keberhasilan latihan bermusik


Hendaknya selama latihan hal-hal berikut dihindari agar waktu dapat digunakan secara efisien.

Menanya
Sewaktu kamu berlatih musik selama ini, apakah kamu telah melakukan hal-hal berikut ini?
a. Hindari ngobrol selama latihan. Berbicaralah hanya kalau diminta oleh pelatih.
b. Jangan berlatih pada waktu istirahat. Waktu istirahat disediakan agar tubuh dapat rileks sejenak sehingga latihan berikutnya berjalan dengan baik.
c. Selama berlatih hindari melakukan aktivitas lain. Alat komunikasi (handphone) dihindari pemakaiannya selama latihan.

Untuk keberhasilan latihan lakukan hal-hal berikut:
a. Mencatat setiap ada petunjuk cara memainkan musik.
b. Menjaga produksi bunyi alat musik agar selalu dapat menghasilkan bunyi yang selaras dengan pemain lain. Jika terlalu keras maka turunkan intensitasnya. Demikian sebaliknya, jika terlalu lemah maka tingkatkan intensitasnya. Bermainlah sesuai dengan tempo yang ditentukan. \
c. Berlatihlah secara individual di luar jadwal latihan bersama agar bagian musik yang menjadi tanggungjawab individu dapat dimainkan dengan baik.

Setelah latihan biasa yang telah dijadwalkan, umumnya diadakan latihan akhir menjelang pementasan. Latihan ini dapat berupa gladi kotor, yaitu berupa latihan seluruh materi pementasan tetapi belum menggunakan perlengkapan pentas.
Pada latihan gladi bersih (general rehearsal) seluruh rangkaian acara dan perlengkapan pendukung pementasan musik, seperti sound system sudah digunakan. Pola latihan ini dilakukan juga untuk persiapan pertunjukan teater maupun tari. General rehearsal ibarat pementasan yang sesungguhnya hanya saja belum ada penontonnya.




0 Response to "keberhasilan latihan bermusik"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.