Diskusi Tentang Ginjal

a. Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal?
Jawab:
Penyebab seseorang harus menjalani cuci darah (hemodilisis) adalah karena seseorang tersebut mengalami gagal ginjal. Salah satu penyebab meningkatnya angka kejadian penyakit gagal ginjal adalah pola hidup dan pola makan masyarakat yang berubah seperti banyak mengkonsumsi makanan berkadar lemak tinggi dan berkolesterol. Penyebabnya lain bisa bermacam-macam, di antaranya diabetes melitus, komplikasi dari diabetes mellitus, hipertensi, dan juga karena infeksi, konsumsi obat-obatan dan mengkonsumsi minuman keras yang dioplos dengan minuman suplemen. Hal ini lah yang menyebabkan ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menyaring darah.

b. Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah?
Jawab:
Bagian yang berperan sebagai ginjal buatan adalah hemodializer. Di dalamnya terdapat tabung-tabung dengan dinding semi permiabel untuk melewatkan darah. Di luar tabung-tabung tersebut terdapat cairan dialisat yang merupakan cairan kimia yang menyerupai darah bersih tetapi tanpa sel-sel darah sehingga berbeda konsentrasinya dengan darah.

c. Bagaimana proses hemodialisis?
Jawab:
Darah yang mengandung racun di keluarkan dari dalam tubuh penderita gagal ginjal kemudia dialirkan masuk ke dalam alat hemodialisis (hemodializer). Selanjutnya, karena adanya perbedaan konstrasi antara darah dengan cairan dialisat menyebabkan zat-zat yang bersifat toksik di dalam darah akan melewati membrane tabung yang bersifat semi permiabel dan berpindah ke dalam cairan dialisat. Cairan dialisat ini akan dikeluarkan dari mesin dialyzer dan diganti dengan cairan dialisat yang baru. Sedangkan darah yang sudah tidak mengandung zat toksik dialirkan kembali masuk ke dalam tubuh manusia.

d. Bagaimana supaya kita tidak sampai mengalami sakit ginjal?
Jawab:
Mengkonsumsi air yang cukup yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan tubuh. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia karena dapat memberatkan kerja ginjal. Tidak menunda waktu terlalu lama untuk buang air kecil seandainya sudah merasa ingin buang air kecil.

Sumber : buku k13 IPA kelas VIII



0 Response to "Diskusi Tentang Ginjal"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.