Perusahaan Dagangm, ciri-ciri dan jenisnya

Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatannya melakukan membeli, menyimpan, menjual kembali barang-barang dagang serta tak memberi nilai tambah terhadapnya. Peristiwa tersebut nilai tambahnya adalah seperti mengolah serta mengubah sifat atau bentuk barang asli sedemikian rupa sehingga barang itu mempunyai nilai jual yang tinggi.
Dalam operasionalnya, perusahaan dagang memproduksi pendapatan namun pendapatan yang diambil asalnya dari transaksi jual beli barang. Kegiatan utama perusahaan dagang adalah melakukan jual beli barang dagang yang berupa bahan baku, bahan setengah jadi dan barang jadi. Barang yang di perjual belikan terdiri dari hasil pertanian, perkebunan, hutan serta barang hasil industri olahan atau manufaktur.

Ciri-ciri Perusahaan Dagang

1. Bentuk Produk yang Diperjuabelikan

Dalam perusahaan dagang, produk yang dijual belikan ialah sebuah barang yang berujud (tangible) sehingga dapat diindra. Misalnya mebel, pesawat radio, beras dan lain sebagianya. Pada perusahaan jasa produk yang dijual belikan ialah jasa dengan ciri-ciri dari jasa merupakan tak berwujud (intangilble).

2.Tidak Adanya suatu Perubahan Bentuk atau Sifat dari Produk Yang di Dagangkan

Aktivitas utama perusahaan dagang ialah membeli serta menjual barang dagang tanpa adanya perubahan atau menambah bentuk sifatnya.

3. Akun-Akun Khusus

Ada beberapa akun-akun khusus yang diambil perusahaan dagang, misalnya pada akun harga pokok penjualan, persediaan barang dagang, potongan serta retur penjualan dsb.

4. Penghitungan Laba/Rugi

Pola penghitungan laba atau rugi perusahaan dagang beda dengan sebuah perusahaan jasa, karena ada akun-akun khusus. Dalam sebuah perusahaan jasa, laba diambil dengan cara mengurangi pendapatan dengan beban.

Jenis Perusahaan Dagang

1. Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan

  • Perusahaan Dagang Barang Produksi
Perusahaan Dagang Barang Produksi ialah perusahaan yang kegiatan dagangnya berupa produk bahan baku (raw material) guna bahan dasar membuat produk atau alat-alat produksi berfungsi menghasilkan produk lain, Misalnya kayu gelondongan dan mesin gergaji.
  • Perusahaan Dagang Barang Jadi
Perusahaan Dagang Barang Jadi ialah perusahaan yang kegiatan dagangnya berupa produk final (final good) yang sudah siap digunakan untuk konsumsi manusia. Misalnya Buku, sepatu, sendal, TV LED, Komputer, PC dll

2. Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat

  • Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler)
Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler) adalah perusahaan yang kegiatannya melakukan pembelian produk dari pabrik dengan jumlah yang sangat besar secara langsung. Perusahaan itu lalu menjual barang tersebut ke beberapa pedagang dengan perantara yang volume penjualan yang lumayan besar. Contohnya grosir
  • Perusahaan Dagang Perantara (Middlemane)
Perusahaan Dagang Perantara (Middlemane) adalah perusahaan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar lalu dijual kembali ke pengecer dalam jumlah yang sedang atau tidak banyak Contohnya perusahaan dagang besar ialah subgrosir.
  • Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer)
Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer) adalah perusahaan yang mempunyai hubungan langsung dengan konsumen dimana konsumen bisa membeli secara eceran maupun ketengan. Misalnya warung, kios, minimarket, toserba, toko swalayan dll.

Contoh Perusahaan Dagang

  • Toko bahan bangunan.
  • Toko sembako.
  • Toko peralatan tulis.
  • Dealer motor.