Muatan Lokal

a.   Jenis dan strategi muatan lokal yang dilaksanakan instruksi Dinas
Pendidikan Kab. Bamara
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi
yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan
daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain
dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.
Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah, tidak terbatas pada mata
pelajaran seni-budaya dan keterampilan, tetapi juga mata pelajaran lainnya,
seperti Pendidikan Lingkungan Hidup. Muatan lokal merupakan mata pelajaran,
sehingga sekolah harus mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi
dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Sekolah dapat
menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester, atau dua
mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.
Muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah (Kabupaten Bamara) dan
diterapkan di SMP Nusantara adalah :
MATA PELAJARAN
KELAS DAN ALOKASI
WAKTU
KET
VII
VIII
IX
1. Bahasa Daerah
2
2
2
• Bahasa Daerah untuk
kelas VII dan VIII
terintegrasi pada mata
pelajaran Seni Budaya
dan Prakarya





Mata pelajaran Bahasa Daerah bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1.   Berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan bahasa
daerah (Jawa) baik dengan teman sebaya maupun dengan orang yang
lebih tua untuk mewujudkan karakter yang berbudi pekerti luhur.
2.   Menghargai dan bangga menggunakan bahasa bahasa daerah (Jawa)
serta untuk melestarikannya sebagai kekayaan budaya daerah
3.   Memahami bahasa daerah (Jawa) dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan diantaranya berupa karya sastra yang
berupa geguritan, parikan, tembang dll yang memuat upaya perlindungan
dan pengelolaan lingkungan hidup dan P4GN (Pencegahan,
Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba)
Mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.   Menumbuh kembangkan karakter peduli terhadap kelestarian lingkungan
2.   Melakukan tindakan atau upaya untuk mencegah pencemaran dan
kerusakan lingkungan di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat
tinggal seperti pengolahan sampah, penghijauan, recycle dll
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

KELAS VII

1
Mengapresiasi dongeng yang
diperdengarkan.
1.1    Menemukan isi dan pesan
dongeng
1.2    Memberikan tanggapan
relevansi isi dan pesan dongeng
dengan situasi sekarang
2
Mengungkapkan berbagai
informasi dan melalui
wawancara
2.1     Berwawancara dengan nara
sumber dari berbagai kalangan
dengan memperhatikan
tatakrama
2.2     Menyampaikan laporan hasil
wawancara
3
Membaca ragam teks sastra dan
non sastra dengan berbagai
teknik
3.1     Menemukan pokok pikiran
dengan cara membaca cepat
minimal 50 kata permenit
3.2     Mengungkapkan isi guritan
dengan cara membaca ekspresif
3.3     Melagukan tembang dolanan
4
Mengungkapkan pikiran,
perasaan dan gagasan dalam
bentuk narasi sederhana dengan
huruf latin dan huruf Jawa
4.1     Membuat kalimat menggunakan
kata berawalan anuswara dan
tripurusa.
4.2     Menulis huruf jawa, ater-ater
anuswara dan tripurusa
5
Memahami cerita anak atau
wacan bocah melalui kegiatan
mendengarkan.
5.1     Menemukan tema dan pesan
cerita anak atau wacan bocah
yang diperdengarkan.
5.2     Melanjutkan cerita anak sesuai
dengan imajinasi


NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
6
Mengungkapkan berbagai
informasi dan pesan secara
langsung
6.1 Menyampaikan pesan secara
lisan menggunakan ragam
Bahasa Jawa dengan baik dan
benar
7
Memahami ragam teks berhuruf
latin dan jawa dengan tehnik
membaca cepat dan membaca
Ekspresif.
7.1     Menyimpulkan isi suatu teks
berhuruf jawa dengan cara
membaca cepat
7.2     Membaca bacaan pacelathon
dengan penuh penghayatan
8
Mengungkapkan
pikiran,gagasan,pendapat, dan
perasaan melalui kegiatan
menulis kreatif.
8.1     Membuat paragraf
menggunakan basa rinengga
(purwakanthi,paribasan Ian
bebasan)
8.2     Membuat parikan dengan
memperhatikan ciri dan kaidah
penulisan

KELAS VIII

1
Memahami unsur instrinsik
tembang Macapat melalui
kegiatan mendengarkan.
1.1. Menyebutkanjenis tembang
Macapat dan cirri- cirinya.


1 .2 Menemukan isi, pesan yang
terkandung dalam tembang
Macapat.
2
Mengungkapkan pikiran dengan
bermain peran dan perasaan
Bermain peran sesuai dengan naskah
3
Memahami teks melalui
kegiatan membaca intensif
3.1 . Menemukan kalimat tunggal
dan kalimat majemuk dalam
bacaan


3.2 Menemukan gagasan utama
dalam teks dengan membaca
cepat
4
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan dan
informasi dalam bentuk surat
dan semboyan / sesanti dengan
huruf latin dan hurufjawa.
4.1 . Menulis surat pribadi dengan
menggunakan ragam bahasa
Jawa yang baik dan benar.


4.2. Menulis semboyan / sesanti
dengan huruf latin dan huruf
Jawa.
5
Memahami unsur intrinsik dalam
cerita fiksi (cerpen) yang
dibacakan.
5.1. Menjelaskan tema dan latar
cerita fiksi


5.2. Mengidentifikasi karakter tokoh
dalam cerita fiksi.
6
Mengungkapkan pengalaman
melalui kegiatan bercerita
Menceritakan riwayat hidup
tokoh/pahlawan yang diidolakan
7
Memahami ragam teks dengan
cara membaca
memindai/scaniing atau
membaca cepat
7.1 Menemukan isi secara tepat dari
teks cerita wayang melalui
kegiatan membaca


7.2. Menemukan informasi secara


NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR


cepat teks berhuruf jawa
minimal
8
Mengungkapkan kembali isi
cerita fiksi dengan cara
meringkas
8.1 Menulis ringkasan / sinopsis
cerita fiksi


8.2 Menulis cerkak berdasarkan
pengalaman pribadi

KELAS IX

1
Mengapresiasi cerita wayang
yang di
perdengarkanperdengarkan
1.1 Menemukan isi dan pesan dari
cerita wayang


1.2 Mengenal karakter tokoh-tokoh
dalam cerita wayang.


1.3 Menunjukan relevansi cerita
wayang dengan situasi sekarang
2
Mengungkapkan perasaan,
pikiran, informasi dan gagasan
dalam berpidato dan berdiskusi
2.1 Berpidatolberceramah
memberikan sambutan dalam
berbagai keperluan dengan
tema lingkungan.
3
Membaca ragam teks dengan
cara membaca intensif dan
membaca cepat.
3.1 Menemukan informasi dari
beberapa artikel, majalah
melalui kegiatan membaca
insentif


3.2 Menemukan gagasan utama
suatu teks berhuruf Jawa
dengan membaca cepat 15 kata
permenit
4
Mengungkapkan perasaan,
pikiran dan informasi dalam
bentuk tembang
4.1 Membuat tembang macapat
sesuai dengan kaidah
5
Mengapresiasi pementasan
drama tradisional.
5.1 Menemukan isi dan pesan
pementasan drama tradisional.


5.2 Menanggapi pementasan drama
tradisional
6
Mengungkapkan gagasan,
perasaan dan harapan melalui
6.1 Berdoa dengan menggunakan
ragam bahasa sesuai dengan
harapan
7
Memahami ragam teks non
sastra dengan cara membaca
ekstensif nyaring
7.1 Membaca teks berita dengan
intonasi, mimik yang tepat


7.2 Membaca teks berita dan
pengumuman dengan intonasi,
mimik yang tepat
8
Mengungkapkan perasaan,
gagasan dan
8.1 Menulis geguritan tentang
pengalaman pribadi.

informasi serta pengalaman
dalam prosa dan puisi.
8.2 Menulis berita dengan
hurufjawa.


Pengembangan diri adalah merupakan pelayanan bantuan untuk peserta didik
baik individu maupun kelompok agar berkembang secara optimal dalam hubungan
pribadi, sosial, belajar, dan karir, melalui proses pembiasaan, pemahaman diri dan
lingkungan untuk mencapai kesempurnaan perkembangan diri.
Tujuan pengembangan diri adalah membantu memandirikan peserta didik
dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mmengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minatnya. Kegiatan
pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, praktisi,
atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan
kepala sekolah. Pola Pelaksanaan pengembangan diri dalam kegiatan
pembiasaan:
a)     Spontan: Kerja bakti, Bakti sosial, takziah, membiasakan 5 S 1P ( Senyum,
Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Peduli lingkungan ), membuang sampah
pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat
b)     Rutin: Membaca do'a, membaca surat pendek bersama-sama setiap awal dan
akhir pelajaran, ibadah khusus keagamaan bersama, SKJ, pemeliharaan
kebersihan dan kesehatan diri, Sholat Duha, sholat dhuhur berjama'ah dan
upacara bendera
c)     Keteladanan: berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji
kebaikan dan keberhasilan orang lain, disiplin, datang tepat waktu.
d)     Terprogram
        Peringatan hari besar Nasional dan agama
        Latihan dasar kepemimpinan
        kegiatan ekstrakurikuler dan Bimbingan Konseling ( BK)
Kegiatan Ekstrakurikuler atau Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik
sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri dibawah bimbingan
konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain
melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi
dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta
kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-
budaya, kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
Ekstrakurikuler di SMP Nusantara terdiri dari:
1.     Ekstrakurikuler wajib adalah Kegiatan Ekstrakurikuler yang wajib
diselenggarakan oleh SMP Nusantara dan wajib diikuti oleh seluruh peserta
didik.


Bentuk Kegiatan Ekstrakurikulernya berupa Kepramukaan
NO
EKSTRA
KURIKULER
HARI
WAKTU
TUJUAN
KET
1
Pramuka
Jum'at
14.30- 16.30
1)    Mengembangkan jiwa kepemimpinan pada peserta didik.
2)    Sebagai wadah berlatih organisasi.
3)    Melatih peserta didik agar terampil dan mandiri.
4)    Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain.
5)    Melatih peserta didik untuk menyelesaikan masalah dengan cepat
dan tepat.
6)    Mengenalkan beberapa usaha pelestarian alam, sikap ramah
terhadap lingkungan, kebiasaan diri hidup bersih dan sehat.
Wajib

2.      Kegiatan Ekstrakurikuler pilihan adalah Kegiatan Ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh SMP Nusantara
dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.
NO
EKSTRA
KURIKULER
HARI
WAKTU
TUJUAN
KET
1






Palang Merah
Remaja (PMR)
Selasa
14.00-16.00
a)    Peserta didik dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan
pengetahuan dan keterampilan kepalang merahan yang
diwujudkan dalam kegiatan Tri Bakti PMR
b)    para anggota PMR akan menjadi teladan di lingkungannya (peer
leader) serta kader dan relawan PMI di masa mendatang
c)    Melatih praktik PPPK
d)    Mengembangkan jiwa sosial dan peduli kepada orang lain
e)    Peserta didik mengetahui Kebersihan dan Kesehatan diri serta
tata cara melakukan Pertolongan Pertama (PP)
f)     Pengenalan obat-obatan dan pembidaian
Pilihan

Paskibraka
Sabtu
12.00-13.30
a)    Melatih kedisiplinan
b)    Mengembangkan cinta tanah air/nasionalisme
c)    Mempersiapkan peserta didik untuk menjadi petugas upacara yang
baik
Pilihan
2
KIR
Sabtu
12.00- 13.30
a)    Meningkatkan kompetensi berfikir kritis dan lancar berkomunikasi.
b)    Mempersiapkan peserta didik menghasilkan karya ilmiah agar dapat
Pilihan


NO
EKSTRA
KURIKULER
HARI
WAKTU
TUJUAN
KET




berprestasi baik tingkat daerah maupun nasional.
c)    Membekali peserta didik dengan sikap ilmiah misalnya jujur, rasa
ingin tahu, kreatif, berfikir kritis dan analitis
d)    Mengembangkan langkah - langkah ilmiah dalam menyelesaikan
suatu masalah
e)    Melestarikan lingkungan melalui implementasi hasil penelitian (hasil
KIR)

3

1. Olahraga:


a.   Melatih peserta didik terampil dalam bidang olahraga
b.   Menyiapkan peserta didik dalam kegiatan O2SN
c.   Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan O2SN


- Futsal
Kamis
14.30 - 16.00
Pilihan

- Jujitsu
Rabu
14.30 - 16.00
Pilihan

2. Seni Budaya


a.   Melatih peserta didik terampil dalam bidang seni
b.  Menyiapkan            peserta didik dalam kegiatan LFS2
c.  Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan LFS2N


- Recycle
Selasa
14.00-15.30
a)    Pengenalan jenis-jenis kerajinan tangan
b)    Pembuatan kerajinan dari bahan dasar sampah anorganik (plastik,
kertas, kaleng, kemasan minuman)
c)    Pembuatan kerajinan dari bahan dasar sampah organik (daun
kering, biji-bijian)
d)    Pengolahan sampah membuat pupuk kompos
e)    Pengepakan hasil kerajinan
Pilihan

- Membatik
Sabtu
12.00-14.00
a)     Melatih peserta didik tentang membatik,
b)     Melatih peserta didik tentang membuat desain batik
c)     Melatih peserta didik untuk membuat kreasi hasil karya batik yang
memanfaatkan pewarna alam
Pilihan

- Seni Patrol

Insidentil
a)    Mengembangkan budaya daerah           Pilihan
b)    Melatih peserta didik terampil dalam bidang seni patrol
Pilihan


NO
EKSTRA
KURIKULER
HARI
WAKTU
TUJUAN
KET




c)    Pengenalan nada dasar
d)    Melatih peserta didik terampil dalam memainkan Lagu Mars
SPENDAC, Lagu yel-yel adiwiyata SMP Nusantara
e)    Melatih peserta didik membuat alat musik patrol dengan bahan
dasar sampah anorganik atau organik (recycle)
f)     Pelatihan gerakan / tarian, blocking di atas pentas
g)    Latihan-latihan persiapan acara wisuda


- Monolog/
Teater
Rabu
14.00 - 15.30
a)    Pengantar Umum (Unsur-unsur drama)
b)    Pelatihan Dasar I ( Pernafasan, Vokal, Mimik, Ekspresi, Intonasi
dan pengembangan Dialog)
c)    Pelatihan Dasar 2 (Pengembangan karakter, bloking)
d)    Akting dasar
e)    Menyusun naskah drama/teatrikal bertema “lingkungan, bahaya
narkoba”
f)     Memainkan peran (Praktek Teater/drama) bertema “lingkungan,
bahaya narkoba”
g) Persiapan tampil di acara wisuda
Pilihan

- Jurnalistik
Sabtu
12.30 - 14.30
a)    Pengertian dan sejarah singkat jurnalistik.
b)    Kode etik jurnalistik,
c)    Jurnalistik dan sastra.
d)    Peliputan bermetode ilmiah.
e)    Peliputan selidik beretika.
f)     Peliputan selidik bersastra.
g)    Cara menulis berita, teknik menulis artikel, teknik pengumpulan
berita.
h)    Cara penggunaan perangkat elektronik pendukung tugas jurnalistik
(kamera digital, alat perekam suara, laptop/ komputer).
i)      Cara penggunaan software pendukung tugas jurnalistik


- Seni Lukis
Sabtu
12.30 - 14.30
a)   Pengenalan unsur-unsur melukis (garis, perspektif, komosisi warna)
b)   Prinsip menggambar bentuk 3D
c)   Sketsa dasar
d)   Menggambar bentuk dasar
e)   Membuat gambar tema lingkungan
Pilihan


NO
EKSTRA
KURIKULER
HARI
WAKTU
TUJUAN
KET




f)    Membuat desain poster dengan tema (seruan / ajakan mencegah
pencemaran dan kerusakan lingkungan)
g)   Membuat poster dengan menggunakan kanvas sesuai dengan
desain yang sudah dibuat


- Paduan Suara
Sabtu
12.30 - 14.30
a)    Melatih peserta didik tentang Pernafasan
b)    Melatih peserta didik tentang Vokal suara
c)    Melatih peserta didik menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan
Mengheningkan Cipta, Lagu Nasional (Syukur, Terima Kasihku,
Rayuan Pulau Kelapa, Desaku)
d)    Melatih peserta didik menyanyikan Yel-Yel Adiwiyata
e)    Persiapan peserta didik untuk mengisi acara di wisuda
Pilihan

- KCL
Sabtu
12.30 - 14.30
a)   pelaksanaan kerja bakti massal yang melibatkan peran warga
Sekolah
b)   Pelaksanaan pemilahan sampah di bak sampah
c)   Pelaksanaan pembuatan pupuk kompos
d)   Pelaksanaan penataan taman sekolah
e)   Penyebaran pamflet / brosur berkaitan dengan masalah kebersihan
lingkungan, kesehatan dan lingkungan hidup
f)    Pengelolaan Bank Sampah
g)   Sebagai Green Police di lingkungan sekolah
h)   Workshop CINTA bumi
Pilihan

- Tari
Sabtu
12.30 - 14.30
a)   Pengenalan sejarah Tari di Indonesia
b)   Gerakan-gerakan tari
c)   Materi Tari:
1)  Tari Tanem Tuwuh
Tarian yang menceritakan anak-anak sedang menanam pohon
secara bersama-sama sebagai bukti karakter yang peduli
terhadap lingkungan
2)  Tari Guyub Rukun
Tarian yang menggambarkan anak-anak dengan guyub dan
rukun bekerja sama untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata yang
peduli terhdap kelestarian lingkungan
3)  Tari merak
Pilihan


NO
EKSTRA
KURIKULER
HARI
WAKTU
TUJUAN
KET




Tari Merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi baru
yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burung merak


- Al Banjari

insidental
a)    Teknik Vokal
b)    Teknik pukulan dasar dan pukulan kombinasi
c)    Teknik penyaduran syair lagu dengan dikaitkan pada tema
lingkungan seperti lagu: kiamat (nasydaria), kelahiran rosul, Lagu
Pop Qasidah Bimbo “Alam Nusantara”
d)    Penataan kostum penampilan menggunakan bahan ramah
alam/bahan bekas
Pilihan

- Seni baca
A1-Qur'an

insidental
a)    Mengembangkan seni baca A1-Qur'an
b)    Mempelajari teknik pernafasan, Makhroj
c)    Vokal
d)   Pembacaan ayat suci Al - Qur’an tentang lingkungan
1.    Surah Al A’raf [7] Ayat 56-58 tentang Peduli Lingkungan
2.    Surat Ar Rum [30] ayat 41-42 tentang Larangan Membuat
Kerusakan di Muka Bumi
3.    Surat Al-Qashash [28], ayat 77 tentang larangan merusak bumi
4.    Surat Al-An’am [6], ayat 38 tentang pelestarian satwa
Pilihan

Bimbingan
prestasi OSN


a.   Melatih peserta didik berpikir kritis dan bernalar tinggi
b.   Melatih peserta didik terampil dalam mengerjakan soal-soal lomba
dan soal pemecahan masalah
c.   Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan OSN
Pilihan

- Matematika

Insidentil
Pilihan

- IPA

Insidentil
Pilihan

- IPS

Insidentil
Pilihan