Prakarya soal kelas x dan kunci jawaban

1.    Orang yang ingin menjadi wirausahawan harus memiliki ide kreatif yang asli dan murni dari dirinya, bukan dari orang lain atau hasil dari plagiarism. Pengertian tersebut merupakan salah satu karakter kewirausahaan yaitu  . . . .
A.    Keorisinilan
B.    jujur dan tekun
C.   memiiki rasa percaya diri
D.   berani mengambil resiko
E.    memiliki jiwa kepemimpinan

2.    Produk yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dan keterampilan berfikir dalam mengolah suatu bahan atau material sehingga menghasilkan estetika atau keindahan sekaligus fungsi tertentu adalah pengertian dari . . . . .
A.    second product
B.    handicraft
C.   refill product
D.   enterpreneur
E.    uprade product

3.    Jenis kerajinan yang dibuat dari bahan alami dan sintetis yang bisa dibuat untuk perabotan rumah tangga seperti meja dan kursi merupakan hasil dari kerajinan . . . . .
A.    batik
B.    tenun
C.   wayang
D.   ukir
E.   topeng

4.    Berbisnis wayang memiliki prospek yang cukup besar karena pesaingnya terbilang sedikit dan  penggemar wayang bukan hanya dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dalam perencanaan usaha termasuk dalam . . . .
A.    ide dan peluang usaha
B.    sumber daya
C.   zat pewarna
D.   administrasi
E.    pemasaran

5.    Langkah - langkah pembuatan topeng kayu :
(1)    Siapkan bahan baku berupa kayu
(2)    Setelah diukir aluskan kayu dengan ampelas
(3)    Potong kayu sesuai ukuran yang akan di gergaji
(4)    Finishing, yaitu pemberian warna pada topeng karakter
(5)    Ukir pola dasar untuk membentuk mata, hidung, mulut dan motif lainnya
Urutan yang benar langkah-langkah dalam pembuatan topeng adalah . . . .
A.    (1), (2), (3), (4), dan (5)
B.    (1), (3), (5), (2), dan (4)
C.   (1), (3), (2), (5), dan (4)
D.   (3), (5), (1), (2), dan (4)
E.    (4), (2), (1), (5), dan (3)




6.    Berikut ini yang merupakan langkah terakhir dalam proses pembuatan batik tulis adalah . . . .
A.    merebus kain yang telah berubah warna dengan menggunakan air panas (glorot)
B.    melubang atau memotong motif menjadi tembus (menyekrol)
C.   memasang gapitan atau tuding agar dapat digunakan
D.   membuat desain pada batik (molani)
E.    menghilangkan lilin pada kain yang masih menempel

7.    Industri kerajinan rotan dalam satu kali proses produksi bisa menghasilkan 25 piring anyaman dengan total biaya produksi Rp. 137.500,00. Harga Pokok Produksinya per unit adalah . . . .
A.    Rp. 3.500,00
B.    Rp. 4.000,00
C.   Rp. 4.500,00
D.   Rp. 5.000,00
E.    Rp. 5.500,00

8.    Biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk disebut dengan . . . .
A.    Full coasting
B.    Variable coasting
C.   Biaya produksi
D.   Biaya non produksi
E.    Break even point

9.    Perhatikan data berikut !
1.    Konsumen
2.    Lingkungan
3.    Usia
4.    Pendidikan
5.    Selera
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pemasaran produk adalah . . . .
A.    1,2,dan 3
B.    1,2, dan 4
C.   1,3, dan 4
D.   2,3, dan 4
E.    3,4, dan 5

10.  Segmentasi pasar perlu diadakan sebelum barang sampai kepada konsumen. Tujuan diadakannya segmentasi pasar oleh produsen adalah . . . .
A.    memperoleh laba
B.    memperoleh rugi
C.    mencari bahan baku
D.    menambah kerugian
E.    mencari tambahan bahan baku

11.  Proses evaluasi usaha merupakan proses yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Bagi seorang enterpreneur , manfaat evaluasi dan monitoring usaha adalah . . . .
A.    mencari kelemahan usaha pesaing
B.    mendapatkan tambahan dari usaha yang lain
C.   mendapatkan cara untuk mengalahkan usaha pesaing
D.   sebagai sarana belajar dan proses meng-upgrade diri
E.    sebagai sarana mencari peluang dan ancaman hidup

12.  Indikator kegiatan usaha yang sehat atau berhasil biasanya ditandai dengan tepatnya pemilihan terhadap kebutuhan atau selera, biaya, kenyamanan dan komunikasi dengan konsumen serta pemilihan SDM yang tepat. Dalam hal ini berarti hal yang perlu dievaluasi adalah . . . .
A.    kondisi keuangan
B.    kondisi pasar
C.   kemajuan usaha
D.   kepemimpinan diri sendiri
E.    kebutuan pasar
13.  Ada dua faktor yang melatar belakangi seseorang untuk berwirausaha, antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Berikut ini yang termasuk faktor eksternal adalah . . . .
A.    pendapatan dan perasaan senang
B.    lingkungan keluarga dan harga diri
C.   pendapatan dan pendidikan
D.   keluarga dan harga diri
E.    masyarakat dan peluang pendidikan

14.  Seorang wirausaha mempunyai visi bagaimana keinginannya terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya dan yang terpenting memiliki keinginan untuk mewujudkan impian. Menurut Bygrave hal ini disebut dengan . . . .
A.    dream
B.    decisiveness
C.   dedication
D.   details
E.    dollars

15.  Berikut ini yang merupakan manfaat transportasi dalam bidang fisik adalah . . . .
A.    mempersingkat waktu tempuh antara rumah dengan tempat bekerja
B.    pelayanan kepada masyarakat dapat dikembangkan atau dapat diperluas secara merata
C.   sebagai pertukaran tau penyampaian informasi
D.   mendukung perkembangan kota dan wilayah sebagai sarana penghubung
E.    mendukung perluasan kota dan penduduk menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil

16.  Perhatikan data berikut !
1.    SDM harus optimal dengan sarana moderen
2.    Penanganan barang secara aman, tapat dan selamat
3.    Penanganan dan pendalama kemampuan harus continue
Hal tersebut dalam logistik termasuk dalam . . . .
A.    pengertian logistik
B.    sifat dan manajemen logistik
C.   aktivitas logistik
D.   fungsi logistic
E.    tujuan logistic

17.  Produk teknologi transportasi yang kegiatan utamanya memproduksi kapal perang, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan adalah . . . .
A.    kapal laut
B.    pesawat
C.   kereta api
D.   truck
E.    pape line

18.  Bagian dalam produksi pesawat yang bertugas untuk merakit pesawat bersayap tetap dan proses perakitannya sama seperti rotary wing  adalah . . . .
A.    gudang penyimpanan
B.    pre-cutting
C.   fixed wing
D.   fabrikasi
E.    rotary wing

19.  Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga merupakan salah satu faktor marketing mix, yang merupakan unsur dari marketing mix adalah . . . .
A.    product, place, presentation, price
B.    place, product, presentation, promotion
C.   promotion, product, presentation, place
D.   product, price, place, promotion
E.    presentation, promotion, place, product
20.  Keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperolehh faktor produksi variabel adalah . . . .
A.    TFC
B.    TVC
C.   VC
D.   AVC
E.    AFC

21.  Keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan  dalam analisis SWOT disebut dengan . . . . .
A.    kekuatan
B.    peluang
C.   ancaman
D.   kerjasama
E.    kelemahan

22.  Dalam strategi pemasaran, salah satu faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan adalah siklus daur hidup produk. Tahap-tahap siklus daur hidup produk terdiri dari . . . .
A.    tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, tahap kemunduran
B.    tahap persiapan, tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan
C.   tahap persiapan, tahap pertumbuhan, tahap promosi, tahap kemunduran
D.   tahap promosi, tahap perkenalan, tahap kemunduran, tahap pertumbuhan
E.    tahap kemunduran, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, tahap kemandirian

23.  Proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih semen yang akan dilayani disebut dengan . . . .
A.    segmentasi pasar
B.    diferensiasi pasar
C.   target pasar
D.   posisi pasar
E.    diversifikasi pasar

24.  Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk yang lainnya di pasar, konsumen tidak akan memiliki alasan untuk membeli produk tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu diadakan . . . .
A.    segmentasi pasar
B.    target pasar
C.   klasifikasi pasar
D.   transaksi pasar
E.    diferensiasi dan posisi pasar

25.  Sifat dan tingkah laku yang khas dari wirausahawan yang membedakan dengan orang lain adalah . . . .
A.    karakteristik
B.    bakat
C.   kemampuan
D.   kreatifitas
E. kharismatik


1
A
11
D
2
B
12
E
3
D
13
E
4
A
14
A
5
B
15
D
6
A
16
B
7
E
17
A
8
C
18
C
9
A
19
D
10
A
20
B