tabuhan yang beragam berkaitan dengan tafsir garap susunan balungan. Jika balungan gendhing memiliki nada-nada rendah terutama nada “ro” bertitik bawah, maka teknik yang sering diterapkan adalah teknik ....
A.   ngikik
B.   sendhal pancing
C.   ngecrek
D.   mbalung
E.    nduduk

15.          Instrumen Gender  adalah salah satu instrumen pokok dalam karawitan yang berfungsi sebagai pengolah lagu baik dalam sajian gendhing maupun sajian diluar gendhing. Dalam penerapan sajiannya, instrumen gender seringkali menggunakan teknik-teknik tertentu untuk mendukung pencapaian rasa lagu yang akan disajikan. Dalam penyajian  Pathetan, teknik genderan yang sering dilakukan adalah ....
A.   sarugan dan samparan
B.   gembyungan dan pipilan
C.   genukan dan samparan
D.   pipilan dan sarugan
E.    gugukan dan pipilan

16.          Instrumen kendhang dalam sajian karawitan juga  berfungsi untuk menentukan pencapaian karakter rasa dari sajian gendhing. Jika gendhing yang akan disajikan adalah gendhing  yang memiliki kesan gumyak, rame riang dan lincah, maka bentuk garap kendhangan yang disajikan adalah kendang ....
A.   kosek alus
B.   kosek wayang
C.   ciblon
D.   kalih wiled
E.    pematut

17.          Cengkok sindenan srambahan yang berupa wangsalan 12 suku kata pada gending bentuk merong kethuk 2 kerep secara umum diterapkan pada....
A.   gatra ke -2 pada  kenong 2
B.   gatra ke-4 menjelang kenong 2
C.   gatra ke-2 pada kenong 3
D.   gatra ke-2 menjelang kenong 3
E.    gatra ke-4 menjelang gong

18.          Garap minir merupakan salah satu tafsir garap instrumen rebab dalam karawitan yang bersifat  cengkok adat/mati dimana jika menjumpai susunan balungan tersebut dalam gendhing lain dalam pathet yang sama Dibawah ini merupakan susunan balungan dalam pathet sanga yang memungkinkan untuk garap minir adalah ....
A.   22.3  5321
B.   5616  5321
C.   1656  5312
D.   ..12   3565
E.    ..32   .126

19.          Jika kita menjumpai susunan balungan  6132  6321 pada suatu gendhing yang disajikan dalam pathet manyura, maka kemungkinan pola garap/cengkok yang disajikan adalah...
A.   debyang debyung
B.   puthut gelut
C.   ora butuh
D.   puthut semedi
E.    ayu kuning

20.          Tembang tengahan atau tembang gedhe yang sering digunakan sebagai awal sebuah sajian gendhing dalam karawitan disebut...
A.   sindhenan
B.   bawa
C.   gerongan
D.   wangsalan
E.    jineman




1.         E
2.         A
3.         D
4.         A
5.         E
6.         B
7.         B
8.         C
9.         B
10.    C
B