18. Wayang yang terbuat dari bahan baku kayu, akan tetapi tangan wayang menggunakan bahan kulit kerbau atau kulit sapi. Jenis wayang yang mempunyai ciri-ciri tersebut dinamakan ….
A. wayang suluh
B. wayang dupara
C. wayang sadat
D. wayang krucil
E. wayang sasak
19. Penerus keturunan pandawa adalah Raden Parikesit. Garis keturunan tersebut berasal dari Raden Abimanyu yang menikah dengan ....
A. dewi utari
B. dewi kekayi
C. dewi umandari
D. dewi surtikanti
E. dewi siti sendari
20. Dalam cerita Resaseputra tokoh satriya yang berkarakter gagah perkasa, penurut serta hormat pada orang tua dan bermuka luruh diperankan oleh....
A. wangsatanu
B. wangsajalma
C. berjanggapati
D. sumalidewa
E. Sumalintana
21. Prabu Dasarata mempunyai anak diantaranya Regawa, Lesmana, Barata, dari pernikahannya dengan istri-istri yang sangat dicintainya. Raden Regawa merupakan anak Dasarata hasil pernikahan dengan ....
A. dewi mindradi
B. dewi kekayi
C. dewi setyawati
D. dewi raguwati
E. dewi sumitra
22. Tokoh wayang mempunyai sifat dan karakter yang membedakan dengan tokoh yang lain. Tokoh yang memunyai sifat bijaksana, tinggi ilmunya, melambangkan keagungan budi adalah tokoh ....
A. basukarna
B. abiyasa
C. abimanyu
D. bratasena
E. Jayadrata
23. Dalam silsilah Alengka, Raden Kumbakarna adalah putra kedua Begawan Wisrawayang berkedudukan di kasatriyan Leburgangsa atau Jenanggangsa. Penerus keturunan Raden Kumbakarna yang sekaligus bapak dari Raden Kalakirna adalah ....
A. aswani kumba
B. kumba aswani
C. kumbakinumba
D. buta werka
E. wangsa jalma
24. Tokoh wayang mempunyai sifat dan karakter yang membedakan dengan tokoh yang lain, salah satunya adalah Anoman. Ia memunyai sifat diantaranya....
A. jujur, taat akan perintah, sakti, sombong
B. jujur, taat akan perintah, sakti, tamak
C. jujur, taat akan perintah, sakti, jahat
D. jujur, taat akan perintah, sakti, zalim
E. jujur, taat akan perintah, sakti, sopan
25. Suluk yang di gunakan setelah gending gondokusuma suwuk menggunakan suluk ….
A. sendon wantah
B. sendon malik patet
C. sendon tengah ratri
D. sendhon prabatilarsa
E. sendhon sengkalan sengkan atur
26. Sulukan merupakan lelagoning dalang yang berfungsi untuk membentuk suasana. Pada adegan jejer pertama ketika seorang tokoh memberikan surat, sulukan yang biasa dipakai adalah sendhon ....
A. sengkan atur
B. malik pathet
C. res-resan
D. prabatilarsa
E. nawala
27. Bendhengan atau ada-ada laras slendro patet serang , biasanya diawali dan diakhiri dengan laras ....
A. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 3
B. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 3
C. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 5
D. diawali laras (5) pethit, diakhiri laras 1
E. diawali laras (5) pethit, diakhiri laras 5
28. Bendhengan atau ada-ada biasanya digunakan dalam adegan candhakan. Bendhengan pada pathet wolu biasanya diawali dan diakhiri dengan laras ....
A. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 1
B. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 2
C. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 5
D. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 6
E. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 6
29. Bendhengan atau ada-ada biasanya digunakan dalam adegan candhakan. Bendhengan pada pathet sanga biasanya diawali dan diakhiri dengan laras ....
A. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 6
B. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 5
C. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 3
D. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 2
E. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 1
30.
Ada beberapa teknik memegang wayang (cepengan) berdasarkan jenis dan bentuk wayang. Gambar di atas menunjukan teknik/jenis cepengan ....
A. ngepok
B. njagal
C. nyempurit
D. ngokop
E. magak
31.
Gambar di atas merupakan bentuk atau jenis cepengan….
A. magak
B. methal
C. methit
D. nggegem
E. nyempurit
32. Dalam cerita Ramayana mempunyai satu ciri khas khusus yaitu tentang prajurit kera, dan salah satu tokoh tersebut adalah Anoman. Ragam gerak yang dimiliki tokoh Anoman adalah….
A. nujah
B. mere
C. nlabung
D. nuthul
E. mothol
33. Pertunjukan wayang kulit purwa Jawa Timuran dalam adegan pertama jejer sebuah negara maka secara tradisi akan memeragakan beksan punggawa. Tarian punggawa dengan posisi siaga, tangan depan walang kerik tangan belakang walang kerik amba sambil lembehan, kaki (njangkah cilik) pelan, maka wayang beksan tersebut sedang melakukan gerakan....
A. gejug
B. sembahan
C. lampahan
D. kipat sampur
E. jangkahan lamba
34. Gerak wayang sangat dipengaruhi oleh jenis, bentuk dan karakter tokoh wayang. Gerak tokoh Naradha ketika menggunakan cepengan methit adalah gerakan ketika ....
A. nganglang
B. dugangan
C. jeblosan
D. gendiran
E. Jotosan
35. Gerak wayang sangat dipengaruhi oleh jenis, bentuk dan karakter tokoh wayang. Gerak tokoh petak banjaran dalam adegan perang diantaranya adalah....
A. nyamber
B. nganglang
C. nyakot
D. mere
E. dhidhis
D 31. A
B 32. B
C 33. A
E 34. A
A. wayang suluh
B. wayang dupara
C. wayang sadat
D. wayang krucil
E. wayang sasak
19. Penerus keturunan pandawa adalah Raden Parikesit. Garis keturunan tersebut berasal dari Raden Abimanyu yang menikah dengan ....
A. dewi utari
B. dewi kekayi
C. dewi umandari
D. dewi surtikanti
E. dewi siti sendari
20. Dalam cerita Resaseputra tokoh satriya yang berkarakter gagah perkasa, penurut serta hormat pada orang tua dan bermuka luruh diperankan oleh....
A. wangsatanu
B. wangsajalma
C. berjanggapati
D. sumalidewa
E. Sumalintana
21. Prabu Dasarata mempunyai anak diantaranya Regawa, Lesmana, Barata, dari pernikahannya dengan istri-istri yang sangat dicintainya. Raden Regawa merupakan anak Dasarata hasil pernikahan dengan ....
A. dewi mindradi
B. dewi kekayi
C. dewi setyawati
D. dewi raguwati
E. dewi sumitra
22. Tokoh wayang mempunyai sifat dan karakter yang membedakan dengan tokoh yang lain. Tokoh yang memunyai sifat bijaksana, tinggi ilmunya, melambangkan keagungan budi adalah tokoh ....
A. basukarna
B. abiyasa
C. abimanyu
D. bratasena
E. Jayadrata
23. Dalam silsilah Alengka, Raden Kumbakarna adalah putra kedua Begawan Wisrawayang berkedudukan di kasatriyan Leburgangsa atau Jenanggangsa. Penerus keturunan Raden Kumbakarna yang sekaligus bapak dari Raden Kalakirna adalah ....
A. aswani kumba
B. kumba aswani
C. kumbakinumba
D. buta werka
E. wangsa jalma
24. Tokoh wayang mempunyai sifat dan karakter yang membedakan dengan tokoh yang lain, salah satunya adalah Anoman. Ia memunyai sifat diantaranya....
A. jujur, taat akan perintah, sakti, sombong
B. jujur, taat akan perintah, sakti, tamak
C. jujur, taat akan perintah, sakti, jahat
D. jujur, taat akan perintah, sakti, zalim
E. jujur, taat akan perintah, sakti, sopan
25. Suluk yang di gunakan setelah gending gondokusuma suwuk menggunakan suluk ….
A. sendon wantah
B. sendon malik patet
C. sendon tengah ratri
D. sendhon prabatilarsa
E. sendhon sengkalan sengkan atur
26. Sulukan merupakan lelagoning dalang yang berfungsi untuk membentuk suasana. Pada adegan jejer pertama ketika seorang tokoh memberikan surat, sulukan yang biasa dipakai adalah sendhon ....
A. sengkan atur
B. malik pathet
C. res-resan
D. prabatilarsa
E. nawala
27. Bendhengan atau ada-ada laras slendro patet serang , biasanya diawali dan diakhiri dengan laras ....
A. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 3
B. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 3
C. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 5
D. diawali laras (5) pethit, diakhiri laras 1
E. diawali laras (5) pethit, diakhiri laras 5
28. Bendhengan atau ada-ada biasanya digunakan dalam adegan candhakan. Bendhengan pada pathet wolu biasanya diawali dan diakhiri dengan laras ....
A. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 1
B. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 2
C. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 5
D. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 6
E. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 6
29. Bendhengan atau ada-ada biasanya digunakan dalam adegan candhakan. Bendhengan pada pathet sanga biasanya diawali dan diakhiri dengan laras ....
A. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 6
B. diawali laras (1) pethit, diakhiri laras 5
C. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 3
D. diawali laras (2) pethit, diakhiri laras 2
E. diawali laras (3) pethit, diakhiri laras 1
30.
Ada beberapa teknik memegang wayang (cepengan) berdasarkan jenis dan bentuk wayang. Gambar di atas menunjukan teknik/jenis cepengan ....
A. ngepok
B. njagal
C. nyempurit
D. ngokop
E. magak
31.
Gambar di atas merupakan bentuk atau jenis cepengan….
A. magak
B. methal
C. methit
D. nggegem
E. nyempurit
32. Dalam cerita Ramayana mempunyai satu ciri khas khusus yaitu tentang prajurit kera, dan salah satu tokoh tersebut adalah Anoman. Ragam gerak yang dimiliki tokoh Anoman adalah….
A. nujah
B. mere
C. nlabung
D. nuthul
E. mothol
33. Pertunjukan wayang kulit purwa Jawa Timuran dalam adegan pertama jejer sebuah negara maka secara tradisi akan memeragakan beksan punggawa. Tarian punggawa dengan posisi siaga, tangan depan walang kerik tangan belakang walang kerik amba sambil lembehan, kaki (njangkah cilik) pelan, maka wayang beksan tersebut sedang melakukan gerakan....
A. gejug
B. sembahan
C. lampahan
D. kipat sampur
E. jangkahan lamba
34. Gerak wayang sangat dipengaruhi oleh jenis, bentuk dan karakter tokoh wayang. Gerak tokoh Naradha ketika menggunakan cepengan methit adalah gerakan ketika ....
A. nganglang
B. dugangan
C. jeblosan
D. gendiran
E. Jotosan
35. Gerak wayang sangat dipengaruhi oleh jenis, bentuk dan karakter tokoh wayang. Gerak tokoh petak banjaran dalam adegan perang diantaranya adalah....
A. nyamber
B. nganglang
C. nyakot
D. mere
E. dhidhis
D 31. A
B 32. B
C 33. A
E 34. A