Pencegahan Bahaya Penggunaan Listrik dalam Kehidupan


Pernahkah kamu tersengat listrik (terkena setrum listrik)? Pada saat tersengat listrik, mungkin hanya sensasi kejut yang kamu rasakan. Namun persitiwa terparah pada tahun 1997, sebanyak 490 orang meninggal akibat tersengat listrik. Sejak saat itu berbagai tindak pencegahan dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa akibat kelalaian manusia dalam menggunakan listrik. Berikut disajikan beberapa prosedur “Aman Menggunakan Listrik”.
Prosedur “Aman Menggunakan Listrik”.
􀀹 Mencabut kabel dari stop kontak bila tidak menggunakan peralatan listrik.
􀀹 Menghindari air dan kondisi tangan yang basah saat ingin menyambung atau melepas sambungan kabel dengan stop kontak.
􀀹 Tidak memegang lubang stop kontak atau sambungan kabel yang terbuka.
􀀹 Selalu memperhatikan peringatan penggunaan listrik yang ada pada peralatan listrik.
􀀹 Memasang sekering untuk menghindari kebakaran dengan cara memutus arus pendek yang terjadi di rumah secara otomatis.

Tahukah Kamu?
Kamu akan merasakan sengatan listrik saat arus listrik masuk ke tubuhmu. Darah dan cairan tubuh lainnya merupakan konduktor listrik yang baik, tetapi kulit dalam keadaan kering merupakan isolator bagi arus listrik. Kondisi kulit yang kering tersebut seperti plastik yang membungkus kabel listrik, sehingga kulit melindungi tubuh dari arus listrik yang akan masuk ke dalam tubuh. Efek kejutan listrik yang dirasakan tubuh tergantung pada banyaknya arus yang masuk,

Ayo, Kita Renungkan
Listrik saat ini merupakan salah satu sumber energi terbesar yang dipakai oleh hampir seluruh manusia di dunia. Listrik menjadi kebutuhan utama di rumah tangga, kantor-kantor, gedung sekolah, dan berbagai macam industri. Bahkan listrik juga mengalir di dalam tubuh kita, listrik akan terus bergerak dari satu neuron ke neuron yang lain ketika otak aktif bekerja. Beberapa jenis hewan juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik, yang berperan sebagai alat petunjuk gerak dan ada pula yang berfungsi sebagai sistem pertahanan terhadap musuh. Manfaat listrik yang begitu besar, bukan berarti kita dapat menggunakannya sesuka hati. Sebagian besar energi yang digunakan untuk pembangkit listrik saat ini adalah berasal dari sumber daya alam, sehingga penggunaan listrik yang arif dan bijaksana akan sangat bermanfaat bagi pelestarian alam sekitar agar sumber energi listrik tidak cepat habis. Bagaimana caramu untuk menghemat penggunaan listrik?

Sumber : buku Ilmu Pengetahuan Alam k 13 kelas IX



0 Response to "Pencegahan Bahaya Penggunaan Listrik dalam Kehidupan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.