arsip soal untuk latihan soal usbn jurusan perhotelan


17.  Suatu proses penyampaian simbol-simbol, tanda yang mengandung arti….
A. Lambang komunikasi        
B. Proses komunikasi             
C. Asas-asas komunikasi
D. Media komunikasi
E. Prinsip komunikasi
18.  Komunikasi antara Manager Keuangan dengan Manager Sumber Daya Manusia termasuk komunikasi ….
A. Horizontal                                     
B. Informal
C. Eksternal
D. Vertikal
E. Diagonal
19.  Yang bukan termasuk kedalam objek wisata adalah......
a.       Pantai  
    1. Lokasi 
    2. Tempat
    3. Rumah makan   
    4. Rumah presiden
  1. Orang yang melakukan kegiatan  pariwisata adalah pengertian dari ....
    1. Wisatawan
    2. Objek dan daya tarik wisata
    3. Wisata
    4. Pariwisataan
    5. Kepariwisataan
  2. Segala sesuatu yang menjadi sasaran wisata adalah pengertian....
    1. Objek dan daya tarik wisata
    2. Wisata
    3. Wisatawan
    4. Pariwisataan
    5. Kepariwisataan
  3. Industri pariwisata telah berkembang pesat dari masa ke masa.Hal ini sangat di mungkinkan karena adanya sebagai berikut....
A. Semakin mudah cara melakukan perjalanan.
B. Semakin bertambahnya uang atau dana
C. Banyaknya orang kaya yang ingin  berlibur
D. Cuti bersama atau libur lainnya
E. Semakin meningkatnya penduduk dunia
32.  Menjual dengan metoda kuantitatif sekali terjadi pada situasi jumlah penyediaan (supply) melebihi jauh di atas jumlah kebutuhan (demand). Periode seperti ini disebut dengan valley season. Penjualan mengandalkan volume pembelian sehingga harga jual bisa diatur lebih fleksibel, misalnya pada city hotel pada saat periode menjelang dan sesudah lebaran, grup untuk acara pertemuan.
A.     Selling by quantity
B.     Selling by quality
C.     Selling by quality n quantity
D.    Inconsistency
E.     Perisabelity
33.   Pertunjukan tari, musik , upacara dan adat lain lain sesuai adat setempat di sebut juga...
A. Atraksi wisata
B. Kunjungan wisata
C.  Wisatawan
            D. Wisata
E. Kepariwisataan.
34. Jasa boga adalah industri yang bergerak di bidang peneyediaan makanan dan minuman, yang di kelola dengan tujuan komersial yang di maksud dengan komersil adalah......
A. Mendapatkan keuntungan
B. Mencari pelanggan
C. Memberikan pelayan dengan baik
D. Mencari kepuasan pelanggan
E. Mendapatkan penghargaan.
35.   Salah satu dampak positif pariwisata adalah....
A. Adanya nilai tambah pemanfaatan lingkungan
B. Remaja mengikuti pola pariwisata
C. Harga barang naik       
D. Harga tanah naik
E. Penduduk setempat tidak perlu bekerja
36.     Modal  utama dalam pembangunan sektor pariwisata adalah.....
A. Keberanian
B. Keragaman seni
C. Hasil kerajinan rakyat
D. Keragaman suku, adat istiadat dan masyarakat
E. Keragaman masyarakat daerah tertentu
37.     Adapun yang bukan merupakan keberhasilan pembangunan di bidang pariwisata ini dapat di lihat dari indikator ...
A. Semakin mudahnya budaya masuk
B. Semakin di kenalnya objek dan daya tarik oleh wisatawan
C.Semakin meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan
D.Semakin sadar meningkatnya pariwisata
E.  Semakin meningkatnya seni dan budaya bangsa
38.     Istilah lain dari produk nyata dalam dunia perhotelan adalah…
                   A.Tangible                                              
                   B. Abstrak
             C. Fisik                                        
D. Perishable
                   E. Intangible
                                     
39.     Contoh dari produk bersifat perishable, yaitu…                             
             A. Sayuran                                              
B. Bir
             C. Restoran                                             
D. Kolam renang
       E. Soft drink       
40.       Yang bukan merupakan  tipe hotel berdasarkan plan adalah…
A. Full Indonesian Plan             
B. Continental Plan
               C. Full American Plan                          
               D. European Plan
               E. Modified American Plan

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas.
1.      Sebutkan 5 aspek ruang lingkup kegiatan sanitasi di hotel !
2.      Sebutkan 4 karakteristik bisnis perhotelan!
3.      Jelaskan perbedaan city hotel dengan resort hotel ?
4.      Yang dimaksud dengan public relations adalah…..
5.      Jelaskan estetika berbicara!...