Melakukan percobaan bagi anak-anak PAUD adalah suatu aktivitas yang sangat menyenangkan. Karena dengan melakukan percobaan atau eksperimen, anak-anak bisa mengamati suatu peristiwa yang menurut mereka aneh, lucu, atau mengagumkan dalam wujud yang nyata.
Kali ini Kak Zepe akan memandu cara melakukan suatu percobaan yang membuktikan suatu sifat air, yaitu mampu meresap ke dalam celah yang kecil. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan kapilaritas. Biasanya percobaan ini dilakukan dengan media tisu. Seperti kita tahu, tisu sangat mudah menyerap air daripada kertas, kain, apalagi sayur-sayuran.
Nah… Melalui artikel ini, kita akan belajar tentang cara membuktikan sifat air yang mampu meresap ke dalam celah-celah kecil dengan media yang unik. Apa itu?
Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan ini:
1. Beberapa lembar sawi putih: sebagai media pembuktian peristiwa kapilaritas air (pengganti media tisu).
2. Pewarna makanan: agar peristiwa meresapnya air bisa terlihat lebih nyata dan menarik.
3. Air: nantinya air yang dicampur dengan pewarna akan meresap ke dalam media sawi putih.
4. Gelas: sebagai tempat untuk menempatkan air yang berwarna.
1. Beberapa lembar sawi putih: sebagai media pembuktian peristiwa kapilaritas air (pengganti media tisu).
2. Pewarna makanan: agar peristiwa meresapnya air bisa terlihat lebih nyata dan menarik.
3. Air: nantinya air yang dicampur dengan pewarna akan meresap ke dalam media sawi putih.
4. Gelas: sebagai tempat untuk menempatkan air yang berwarna.
Berikut ini adalah tutorial dalam melakukan percobaan ini:
– Siapkan gelas di atas meja.
– Isi gelas dengan air, dengan takaran setengah penuh (dari ukuran gelas).
– Teteskan pewarna makanan ke dalam gelas. Semakin banyak tetesan pewarna, maka warna akan semakin pekat. Semakin pekat warna, akan semakin baik dan jelas.
– Potonglah bagian bawah sawi putih agar pori-pori tempat masuknya air semakin terbuka.
– Rendamlah sawi ke dalam gelas.
– Mintalah anak-anak mengamati perubahan warna yang terjadi pada sawi. Jangan lupa untuk mendokumentasikan peristiwa ini dengan kamera atau kamera handphone.
– Siapkan gelas di atas meja.
– Isi gelas dengan air, dengan takaran setengah penuh (dari ukuran gelas).
– Teteskan pewarna makanan ke dalam gelas. Semakin banyak tetesan pewarna, maka warna akan semakin pekat. Semakin pekat warna, akan semakin baik dan jelas.
– Potonglah bagian bawah sawi putih agar pori-pori tempat masuknya air semakin terbuka.
– Rendamlah sawi ke dalam gelas.
– Mintalah anak-anak mengamati perubahan warna yang terjadi pada sawi. Jangan lupa untuk mendokumentasikan peristiwa ini dengan kamera atau kamera handphone.
Buatlah percobaan yang sama dengan media pewarna makanan yang beraneka, ada yang merah, biru, oranye, dan lainnya, untuk menambah daya tarik anak dalam mengamati percobaan ini. Anak-anak PAUD akan terlihat sangat kagum saat mengamati perubahan warna yang terjadi pada sawi. Air berwarna akan naik mulai dari bawah, hingga ke bagian atas.
Yang perlu diingat dari percobaan ini adalah bukan untuk membuktikan peristiwa bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Percobaan ini hanya untuk membuktikan bahwa air dapat meresap ke dalam celah-celah yang kecil. Celah kecil ini terdapat pada semua tumbuhan. Kita menggunakan sawi, karena sawi memiliki celah yang lebih besar daripada tanaman lain, sehingga air dapat lebih mudah dan cepat meresap dari bagian bawah hingga ke atas.
Yang perlu diingat dari percobaan ini adalah bukan untuk membuktikan peristiwa bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Percobaan ini hanya untuk membuktikan bahwa air dapat meresap ke dalam celah-celah yang kecil. Celah kecil ini terdapat pada semua tumbuhan. Kita menggunakan sawi, karena sawi memiliki celah yang lebih besar daripada tanaman lain, sehingga air dapat lebih mudah dan cepat meresap dari bagian bawah hingga ke atas.
Sebagai lagu penutup, kita bisa mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu “SIFAT AIR, Karya Kak Zepe” berikut ini:
Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
Juga mengalir menuju ke segala arah
Juga mengalir menuju ke segala arah
Itulah air, bentuknya selalu menyesuaikan ruangannya
Itulah air, menguap bila kita memanasinya.
Itulah air, menguap bila kita memanasinya.
Lagu ini bisa didengarkan dengan klik “LAGU ANAK “SIFAT AIR“”