Perilaku hemat energi dalam keseharian


Begitu banyak dampak polusi udara pada kehidupan manusia dan lingkungan alam. Oleh karena itu, mulai saat ini kita harus berupaya untuk menguranginya.
Penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan merupakan salah satu upaya dalam pelestarian lingkungan. Para ahli di bidang otomotif juga mulai memproduksi kendaraan hybrid, yang bahan bakarnya selain menggunakan BBM juga menggunakan energi listrik dari cahaya matahari seperti yang telah kamu pelajari pada sebelumnya. Selain dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, masih banyak contoh perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebagai berikut:
􀂃 Membudayakan penggunaan sepeda atau jalan kaki untuk kegiatan sehari-hari. Selain menghemat BBM, penggunaan sepeda dan jalan kaki juga dapat mengurangi polusi udara dan meningkatkan kesehatan.
􀂃 Mematikan kendaraan jika sedang tidak digunakan dan jangan terlalu lama menyalakan kendaraan ketika akan digunakan.
􀂃 Mematikan lampu saat tidur dan saat siang hari. Oleh karena itu, saat membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya membuat rumah dengan banyak jendela sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah.
􀂃 Jika menggunakan pompa air listrik untuk mengalirkan air, penuhilah bak mandi dan tempat penampungan air dalam sekali waktu.
􀂃 Membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakaian secara teratur. Misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor.
􀂃 Jika menggunakan kendaraan sebaiknya berangkat lebih pagi agar terhindar dari kemacetan. Kemacetan di jalan membuat kendaraan membuang bahan bakar secara percuma.
􀂃 Memilih peralatan rumah tangga yang hemat energi. Misalnya mengganti lampu pijar yang menghasilkan warna kuning dengan lampu neon yang menghasilkan warna putih atau lampu LEDyang dapat bertahan hingga 15 tahun.
􀂃 Jangan buang kertas-kertas bekas begitu saja, tanamkan dalam diri bahwa setiap menggunakan sebuah kertas maka kita telah menebang sebuah pohon.
􀂃 Menggunakan air secukupnya saat mandi atau mencuci.

Atap
􀂃 Pakai alumunium foil sehingga dapat memantulkan panas yang masuk ke dalam rumah
Kamar Mandi
􀂃 Gunakan toilet yang hemat air
􀂃 Periksa kebocoran air sehingga tidak terbuang percuma
􀂃 Matikan pemanas air jika tidak digunakan
Dapur
􀂃 Gunakan alat pemasak dari listrik daripada berbahan bakar minyak bumi
􀂃 Gunakan lemari pendingin yang ramah lingkungan dan hemat energi
Ruang lain
􀂃 Gunakan lampu LED atau lampu neon daripada lampu pijar
􀂃 Matikan lampu, TV, komputer, dan alat elektronik lain jika tidak digunakan.
􀂃 Buka jendela agar udara bersih dapat masuk ke dalam rumah atau gunakan kipas angin dari pada menggunakan AC
􀂃 Tanam pepohonan di halaman rumah agar udara tetap bersih dan segar

Sumber : Buku k 13 Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX



0 Response to "Perilaku hemat energi dalam keseharian"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.