tips trik menggunakan search engine google secara efektif

Berikut 10 tips menelusuri Google dengan beberapa klik.


1. Antara ini atau itu

Terkadang dalan]m pencarian infromasi kita tidak dapat mengingat dengan benar nama untuk memulai pencarian. Namun hal tersebut tak jadi masalah, cukup masukkan beberapa variasi potensial dari apa yang Anda cari, dan pisahkan dengan mengetikkan simbol “|”.

 Atau  dapat menggunakan ”atau.” Maka cukup mudah untuk memilih hasil yang paling masuk akal.

Google ()

2. Pencarian menggunakan sinonim


Bahasa kita kaya sinonim. Terkadang ini bisa sangat nyaman ketika melakukan riset online. Jika Anda perlu menemukan situs web pada subjek tertentu daripada yang menyertakan frasa tertentu, tambahkan simbol "~" ke penelusuran.

Misalnya, jika Anda menelusuri istilah "makanan sehat", Anda akan mendapatkan hasil tentang prinsip makan sehat, resep memasak, serta pilihan makan yang sehat.

Google ()

3. Mencari di dalam situs web

Kadang-kadang Anda membaca artikel yang menarik di situs web dan ingin membagikannya dengan teman-teman atau hanya ingin membacanya kembali.

Cara termudah untuk menemukan potongan informasi yang diinginkan lagi adalah mencari di dalam situs web. Untuk melakukan ini, ketikkan alamat situs, lalu kata kunci atau seluruh frasa dari artikel, dan harus segera muncul.

Google ()

4. Kekuatan tanda bintang

Ketika kita berusaha mencari kata kunci frasa, atau angka untuk menemukan apa yang kita cari, Anda dapat beralih ke simbol "*" yang kuat. Cukup gunakan ini di tempat kata / frasa yang tidak dapat Anda ingat, dan Anda seharusnya dapat menemukan hasil yang Anda cari.

Google ()

5. Ketika banyak kata yang hilang

Jika itu adalah bagian yang lebih panjang dari frasa yang tidak dapat Anda ingat daripada satu kata kunci tunggal, coba tuliskan kata-kata pertama dan terakhir dan letakkan "AROUND + (perkiraan jumlah kata yang hilang)" di antara mereka. Misalnya, "Saya mengembara AROUND (4) cloud."

google ()

6. Menggunakan jangka waktu


Kadang-kadang kita harus segera mengingat  peristiwa-peristiwa yang terjadi selama periode waktu tertentu. Untuk melakukannya, Anda dapat menambahkan jangka waktu ke permintaan pencarian dengan bantuan tiga titik antara tanggal. Misalnya, jika kita ingin mengetahui tentang penemuan ilmiah selama abad ke-20, kita dapat menulis:

Google ()

7. Mencari judul atau URL

Untuk membantu menemukan kata kunci dan nama artikel, ketik "intitle:" sebelum istilah pencarian, tanpa spasi di antaranya. Untuk menemukan kata-kata dari URL, gunakan "inurl:".

Google ()

8. Menemukan situs web serupa

Jika Anda menemukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai secara online dan ingin mencari situs web yang serupa, ketik "terkait:" dan kemudian alamat situs, lagi tanpa spasi di antaranya.

Google ()

9. Seluruh frasa

Membingkai istilah pencarian dalam tanda kutip adalah cara paling sederhana dan paling efektif untuk menemukan sesuatu yang spesifik dan dalam urutan yang tepat untuk Anda ketikkan.

Misalnya, jika Anda mengetikkan kata-kata saya mengambil getaran yang bagus tanpa tanda kutip, mesin pencari akan menunjukkan hasil di mana kata-kata ini muncul dalam urutan apa pun di situs web, sebagai lawan dari urutan tertentu di mana Anda mengetikkannya.

Jika, di sisi lain, Anda mengetik "Saya mengambil getaran yang baik" dalam tanda kutip, Anda hanya akan mendapatkan hasil di mana kata-kata ini hanya muncul dalam urutan yang Anda ketikkan. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan lirik lagu ketika Anda hanya tahu satu baris darinya.

Google ()

10. Kata pencarian tidak penting

Untuk menghapus kata pencarian yang tidak penting dari permintaan Anda, cukup tulis simbol minus sebelum masing-masing. Misalnya, jika Anda ingin menemukan situs tentang buku-buku yang menarik, tetapi Anda tidak ingin membelinya, Anda dapat menulis yang berikut:

Google ()