PILIHAN GANDA DASAR ADMINISTRASI dan kuncinya


PILIHAN GANDA
1.      Kantor merupakan suatu unit organisasi yang terdiri dari tempat personil dan operasi ketatausahaan untuk melakukan kegiatan tulis menulis, berkomunikasi, dan lain-lain. Kegiatan tersebut bertujuan untuk…
a.    Memberikan pelayanan untuk masyarakat
b.    Menyelesaikan tugas yang diberikan atasan
c.    Memenuhi kebutuhan masyarakat
d.    Mendapatkan keuntungan
e.    Merugikan masyarakat
2.      Setiap pemimpin unit memegang wewenang dan tanggung jawab penuh terhadap bidang kerja unitnya merupakan ciri dari bentuk organisasi....
a. staff
b. fungsional
c. garis dan staff
d. fungsional dan garis
e. lini
3.      Pekerjaan kantor meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan warkat-warkat tertulis. Fungsi dari pekerjaan kantor tersebut adalah…
a.    Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
b.    Sebagai bahan pertanggung jawaban
c.    Untuk memberikan penjelasan
d.    Untuk memenuhi tugas-tugas yang diberikan atasan
e.    Mengatur informasi
4.      Bertelpon, korespondensi, chatting dan teleconference merupakan contoh dari jenis pekerjaan kantor…
a.    Melakukan komunikasi                    d. Mengirim
b.    Menghimpun                                      e. Menyimpan
c.    Mencatat     
5.      Kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana kantor sangat beragam, kegiatannya adalah penggandaan tujuan diadakannya kegiatan penggandaan adalah?
a.    Agar barang tidak cepat rusak
b.    Agar tidak terjadi kehilangan
c.    Untuk menujang pelaksanaan tugas kantor
d.    Agar memudahkan dalam pengawasan
e.    Untuk melaksanakan kegiatan kantor
6.      Kegiatan penyimpanan adalah kegiatan menampung hasil pengadaan barang atau bahan kantor baik berasal dari pembelian ataupun diperoleh dari bantuan. Dalam kegiatan penyimpanan ini, orang yang bertugas melakukan kegiatan ini adalah?
a.    Petugas keamanan
b.    Petugas ruangan
c.    Petugas pengadaan
d.    Petugas gudang
e.    Petugas penyimpanan 
7.      Rekrutmen adalah proses usaha untuk mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja yang ada dalam suatu perusahaan. Rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan bersumber dari?
a.    Sumber rekrutmen dan sumber daya manusia.
b.    Sumber higine dan sumber sanitasi
c.    Sumber internal dan sumber eksternal
d.    Sumber lokal dan sumber interlokal
e.    Sumber internal dan sumber interlokal
8.      Personil kantor adalah orang orang atau karyawan yang menjalanka atau melayani pekerjaan pekerjaan kantor. Didalam personil kantor yang bertugas membantu administrator dan manager dalam melaksanakan pekerjaan pekerjaan kantor adalah?
a.    Admistrator atau petugas pelaksana administrasi
b.    Manager
c.    Staf atau pembantu ahli
d.     Worker atau pegawai/ pekerja
e.    Pegawai negeri
9.      Lambang komunikasi yang menggunakan pendengaran disebut…
a.         Lambang komunikasi gerak gerik
b.        Lambang komunikasi mimik
c.         Lambang komunikasi suara
d.        Lambang komunikasi bahasa
e.         Lambang komunikasi khusus
10.  Pengiriman berita atau pesan disebut…
a.       komunikan
b.    komunikator
c.    feedback
d.    media
e.    message
11.  Komunikasi seorang perawat dengan pengunjung pukesmas adalah contoh dari komunikasi…
a.    massa                               d. langsung
b.    kelompok                        e. satu arah
c.    perorangan
12.  Diskusi beregu atau diskusi kelompok untuk memperbincangkan sesuatu masalah disebut…
a.    simposium                      d. kajian
b.    diskusi panel                  e. diskusi kelompok guru
c.    seminar
13.  Transparansi terhadap OHP sebaiknya berupa hal-hal berikut, yang bukan adalah…       
a.     bagan-bagan
b.    grafik
c.    definisi
d.   gambar-gambar
e.    uraian materi
14.  Tulisan yang disampaikan kepada seseorang untuk memberikan pesan / messege dari jarak jauh disebut…
a.    telegram                                  d. surat
b.    laporan                                    e. perjanjian
c.    buku
15.  Berikut beberapa peralatan dalam menerima telepon, kecuali
a.    pesawat telepon                                  d. lembar pesan telepon
b.    kalender meja                                      e. buku gambar
c.    pensil dan ballpoint
16.  Yang bukan merupakan hal-hal yang harus dihindari sekretaris dalam berkomunikasi melalui telepon adalah…
a.       berbicara terlalu banyak basa-basi
b.      berbicara dengan nada kasar atau membentak
c.       memakai bahasa formal
d.      berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon    
e.       berbicara sambil makan sesuatu atau mengunyah permen              
17.  Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri tim yang efektif yaitu…
a.       Setiap anggota memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai
b.      Setiap anggota dapat bertindak atas nama tim
c.       Setiap anggota memiliki komitmen yang sama
d.      Terjalin saling percaya
e.       Adanya komunikasi yang baik
18.  Agar semua kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi, perusahaan harus…
a.       Menjalin komunikasi dengan pelanggan
b.      Bekerja semaksimal mungkin
c.       Selalu melakukan inovasi dan perbaikan mutu produk
d.      Menjalin kerja sama atas sepengetahuan pimpinan
e.       Melakukan komunikasi secara formal
19.  Hal yang tidak boleh dilakukan pada saat menanggapi keluhan pelanggan ialah…
a.       Adil dalam memecahkan masalah
b.      Memberikan kemudahan akses untuk menghubungi perusahaan
c.       Melibatkan emosi dalam menangani masalah
d.      Menanggapi masalah dengan cepat
e.       Memberikan empati atas masalah yang dihadapi pelanggan
20.  Tata cara berias yang sesuai dengan penampilan searasi adalah…
a.       Menggunakan perhiasan sebanyak mungkin untuk menarik perhatian
b.      Menggunakan make up tidak berlebihan dan memakai perhiasan yang sewajarnya
c.       Mengenakan model perhiasan yang trendi
d.      Menggunakan make up tebal dan mengikuti perkembangan mode
e.       Mengenakan model pakaian yang trendi




3. A
4. A
5. C
6. D
7. C
8. C
9. C