apa yang ada di luar angkasa?

Luar angkasa adalah tempat yang sangat luas dan penuh misteri. Karena itulah para ilmuwan berusaha untuk membongkar tabir misteri yang menyelimuti luar angkasa. Sejumlah astronot dikirim ke luar angkasa untuk mengamati apa saja yang ada di luar angkasa. Bertahun-tahun mereka habiskan untuk mmelakukan penelitian ini. Dan inilah hasilnya.


1. Large Quasar Group

Source: www.pri.org

Large Quasar Group ini memiliki jarak yang sangat jauh sekitar 4 miliar tahun cahaya

Large Quasar Group atau LQG adalah koleksi quasar yang terbentuk dari lubang hitam raksasa. Quasar ini sangat terang, sangat energetik, dan sangat kuat. Jika dilihat dari teleskop, quasar tampak seperti titik yang mirip dengan bintang. LQG ini memiliki jarak yang sangat jauh, sekitar 4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

LQG membuat ilmuwan heran karena ukurannya yang sangat besar, dimana ukuran maksimum struktur kosmik harusnya hanya 1,2 miliar tahun cahaya. Bagaimana LQG ini bisa terbentuk? Padahal ilmuwan cukup sadar dengan segala hal yang berjarak 100 juta tahun cahaya dari planet Bumi.

2. Antimatter

Ima

Source: www.scienceabc.com

Antimatter tidak memiliki massa atau berat sama sekali

ge caption

Ada yang namanya matter atau materi, ada juga yang namanya antimatter atau anti materi. Perbedaan antimatter-matter, kurang lebih sama seperti Superman-Bizzaro. Keduanya memiliki sifat yang berkebalikan. Jika matter memiliki massa atau berat, antimatter tidak memiliki massa atau berat sama sekali.

Para peneliti yang menemukan antimatter, berusaha mencari tahu lebih dalam tentang keberadaan antimatter. Misalnya, dari mana antimatter ini terbentuk? Menurut perkiraan, antimatter bisa terbentuk dari ledakan big bang. Ledakan big bang sendiri, seperti yang kita tahu adalah awal terbentuknya dari alam semesta.

3. White Hole

Source: www.gaia.com

lubang putih akan memuntahkan sesuatu dari dalam isinya ke luar angkasa

Bila ada yang namanya black hole/lubang hitam, para peneliti memperkirakan bahwa ada juga yang namanya white hole/lubang putih. Sama seperti Yin dan Yang, lubang hitam dan lubang putih adalah 2 hal yang saling kontradiksi. Jika lubang hitam akan menghisap apapun ke dalam, maka lubang putih akan memuntahkan sesuatu dari dalam, ke luar angkasa.

Para peneliti hingga saat ini hanya baru berspekulasi tentang keberadaan lubang putih. Tak ada tanda sedikit pun tentang keberadaan lubang putih. Ketiadaan tanda-tanda akan lubang putih dikarenakan juga tak ada benda yang dimuntahkan oleh lubang putih. Para peneliti masih berusaha mendeteksi ledakan radiasi yang tak biasa yang nantinya akan dikembangkan hipotesis mengenai lubang putih.

4. Bakteri Hidup

Source: lifestyle.kompas.com

Bakteri tersebut diambil menggunakan kain pel untuk diteliti

Belum lama ini, para astronot berhasil menemukan makhluk hidup berupa bakteri yang berhasil hidup di luar angkasa, di luar International Space Station. Oleh mereka, bakteri tersebut diambil menggunakan kain pel untuk diteliti. Inikah bukti akan adanya alien? Para astronot yang tidak percaya begitu saja akan alien, mencoba mencari alasan yang paling masuk akal akan keberadaan bakteri hidup di luar angkasa. Mereka beralasan, bakteri tersebut awalnya berasal dari Bumi. Tekanan udara mendorong bakteri tersebut ke atmosfir Bumi dan terbawa hingga ke luar angkasa.

5. Black Widow Pulsar

Source: www.youtube.com

Pulsar adalah bintang neutro yang memiliki rotasi sangat cepat

Sebelum membahas lebih jauh apa itu Black Widor Pulsar, mari kita bahas lebih dahulu mengenai pulsar. Pulsar adalah bintang neutro yang memiliki rotasi sangat cepat. Pulsar ini merupakan sisa-sisa yang tertinggal dari bintang yang telah mati. Nah, salah satu pulsar, Pulsar J1311-3430 atau Black Widow Pulsar adalah pulsar yang sangat berbahaya.

Kenapa ia berbahaya? Pulsar ini terus bertambah besar dengan cara memakan partnernya sendiri yang merupakan bintang normal. Tak hanya bertambah besar, Black Widow Pulsar juga semakin bertambah energinya setiap mengkanibal bintang baru. Pulsar J1311-3430 memiliki berat 2 kali dari Matahari, dengan lebar sebesar Washington, DC.