Kegiatan pembelajaran menggubah musik disusun seperti berikut ini.
a. Menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti alat pemutar musik, komputer, dan asesorinya.
b. Menyiapkan materi musik yang akan didengarkan, umpamanya melalui pita kaset atau CD atau dimainkan langsung dengan alat musik.
c. Menjelaskan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, seperti aransemen vokal atau instrumental.
d. Memperdengarkan contoh arasemen sesuai materi.
e. Menjelaskan konsep dan prosedur mengarasemen sesuai materi.
f. Peserta didik mencoba membuat aransemen dengan menyanyikan/memainkan atau dengan tulisan.
g. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik
h. Guru memberikan umpan balik (feedback) kepada peserta didik.
i. Peserta didik menerima hasil evaluasi dari guru
j. Guru menyimpan/mengarsipkan hasil evaluasi.
Pada umumnya peserta didik merasa kesulitan untuk membuatan aransemen musik. Berdasarkan pengalaman selama ini, hal itu lebih disebabkan oleh ketidakberanian peserta didik. Ada rasa takut dalam diri peserta didik. Ada juga karena kurang percaya diri bahkan malu kalau hasil aransemennya kurang baik. Sehubungan dengan hal ini, guru perlu membangun rasa percaya diri dan keberanian peserta didik.
a. Menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti alat pemutar musik, komputer, dan asesorinya.
b. Menyiapkan materi musik yang akan didengarkan, umpamanya melalui pita kaset atau CD atau dimainkan langsung dengan alat musik.
c. Menjelaskan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, seperti aransemen vokal atau instrumental.
d. Memperdengarkan contoh arasemen sesuai materi.
e. Menjelaskan konsep dan prosedur mengarasemen sesuai materi.
f. Peserta didik mencoba membuat aransemen dengan menyanyikan/memainkan atau dengan tulisan.
g. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan peserta didik
h. Guru memberikan umpan balik (feedback) kepada peserta didik.
i. Peserta didik menerima hasil evaluasi dari guru
j. Guru menyimpan/mengarsipkan hasil evaluasi.
Pada umumnya peserta didik merasa kesulitan untuk membuatan aransemen musik. Berdasarkan pengalaman selama ini, hal itu lebih disebabkan oleh ketidakberanian peserta didik. Ada rasa takut dalam diri peserta didik. Ada juga karena kurang percaya diri bahkan malu kalau hasil aransemennya kurang baik. Sehubungan dengan hal ini, guru perlu membangun rasa percaya diri dan keberanian peserta didik.