Reading Comprehension pada SBMPTN

Reading Comprehension is a part of the test. It is also infl uenced by language competence (kemampuan bahasa), reading techniques (teknik membaca), dan reading skills (kemampuan membaca). The most important thing from the three techniques is fi nding the keywords from each questions. Therefore, here are some reading techniques that could help you answering the questions.

A. SKIMMING
Skimming yaitu teknik membaca sekilas untuk mendapatkan inti dari bacaan. Teknik ini digunakan untuk menyelesaikan soal yang menanyakan topik, main idea, atau judul dari bacaan. Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu perbedaan judul, topik, dan main idea dalam sebuah bacaan:
a. Judul (title) mewakili isi bacaan dan dianggap paling menarik bagi pembaca untuk membaca sebuah teks. Judul yang ada belum tentu merupakan topik bacaan, tetapi topik bacaan dapat menjadi judul bacaan.
b. Topik (topic) adalah inti masalah yang dibicarakan oleh penulis, baik dalam bentuk kelompok kata maupun frasa (bukan kalimat). Topik tidak boleh terlalu khusus (spesifi k), maupun terlalu umum (general).
c. Pikiran pokok (main idea), sama seperti halnya topik, adalah inti masalah yang dibicarakan penulis. Mencari main idea pun menjadi sesuatu yang cukup sulit dirasa oleh sebagian besar pembaca. Perlu diingat bahwa dalam satu bacaan hanya terdapat satu pikiran pokok, yang letaknya bisa di awal atau di akhir paragraf pertama. Main idea biasanya menekankan kepada order (urutan waktu dan peristiwa), listing (daftar jumlah atau angka tertentu dalam bacaan), cause and eff ect (pernyataan sebab-akibat melalui penggunaan kata penghubung atau conjunctions), dan derajat perbandingan (comparison).

B. SCANNING
Scanning yaitu membaca sekilas namun cukup spesifi k untuk mendapatkan informasi tertentu saja sesuai yang ditanyakan dalam suatu bacaan. Umumnya, teknik ini digunakan untuk menyelesaikan soal yang mengandung unsur 5W1H (what, where, when, who, why, how) serta mengidentifi kasi pertanyaan yang tidak sesuai dengan teks (true or false).

C. CLOZE READING
Cloze reading yakni membaca sekilas namun mendalam. Teknik ini digunakan umumnya untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan kosakata (vocabulary) dan bermacam kata jadian (derivatives).

D. VOCABULARY IMPROVEMENT
Dalam menjawab soal tentang vocabulary, penguasaan kosakata yang dimiliki pembaca akan berbeda-beda, tergantung pada individu masing-masing dan seberapa sering pembaca mengasah kosakata yang dimilikinya. Dalam bacaan, salah satu cara untuk menjawab soal yang berhubungan dengan bacaan yakni dengan melihat kalimat sebelum dan sesudahnya sesuai dengan konteks kalimat tersebut disertai dengan penggunaan struktur tata bahasa yang tepat secara gramatikal.


CONTOH SOAL

Text 1: SPMB 2002
The government published a report yesterday saying that we need to eat more healthily— more fruits and vegetables, less fat and sugar. So, that means fewer burgers, chips and fried foods as well as cutting down on sweet things. We went into Central London yesterday at lunch time and asked people what they thought about it. “It’s got nothing to do with government what I eat,” said Paul Keel, a building worker, and Dorothi Mattews, a teacher as they ate beef burgers and chips washed down with strawberry milkshakes. Tim Kennnor, however, welcome the government’s advice. Then, we asked the Simpson’s restaurant’s manager about it. “I don’t think people believe all these reports anymore. What they say isgood for you on June, then they say bad for you on July. People stopped taking notice. We serve what we’ve always served. Almost all of it is fattening.”

1. the topic of the text is ….
A. people’s reaction to suggestion on healthy eating habits
B. eating a healthy lunch in Central London
C. the government’s report on people unhealthy eating habits
D. fattening foods served at the Simpson’s restaurant
E. the advantages of eating fruits and vegetables

Pembahasan :
Teks ini diawali dengan kalimat yang menyatakan bahwa pemerintah telah mengumumkan tentang program makan makanan sehat bagi masyarakat. Adapun sebagian besar kalimat dalam paragraf ini mengetengahkan tentang komentar dari masyarakat yang dengan kata lain merupakan reaksi dari masyarakat terhadap kebijakan baru pemerintah tersebut. Maka, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah: people’s reaction to suggestion on healthy eating habits.
Jawaban: A

2. What does the restaurant manager think of the report?
A. People don’t understand the advice given.
B. The government’s advice is inconsistent.
C. People are more concerned about losing weight.
D. Fattening foods are more delicious.
E. People will welcome the government advice.

Pembahasan :
Mengacu pada pertanyaan yang diajukan, maka fokus kita akan langsung menuju kepada restaurant manager sebagai kata kunci dari pertanyaan tersebut. Jika ditelaah dengan baik, maka dapat disimpulkan bahwa restaurant manager tersebut tidak mendukung kebijakan pemerintah yang menurutnya berubah-ubah dan cenderung tidak konsisten. Maka, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang paling tepat untuk petanyaan tersebut adalah: The governments advice is inconsistent.
Jawaban: B


Text 2: SPMB 2004
Throughout history, people have been the victims of the pickpockets. Today, pickpocketing is one of the most rapidly increasing crimes. Pickpockets are increasing in number and developing better methods to practice their skills. Approximately, one million American loose money to pickpockets every year, and no one is really safe from a skilled pickpocket. His victims, or ‘marks’ as they called, can be rich or poor, young or old. During the eighteenth century, pickpockets were hanged in England. Large crowds of people would gather to watch the hanging, which was supposed to be the warning for the other pickpockets. However, in time, this practice was discontinued. The reason: while people attentivelly watching the hanging of a pickpocket, other pickpockets skillfully stole the money from the spectators! Police officials say that the most efficient pickpockets come from South America. Many of these expert pickpockets are trained in special schools called Jingle Bells Schools. A pickpocket graduated from J.B.S. when he is able to steal a wallet from a dressed dummy (mannequin) that has bells inside his pockets. Even the most well-dressed, respectable person can be a pickpocket. Some of the favorite places are banks, airports, race tracks, supermarkets, elevators, trains and bus stations. Oftenly, some pickpockets are working together with other pickpockets as a partner. Another kinds of pickpocket works outside or inside the bars and specialized in stealling from women is called ‘purse snatcher’.
To avoid being the victim of the pickpocket, it is important to be very cautious and alert when in the midst of a large gatherings of people.

3. The best title for the passage would be ….
A. Pickpockets are Well-dressed
B. Jingle Bells Schools
C. Pickpockets
D. The Hanging of Picpockets
E. The History of the Pickpockets

Pembahasan :
Dalam menentukan sebuah title (judul), pilihlah jawaban yang paling general dan mampu menggambarkan bacaan tersebut secara umum. Maka, title (judul) yang paling mewakili bacaan tersebut adalah (C) pickpockets karena jawaban yang lain bersifat spesifik.
Jawaban: C

4. The hanging of pickpockets were not continued because ….
A. they were large crowds of people
B. It was against humanity
C. the police were not hanging a pickpocket
D. it was not effective to stop pick-pocketing
E. he was caught by the police

Pembahasan :
Kata kunci dari pertanyaan ini adalah hanging. Mengacu pada bacaan yang ada, kita ketahui bahwa menggantung seorang pencopet bukanlah sebuah hukuman yang bijaksana karena saat orang-orang berkerumun menyaksikan sang pencopet dihukum, maka pencopet lainnya akan leluasa mencopet di tengah kerumunan. Hal tersebut membuat pelaksanaan hukuman mati di rasa menjadi tidak efektif.
Jawaban: D

5. Pickpocketing is a … crime.
A. an old
B. a modern
C. a temporary
D. a contemporary
E. a temporary old

Pembahasan :
Pada kalimat awal di paragraf pertama, pembaca seolah diceritakan kembali tentang sejarah lahirnya pencopet sebagai salah satu kejahatan tertua yang pernah ada. Bahkan hampir di seluruh dunia, jutaan orang telah menjadi korbannya.
Jawaban: A

6. “… other pickpockets skillfully stole the money from the spectators!”
The similar meaning of the italic word is ….
A. people
B. victims
C. South American
D. audiences
E. passangers

Pembahasan :
Spectators dalam kutipan kalimat tersebut bermakna penonton (audiences) yang sedang menyaksikan pencopet yang sedang menjalani hukuman gantung.
Jawaban: D

7. South American pickpockets are the most efficient ones because ….
A. they are well-trained
B. they are handsome
C. they are well-dressed
D. they are respectable
E. they are persistent

Pembahasan :
Kata kunci dari pertanyaan tersebut adalah South America. Kata kunci tersebut dapat ditemukan pada paragraf ketiga yang di dalamnya membahas kehidupan para pencopet yang tinggal di Amerika Selatan (Amerika Latin). Hal yang membuat para pencopet tersebut menarik adalah ketika terdapat sekolah khusus bagi pencopet disana sehingga mereka menjadi orang yang terlatih (well-trained) dalam menjalankan aksinya.
Jawaban: A




sumber : buku MATERI DAN LATIHAN SBMPTN Bahasa Inggris