Program Kecakapan Hidup


Pendidikan kecakapan hidup meliputi kecakapan personal, kecakapan
sosial, kecakapan akademik, kecakapan vokasional.
Penerapan Pendidikkan Kecakapan Hidup (Life Skill)
a.      Kecakapan hidup personal meliputi:
     Terampil membaca dan menulis Al-Qur'an,
     Terampil menjadi pewara (MC)
     Rajin beribadah
     Jujur
     Disiplin
     Kerja keras
Kecakapan personal ini dapat dicapai dengan mata pelajaran agama
dan akhlak mulia, Bahasa Indonesia, dan Pendidikanjasmani Olahraga
dan kesehatan.
b.      Kecakapan Sosial meliputi
     Terampil memecahkan masalah di lingkungannya
     Memiliki sikap sportif
• Membiasakan hidup sehat
• Sanggup bekerjasama
• Sanggup berkomunikasi lisan dan tertulis
Kecakapan sosial ini dapat dicapai dengan mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan, ilmu pengetahuan sosial, bahasa indonesia, dan
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Teknologi informasi dan
komunikasi, dan ilmu pengetahuan alam.
c.      Kecakapan Akademik meliputi
• Trampil dalam penelitian ilmiah (merencanakan dan melakukan
penelitian dengan merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel,
dan membuktikan variabel)
• Terampil menerapkan teknologi sederhana
• Kecakapan berpikir rasional
Kecakapan Akademik diintegrasikan dengan matematika, bahasa
indonesia teknologi informasi dan komunikasi, dan ilmu pengetahuan
alam
d.   Kecakapan vokasional
• Terampil berbahasa Inggris
• Terampil mengoperasikan komputer
• Terampil membuat pakaian Khas Bamara
• Terampil membawakan acara
• Terampil menulis karangan ilmiah / populer
Kecakapan vokasional diintegrasikan dengan mata pelajaran
matematika, TIK, dan Bahasa Indonesia.
Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Keunggulan lokal yang dikembangkan di SMP Nusantara adalah jahe
merah.
Produk unggulan:
a. Permen jahe, minuman jahe dan jahe instan
Pelaksanaannya adalah terintegrasi dengan PLH ( Pendidikan
Lingkungan Hidup ) untuk kelas VII dan VIII sedangkan kelas IX secara
monolitik.
b. Membatik
Pelaksanaannya adalah terintegrasi dengan mata pelajaran Seni
Budaya kelas VIII dan kegiatan Ekstrakurikuler.
Upaya sekolah dalam mengembangkan Keunggulan global antara lain
dalam bentuk:
     Kemampuan berbahasa inggris.
• Mengoperasikan komputer hingga pemanfaatan internet.
• Sedangkan untuk pendidikan Lingkungan Hidup peserta didik diajak
meneliti tentang sebab-sebab banjir, pemanasan global dan bersih
narkoba sehingga peserta didik dapat mengetahui cara
menanggulanginya. Diantaranya dengan membentuk KCL ( Kelompok
Cinta Lingkungan) dan membentuk LATANSA (Laskar Anti Narkoba
dan Psikotropika).
Keunggulan global tersebut sejalan / didukung SMPN2 Panggung karena
diera globalisasi seperti saat mi diperlukan kemampuan peserta didik untuk
menguasai bahasa inggris dan penggunaan TIK agar dapat mengikuti
perkembangan IPTEK dewasa ini. Pendidikan berbasis keunggulan lokal
dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan
kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa,
teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain yang bermanfaat
untuk pengembangan kompetensi peserta didik.