soal uasbn seni karawitan budaya dan kunci jawaban


21. Perhatikanlah pupuh tembang dibawah ini !
Anoman malumpat sampun,
Tekeng witing witing nogosari,
Mulat mangandhap katingal,
Wanodya yu kuru aking,
Gelung rusak wor lan kisma,
Kang iga-iga kaeksi.
Jenis tembang diatas adalah tembang yang sering di pakai dalam sulukan dalam pakeliran, termasuk dalam jenis tembang ....
A. sekar
B. macapat
C. tengahan
D. gedhe
E. dolanan

22. Sindhenan merupakan bentuk tembang dalam karawitan yang bentuk penyajiannya bersifat ....
A. metris
B. ritmis
C. srambahan
D. gawan
E. andhegann

23. Untuk menghasilkan kualitas suara dengan intonasi yang jelas pada bunyi vokal “i”,  maka bentuk  olah mulut yang benar adalah....
A. “mlengeh”
B. “mlongo”
C. “mangap”
D. “mecucu”
E. “mringis”

24. Jika kita mensimulasi susunan balungan gendhing 2723  2726  33..  6532  ke dalam laras slendro pathet sanga, maka susunan balungan tersebut berubah menjadi ...
A. 6561  6562  11.. 3216
B. 3235  3231  55..  1653
C. 5356  5352  66..  2165
D. 1612  1615  22..  5321
E. 2123  2126  33..  6532

25. Perhatikan ciri-ciri umum dari tembang berikut ini:
1. Disajikan oleh vokal tunggal wanita
2. Disajikan dalam gendhing dan bersifat  vokal ritmis
3. teks yang digunakan berujud wangsalan
Beberapa hal diatas merupakan merupakan ciri dari ....
A. bawa
B. gerongan
C. sindhenan
D. jineman
E. langgam

26. Berikut ini yang bukan merupakan bentuk merong dalam klasifikasi bentuk gendhing adalah ....
A. merong kethuk 2 kerep
B. merong kethuk 2 arang
C. merong kethuk 4 kerep
D. merong kethuk 8 kerep
E. merong kethuk 8 arang

27. Sajian garap yang merupakan bentuk komunikasi musikal, dimana kendhang akan membuat  jalinan pola kendhangan khusus, kemudian diikuti oleh garap ricikan yang lain, biasanya di sajikan pada garap balungan cengkok ayu kuning dan dilakukan setelah gong atau kenong, adalah garap khusus yang biasa disebut......
A. garap salahan
B. garap pamijen
C. garap minir
D. andhegan
E. menthogan

28. Perhatikan karakteristik bagian gendhing berikut ini!
- Merupakan kelanjutan dari bagian ompak
- Biasanya menggunakan jenis susunan balungan yang bernada tinggi
- Bagian ini merupakan bagian yang tidak wajib dilakukan
Jika menelaah karakteristik bagian gendhing diatas, maka bagian gendhing yang dimaksud adalah bagian ....
A. buka
B. inggah
C. ompak
D. ngelik
E. merong

29. Jika kita menafsirkan garap pola tabuhan Bonang Barung pada jenis susunan balungan nibani maka kita akan menerapkan pola tabuhan ....
A. mipil lumpatan
B. mipil lamba
C. mipil rangkep
D. imbal sekaran
E. gembyang tunggal

30. Sajian gendhing yang diakhiri tidak bersamaan dengan habisnya gerongan, dipakai sebagai penanda akan dilanjutkan ke bentuk lain, dalam sajian karawitan sering diistilahkan dengan suwuk ....
A. gerong
B. gropak
C. gendhing
D. gambyong
E. alus

31. Dalam sajian gendhing iringan pakeliran untuk memperoleh kesan rasa sereng, tegas, keras, maka digunakan suwuk ....
A. gambyong
B. gerong
C. gropak
D. gendhing
E. ladrang

32. Penyajian tata irama suatu gendhing secara umum melalui tahap gradasi irama yang sudah baku ditentukan oleh konsep tradisi. Penyajian irama dalam sajian gendhing pada 2 gatra setelah gong buka adalah irama....
A. tanggung
B. dadi
C. wiled
D. rangkep
E. lancar

33. Berikut ini adalah pernyataan yang menunjukan ciri dari struktur gendhing berdasarkan pada letak jalinan tabuhan ricikan struktural:
- tiap 1 gongan terdiri dari  4 tabuhan kenong
- tiap kenongan memiliki 8 gatra atau 32 sabetan balungan
- tiap kenongan terdapat  2  tabuhan kethuk dengan jarak  2 gatra atau 8 
      sabetan balungan
  Jika menelaah dari ciri dari struktur gendhing diatas, maka bentuk  gendhing           
  yang dimaksud adalah  ....
A. merong kethuk 4 kerep
B. merong kethuk 4 arang
C. merong kethuk 8 kerep
D. merong kethuk 2 arang
E. merong kethuk 2 kerep

34. Penyajian suatu gendhing dalam konteks sajian karawitan tradisi disajikan dengan mrabot atau berangkai dengan gendhing lain, gendhing Majemuk, gendhing kethuk 2 kerep minggah 4 secara tradisi disajikan dengan rangkaian ladrang ....
A. Kandha Manyuro
B. Peksi kuwung
C. Kagok
D. Bedhat
E. Moncer

35. Gendhing iringan tari  terdiri dari beberapa rangkaian bentuk gendhing yang  merupakan satu kesatuan. Rangkaian  gendhing : Uran-uran Dhandhanggula - Ketawang Tumadhah - Pathet Lasem - ketawang Gandamastuti Laras Pelog pathet Nem - Ketawang Ilir-ilir dan Kodhok Ngorek adalah rangkaian gendhing yang digunakan untuk iringan tari ....
A. Karonsih
B. Lambangsih
C. Bondhan sayuk
D. Enggar-enggar
E. Driyasmara
36. Salah satu aspek dalam kreativitas adalah pemahaman diri terhadap kemampuan diri, dalam ranah kreativitas hal tersebut termasuk dalam aspek ....
A. pribadi
B. pendorong
C. produk
D. proses
E. karya

37. Kreativitas karawitan berupa  proses membuat karya musik/karawitan baru dengan mengolah/menggarap idiom-idiom yang dalam kaidah musikal seni karawitan  dengaan  cara meragkai berbagai lagu/gendhing yang sudah ada sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh, dalam proses kreativitas disebut dengan ....
A. penciptaan karya
B. penyusunan karya
C. aransemen karya
D. penyaduran karya
E. perangkaian karya

38. Berikut ini adalah option yang benar tentang urutan dalam tahapan kreativitas karawitan adalah ....
A. pencetusan ide-eksperimen-eksplorasi-penuangan-evaluasi
B. eksperimen-eksplorasi-penuangan-pencetusan ide-evaluasi
C. eksplorasi-eksperimen-penuangan-evaluasi-pencetusan ide
D. pencetusan ide-eksplorasi-eksperimen-penuangan-evaluasi
E. evaluasi-eksperimen-eksplorasi-penuangan-pencetusan ide

39. Unsur garap dalam kretivitas karawitan berupa materi dasar, pokok, yang akan diacu, diolah, digarap berupa balungan atau kerangka gending, lagu atau tembang, dan pola ritmik, adalah unsur garap dalam kreativitas yang berupa ....
A. bahan garap
B. perabot garap
C. sarana garap
D. penentu garap
E. penunjang garap

40. Berikut ini adalah ciri-ciri salah satu tahapan dalam kreativitas karawitan! 
-  Bersifat penjelajahan berupa pencarian bentuk segala bentuk, motif atau pola, melodi, syair, yang kemungkinan dapat digunakan sebagai materi karya
- Berupa angan-angan yang dibayangkan komposer atau dengan cara mengamati berbagai gejala atau fenomena. Ciri-ciri pentahapan kreativitas diatas, termasuk dalam tahap kreativitas ....
A. pencetuasan ide
B. eksplorasi
C. eksperimen
D. penuangan
E. evaluasi


21. B
22. B
23. E
24. D
25. C
26. E
27. A
28. D
29. A
30. C
31. C