APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF )



Paparan di atas merupakan sekelumit tentang APE dan beberapa contoh cara pembuatannya. Dengan contoh-contoh tersebut diharapkan guru mampu mengembangkan sendiri dan mampu membuat APE sesuai karakteristik anak, sesuai pula dengan tingkatan kelasnya (untuk TK: A dan B). APE yang dibuat seharusnya dapat mengembangkan semua aspek dan kecerdasan yang ada pada diri anak, khususnya mengembangkan sains anak (karenadi sini focus pada pengembangan sains).
Bila guru sudah mampu membuat APE sendiri, tidak ada alasan bahwa “guru kurang berhasil dalam mengajar karena tidak tersedianya APE di TK”. APE dapat dibuat sendiri dan tidak harus dari bahan yang mahal. APE dapat dibuat dari barang bekas atau limbah rumah tangga, bahkan memanfaatkan alam. Penggunaan APE dapat disesuaikan dengan kurikulum yang ada atau sesuai kebutuhan.
APE dapat dikolaborasikan dengan metode atau model pembelajaran yang tepat hingga semua aspek dan kecerdasan anak dapat dikembangkan. Misalnya active learning, attractive learning, joyful learning, dan multiple intelligences approach. Dengan demikian diharapkan akan tercipta output yang lebih bermutu dan siap untuk “bersaing di pasar bebas” (masyarakat).