a.
Jenis dan strategi
muatan lokal yang dilaksanakan instruksi Dinas
Pendidikan Kab. Bamara
Pendidikan Kab. Bamara
Muatan lokal
merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi
yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain
dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.
Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah, tidak terbatas pada mata
pelajaran seni-budaya dan keterampilan, tetapi juga mata pelajaran lainnya,
seperti Pendidikan Lingkungan Hidup. Muatan lokal merupakan mata pelajaran,
sehingga sekolah harus mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi
dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Sekolah dapat
menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester, atau dua
mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.
yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain
dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.
Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah, tidak terbatas pada mata
pelajaran seni-budaya dan keterampilan, tetapi juga mata pelajaran lainnya,
seperti Pendidikan Lingkungan Hidup. Muatan lokal merupakan mata pelajaran,
sehingga sekolah harus mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi
dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Sekolah dapat
menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester, atau dua
mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.
Muatan lokal yang
menjadi ciri khas daerah (Kabupaten Bamara) dan
diterapkan di SMP Nusantara adalah :
diterapkan di SMP Nusantara adalah :
MATA PELAJARAN
|
KELAS DAN ALOKASI
WAKTU |
KET
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
1. Bahasa Daerah
|
2
|
2
|
2
|
• Bahasa
Daerah untuk
kelas VII dan VIII terintegrasi pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya |
|
|
|
|
Mata pelajaran
Bahasa Daerah bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
kemampuan sebagai berikut:
1.
Berkomunikasi secara
efektif dan efisien dengan menggunakan bahasa
daerah (Jawa) baik dengan teman sebaya maupun dengan orang yang
lebih tua untuk mewujudkan karakter yang berbudi pekerti luhur.
daerah (Jawa) baik dengan teman sebaya maupun dengan orang yang
lebih tua untuk mewujudkan karakter yang berbudi pekerti luhur.
2.
Menghargai dan bangga
menggunakan bahasa bahasa daerah (Jawa)
serta untuk melestarikannya sebagai kekayaan budaya daerah
serta untuk melestarikannya sebagai kekayaan budaya daerah
3.
Memahami bahasa daerah
(Jawa) dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan diantaranya berupa karya sastra yang
berupa geguritan, parikan, tembang dll yang memuat upaya perlindungan
dan pengelolaan lingkungan hidup dan P4GN (Pencegahan,
Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba)
dan kreatif untuk berbagai tujuan diantaranya berupa karya sastra yang
berupa geguritan, parikan, tembang dll yang memuat upaya perlindungan
dan pengelolaan lingkungan hidup dan P4GN (Pencegahan,
Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba)
Mata pelajaran Pendidikan Lingkungan
Hidup bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.
Menumbuh kembangkan
karakter peduli terhadap kelestarian lingkungan
2.
Melakukan tindakan atau
upaya untuk mencegah pencemaran dan
kerusakan lingkungan di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat
tinggal seperti pengolahan sampah, penghijauan, recycle dll
kerusakan lingkungan di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat
tinggal seperti pengolahan sampah, penghijauan, recycle dll
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
KELAS VII
|
|
1
|
Mengapresiasi dongeng yang
diperdengarkan. |
1.1
Menemukan isi dan pesan
dongeng
1.2
Memberikan tanggapan
relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang |
2
|
Mengungkapkan berbagai
informasi dan melalui
wawancara
|
2.1
Berwawancara dengan nara
sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tatakrama
2.2
Menyampaikan laporan
hasil
wawancara |
3
|
Membaca ragam teks sastra dan
non sastra dengan berbagai teknik |
3.1
Menemukan pokok pikiran
dengan cara membaca cepat minimal 50 kata permenit
3.2
Mengungkapkan isi guritan
dengan cara membaca ekspresif
3.3
Melagukan tembang dolanan
|
4
|
Mengungkapkan pikiran,
perasaan dan gagasan dalam bentuk narasi sederhana dengan huruf latin dan huruf Jawa |
4.1
Membuat kalimat
menggunakan
kata berawalan anuswara dan tripurusa.
4.2
Menulis huruf jawa,
ater-ater
anuswara dan tripurusa |
5
|
Memahami cerita anak atau
wacan bocah melalui kegiatan mendengarkan. |
5.1
Menemukan tema dan pesan
cerita anak atau wacan bocah yang diperdengarkan.
5.2
Melanjutkan cerita anak
sesuai
dengan imajinasi |
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
6
|
Mengungkapkan berbagai
informasi dan pesan secara langsung |
6.1
Menyampaikan pesan secara
lisan menggunakan ragam
Bahasa Jawa
dengan baik dan
benar |
7
|
Memahami ragam teks berhuruf
latin dan jawa dengan tehnik membaca cepat dan membaca Ekspresif. |
7.1
Menyimpulkan isi suatu
teks
berhuruf jawa dengan cara membaca cepat
7.2
Membaca bacaan pacelathon
dengan penuh penghayatan |
8
|
Mengungkapkan
pikiran,gagasan,pendapat, dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif. |
8.1
Membuat paragraf
menggunakan basa rinengga (purwakanthi,paribasan Ian bebasan)
8.2
Membuat parikan dengan
memperhatikan ciri dan kaidah penulisan |
|
KELAS VIII
|
|
1
|
Memahami unsur instrinsik
tembang Macapat melalui kegiatan mendengarkan. |
1.1.
Menyebutkanjenis tembang
Macapat dan cirri- cirinya. |
|
|
1 .2 Menemukan
isi, pesan yang
terkandung dalam tembang Macapat. |
2
|
Mengungkapkan pikiran dengan
bermain peran dan perasaan |
Bermain peran
sesuai dengan naskah
|
3
|
Memahami teks melalui
kegiatan membaca intensif |
3.1 .
Menemukan kalimat tunggal
dan kalimat majemuk dalam bacaan |
|
|
3.2 Menemukan
gagasan utama
dalam teks dengan membaca cepat |
4
|
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan dan informasi dalam bentuk surat dan semboyan / sesanti dengan huruf latin dan hurufjawa. |
4.1 . Menulis
surat pribadi dengan
menggunakan ragam bahasa Jawa yang baik dan benar. |
|
|
4.2. Menulis
semboyan / sesanti
dengan huruf latin dan huruf
Jawa.
|
5
|
Memahami unsur intrinsik dalam
cerita fiksi (cerpen) yang dibacakan. |
5.1.
Menjelaskan tema dan latar
cerita fiksi |
|
|
5.2.
Mengidentifikasi karakter tokoh
dalam cerita fiksi. |
6
|
Mengungkapkan pengalaman
melalui kegiatan bercerita |
Menceritakan riwayat hidup
tokoh/pahlawan yang diidolakan |
7
|
Memahami ragam teks dengan
cara membaca memindai/scaniing atau membaca cepat |
7.1 Menemukan
isi secara tepat dari
teks cerita wayang melalui kegiatan membaca |
|
|
7.2. Menemukan
informasi secara
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
|
cepat teks
berhuruf jawa
minimal |
8
|
Mengungkapkan kembali isi
cerita fiksi dengan cara meringkas |
8.1 Menulis
ringkasan / sinopsis
cerita fiksi |
|
|
8.2 Menulis
cerkak berdasarkan
pengalaman pribadi |
|
KELAS IX
|
|
1
|
Mengapresiasi cerita wayang
yang di
perdengarkanperdengarkan
|
1.1 Menemukan
isi dan pesan dari
cerita wayang |
|
|
1.2 Mengenal
karakter tokoh-tokoh
dalam cerita wayang. |
|
|
1.3 Menunjukan
relevansi cerita
wayang dengan
situasi sekarang
|
2
|
Mengungkapkan perasaan,
pikiran, informasi dan gagasan dalam berpidato dan berdiskusi |
2.1
Berpidatolberceramah
memberikan
sambutan dalam
berbagai keperluan dengan tema lingkungan. |
3
|
Membaca ragam teks dengan
cara membaca intensif dan membaca cepat. |
3.1 Menemukan
informasi dari
beberapa artikel, majalah melalui kegiatan membaca insentif |
|
|
3.2 Menemukan
gagasan utama
suatu teks berhuruf Jawa dengan membaca cepat 15 kata permenit |
4
|
Mengungkapkan perasaan,
pikiran dan informasi dalam bentuk tembang |
4.1 Membuat
tembang macapat
sesuai dengan kaidah |
5
|
Mengapresiasi pementasan
drama tradisional. |
5.1 Menemukan
isi dan pesan
pementasan drama
tradisional.
|
|
|
5.2 Menanggapi
pementasan drama
tradisional |
6
|
Mengungkapkan gagasan,
perasaan dan harapan melalui |
6.1 Berdoa
dengan menggunakan
ragam bahasa sesuai dengan harapan |
7
|
Memahami ragam teks non
sastra dengan cara membaca ekstensif nyaring |
7.1 Membaca
teks berita dengan
intonasi, mimik yang tepat |
|
|
7.2 Membaca
teks berita dan
pengumuman
dengan intonasi,
mimik yang tepat |
8
|
Mengungkapkan perasaan,
gagasan dan |
8.1 Menulis geguritan tentang
pengalaman pribadi. |
|
informasi serta pengalaman
dalam prosa dan puisi. |
8.2 Menulis
berita dengan
hurufjawa. |
Pengembangan
diri adalah merupakan pelayanan bantuan untuk peserta didik
baik individu maupun kelompok agar berkembang secara optimal dalam hubungan
pribadi, sosial, belajar, dan karir, melalui proses pembiasaan, pemahaman diri dan
lingkungan untuk mencapai kesempurnaan perkembangan diri.
baik individu maupun kelompok agar berkembang secara optimal dalam hubungan
pribadi, sosial, belajar, dan karir, melalui proses pembiasaan, pemahaman diri dan
lingkungan untuk mencapai kesempurnaan perkembangan diri.
Tujuan
pengembangan diri adalah membantu memandirikan peserta didik
dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mmengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya. Kegiatan
pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, praktisi,
atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan
kepala sekolah. Pola Pelaksanaan pengembangan diri dalam kegiatan
pembiasaan:
dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mmengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya. Kegiatan
pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, praktisi,
atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan
kepala sekolah. Pola Pelaksanaan pengembangan diri dalam kegiatan
pembiasaan:
a)
Spontan: Kerja bakti, Bakti
sosial, takziah, membiasakan 5 S 1P ( Senyum,
Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Peduli lingkungan ), membuang sampah
pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat
Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Peduli lingkungan ), membuang sampah
pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat
b)
Rutin: Membaca do'a,
membaca surat pendek bersama-sama setiap awal dan
akhir pelajaran, ibadah khusus keagamaan bersama, SKJ, pemeliharaan
kebersihan dan kesehatan diri, Sholat Duha, sholat dhuhur berjama'ah dan
upacara bendera
akhir pelajaran, ibadah khusus keagamaan bersama, SKJ, pemeliharaan
kebersihan dan kesehatan diri, Sholat Duha, sholat dhuhur berjama'ah dan
upacara bendera
c)
Keteladanan: berpakaian
rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji
kebaikan dan keberhasilan orang lain, disiplin, datang tepat waktu.
kebaikan dan keberhasilan orang lain, disiplin, datang tepat waktu.
d)
Terprogram
•
Peringatan hari besar
Nasional dan agama
•
Latihan dasar kepemimpinan
•
kegiatan ekstrakurikuler
dan Bimbingan Konseling ( BK)
Kegiatan
Ekstrakurikuler atau Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik
sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibawah bimbingan
konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain
melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi
dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta
kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-
budaya, kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik
sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibawah bimbingan
konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain
melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi
dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta
kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-
budaya, kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
Ekstrakurikuler di SMP Nusantara terdiri dari:
1.
Ekstrakurikuler wajib
adalah Kegiatan Ekstrakurikuler yang wajib
diselenggarakan oleh SMP Nusantara dan wajib diikuti oleh seluruh peserta
didik.
diselenggarakan oleh SMP Nusantara dan wajib diikuti oleh seluruh peserta
didik.
NO
|
EKSTRA
KURIKULER
|
HARI
|
WAKTU
|
TUJUAN
|
KET
|
1
|
Pramuka
|
Jum'at
|
14.30- 16.30
|
1)
Mengembangkan jiwa
kepemimpinan pada peserta didik.
2)
Sebagai wadah berlatih
organisasi.
3)
Melatih peserta didik
agar terampil dan mandiri.
4)
Mengembangkan jiwa sosial
dan peduli kepada orang lain.
5)
Melatih peserta didik
untuk menyelesaikan masalah dengan cepat
dan tepat.
6)
Mengenalkan beberapa
usaha pelestarian alam, sikap ramah
terhadap lingkungan, kebiasaan diri hidup bersih dan sehat. |
Wajib
|
2.
Kegiatan Ekstrakurikuler
pilihan adalah Kegiatan Ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan
diselenggarakan oleh SMP Nusantara
dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.
dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.
NO
|
EKSTRA
KURIKULER
|
HARI
|
WAKTU
|
TUJUAN
|
KET
|
1
|
|
|
|
|
|
|
Palang Merah
Remaja (PMR) |
Selasa
|
14.00-16.00
|
a)
Peserta didik dapat
mengetahui, memahami dan melaksanakan
pengetahuan dan keterampilan kepalang merahan yang diwujudkan dalam kegiatan Tri Bakti PMR
b)
para anggota PMR akan
menjadi teladan di lingkungannya (peer
leader) serta kader dan relawan PMI di masa mendatang
c)
Melatih praktik PPPK
d)
Mengembangkan jiwa sosial
dan peduli kepada orang lain
e)
Peserta didik mengetahui
Kebersihan dan Kesehatan diri serta
tata cara melakukan Pertolongan Pertama (PP)
f)
Pengenalan obat-obatan
dan pembidaian
|
Pilihan
|
|
Paskibraka
|
Sabtu
|
12.00-13.30
|
a)
Melatih kedisiplinan
b)
Mengembangkan cinta tanah
air/nasionalisme
c)
Mempersiapkan peserta
didik untuk menjadi petugas upacara yang
baik |
Pilihan
|
2
|
KIR
|
Sabtu
|
12.00- 13.30
|
a)
Meningkatkan kompetensi
berfikir kritis dan lancar berkomunikasi.
b)
Mempersiapkan peserta
didik menghasilkan karya ilmiah agar dapat
|
Pilihan
|
NO
|
EKSTRA
KURIKULER
|
HARI
|
WAKTU
|
TUJUAN
|
KET
|
|
|
|
|
berprestasi baik
tingkat daerah maupun nasional.
c)
Membekali peserta didik
dengan sikap ilmiah misalnya jujur, rasa
ingin tahu, kreatif, berfikir kritis dan analitis
d)
Mengembangkan langkah -
langkah ilmiah dalam menyelesaikan
suatu masalah
e)
Melestarikan lingkungan
melalui implementasi hasil penelitian (hasil
KIR) |
|
3
|
|
||||
1. Olahraga:
|
|
|
a.
Melatih peserta didik
terampil dalam bidang olahraga
b.
Menyiapkan peserta didik
dalam kegiatan O2SN
c.
Mengikutsertakan peserta
didik dalam kegiatan O2SN
|
|
|
|
- Futsal
|
Kamis
|
14.30 - 16.00
|
Pilihan
|
|
|
- Jujitsu
|
Rabu
|
14.30 - 16.00
|
Pilihan
|
|
|
2. Seni Budaya
|
|
|
a.
Melatih peserta didik
terampil dalam bidang seni
b.
Menyiapkan peserta didik dalam kegiatan LFS2
c. Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan LFS2N
|
|
|
- Recycle
|
Selasa
|
14.00-15.30
|
a)
Pengenalan jenis-jenis
kerajinan tangan
b)
Pembuatan kerajinan dari
bahan dasar sampah anorganik (plastik,
kertas, kaleng, kemasan minuman)
c)
Pembuatan kerajinan dari
bahan dasar sampah organik (daun
kering, biji-bijian)
d)
Pengolahan sampah membuat
pupuk kompos
e)
Pengepakan hasil
kerajinan
|
Pilihan
|
|
- Membatik
|
Sabtu
|
12.00-14.00
|
a)
Melatih peserta didik
tentang membatik,
b)
Melatih peserta didik
tentang membuat desain batik
c)
Melatih peserta didik
untuk membuat kreasi hasil karya batik yang
memanfaatkan pewarna alam |
Pilihan
|
|
- Seni Patrol
|
|
Insidentil
|
a)
Mengembangkan budaya
daerah Pilihan
b) Melatih peserta didik terampil dalam bidang seni patrol
|
Pilihan
|
NO
|
EKSTRA
KURIKULER
|
HARI
|
WAKTU
|
TUJUAN
|
KET
|
|
|
|
|
c) Pengenalan nada dasar
d) Melatih peserta didik terampil dalam memainkan Lagu Mars
SPENDAC, Lagu yel-yel adiwiyata SMP Nusantara
e) Melatih peserta didik membuat alat musik patrol dengan bahan
dasar sampah anorganik atau organik (recycle)
f) Pelatihan gerakan / tarian, blocking di atas pentas
g) Latihan-latihan persiapan acara wisuda
|
|
|
- Monolog/
Teater
|
Rabu
|
14.00 - 15.30
|
a)
Pengantar Umum
(Unsur-unsur drama)
b)
Pelatihan Dasar I (
Pernafasan, Vokal, Mimik, Ekspresi, Intonasi
dan pengembangan Dialog)
c)
Pelatihan Dasar 2
(Pengembangan karakter, bloking)
d)
Akting dasar
e)
Menyusun naskah
drama/teatrikal bertema “lingkungan, bahaya
narkoba”
f)
Memainkan peran (Praktek
Teater/drama) bertema “lingkungan,
bahaya narkoba”
g) Persiapan
tampil di acara wisuda
|
Pilihan
|
|
- Jurnalistik
|
Sabtu
|
12.30 - 14.30
|
a)
Pengertian dan sejarah
singkat jurnalistik.
b)
Kode etik jurnalistik,
c)
Jurnalistik dan sastra.
d)
Peliputan bermetode
ilmiah.
e)
Peliputan selidik
beretika.
f)
Peliputan selidik
bersastra.
g)
Cara menulis berita,
teknik menulis artikel, teknik pengumpulan
berita.
h)
Cara penggunaan perangkat
elektronik pendukung tugas jurnalistik
(kamera digital, alat perekam suara, laptop/ komputer).
i)
Cara penggunaan software
pendukung tugas jurnalistik
|
|
|
- Seni Lukis
|
Sabtu
|
12.30 - 14.30
|
a)
Pengenalan unsur-unsur
melukis (garis, perspektif, komosisi warna)
b)
Prinsip menggambar bentuk
3D
c)
Sketsa dasar
d)
Menggambar bentuk dasar
e)
Membuat gambar tema
lingkungan
|
Pilihan
|
NO
|
EKSTRA
KURIKULER
|
HARI
|
WAKTU
|
TUJUAN
|
KET
|
|
|
|
|
f)
Membuat desain poster
dengan tema (seruan / ajakan mencegah
pencemaran dan kerusakan lingkungan)
g)
Membuat poster dengan
menggunakan kanvas sesuai dengan
desain yang sudah dibuat |
|
|
- Paduan Suara
|
Sabtu
|
12.30 - 14.30
|
a)
Melatih peserta didik
tentang Pernafasan
b)
Melatih peserta didik
tentang Vokal suara
c)
Melatih peserta didik
menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan
Mengheningkan Cipta, Lagu Nasional (Syukur, Terima Kasihku, Rayuan Pulau Kelapa, Desaku)
d)
Melatih peserta didik
menyanyikan Yel-Yel Adiwiyata
e)
Persiapan peserta didik
untuk mengisi acara di wisuda
|
Pilihan
|
|
- KCL
|
Sabtu
|
12.30 - 14.30
|
a)
pelaksanaan kerja bakti
massal yang melibatkan peran warga
Sekolah
b)
Pelaksanaan pemilahan sampah
di bak sampah
c)
Pelaksanaan pembuatan
pupuk kompos
d)
Pelaksanaan penataan
taman sekolah
e)
Penyebaran pamflet /
brosur berkaitan dengan masalah kebersihan
lingkungan, kesehatan dan lingkungan hidup
f)
Pengelolaan Bank Sampah
g)
Sebagai Green Police di
lingkungan sekolah
h)
Workshop CINTA bumi
|
Pilihan
|
|
- Tari
|
Sabtu
|
12.30 - 14.30
|
a)
Pengenalan sejarah Tari
di Indonesia
b)
Gerakan-gerakan tari
c)
Materi Tari:
1) Tari Tanem Tuwuh
Tarian yang menceritakan anak-anak
sedang menanam pohon
secara bersama-sama sebagai bukti karakter yang peduli terhadap lingkungan
2) Tari Guyub Rukun
Tarian yang menggambarkan
anak-anak dengan guyub dan
rukun bekerja sama untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata yang peduli terhdap kelestarian lingkungan
3) Tari merak
|
Pilihan
|
NO
|
EKSTRA
KURIKULER
|
HARI
|
WAKTU
|
TUJUAN
|
KET
|
|
|
|
|
|
|
|
- Al Banjari
|
|
insidental
|
a)
Teknik Vokal
b)
Teknik pukulan dasar dan
pukulan kombinasi
c)
Teknik penyaduran syair
lagu dengan dikaitkan pada tema
lingkungan seperti lagu: kiamat (nasydaria), kelahiran rosul, Lagu
Pop Qasidah Bimbo “Alam Nusantara”
d)
Penataan kostum
penampilan menggunakan bahan ramah
alam/bahan bekas |
Pilihan
|
|
- Seni baca
A1-Qur'an |
|
insidental
|
a)
Mengembangkan seni baca
A1-Qur'an
b)
Mempelajari teknik
pernafasan, Makhroj
c)
Vokal
d)
Pembacaan ayat suci Al -
Qur’an tentang lingkungan
1.
Surah Al A’raf [7] Ayat
56-58 tentang Peduli Lingkungan
2.
Surat Ar Rum [30] ayat
41-42 tentang Larangan Membuat
Kerusakan di Muka Bumi
3.
Surat Al-Qashash [28],
ayat 77 tentang larangan merusak bumi
4.
Surat Al-An’am [6], ayat
38 tentang pelestarian satwa
|
Pilihan
|
|
Bimbingan
prestasi
OSN
|
|
|
a.
Melatih peserta didik
berpikir kritis dan bernalar tinggi
b.
Melatih peserta didik
terampil dalam mengerjakan soal-soal lomba
dan soal pemecahan masalah
c.
Mengikutsertakan peserta
didik dalam kegiatan OSN
|
Pilihan
|
|
- Matematika
|
|
Insidentil
|
Pilihan
|
|
|
- IPA
|
|
Insidentil
|
Pilihan
|
|
|
- IPS
|
|
Insidentil
|
Pilihan
|