Permainan Dalam Tenis Lapangan

Nama permainan: Menyusun Kata
Materi pengajaran: Servis
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan pukulan menyerupai gerakan servis tenis untuk supaya menyentuh huruf-huruf yang tergeletak di seberang daerah servis lawan, sehingga membentuk kata yang bermakna (mencoba/melakukan). Siswa mengamati dan mengumpulkan informasi tentang cara servis, gerakan servis agar menyentuh huruf, arah dan laju bola, dan pola gerak servis itu sendiri. Siswa menanya cara-terbaik gerak servis ditampilkan, akhir pengajaran siswa diminta untuk menceritakan hal-hal yang dipelajari (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa mampu menggunakan daya nalarnya ketika bergerak, bersikap empati, toleransi, dan terampil dalam melakukan keterampilan dasar bermain tenis.
Alat dan bahan pengajaran: Lapangan, raket dan kertas alat tulis.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah kelas menjadi dua kelompok sama besar.
2. Kelompok yang pertama adalah yang melakukan pukulan dan berusaha menyusun kata, sedangkan yang kedua adalah membantu mengambil bola dan melihat sentuhan bola ke dalam kata yang sudah disebar.
3. Dalam melakukan pukulan dilakukan secara bergantian sehingga dalam melakukannya perlu adanya koordinasi yang bagus.
4. Kelompok yang menang adalah kelompok yang paling cepat dalam menyusun kata.
5. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan junjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Memperpendek jarak antara tampilan keterampilan dasar dengan rangkaian kata
2. Memvariasikan tampilan keterampilan dasar bermain
Cara mempersukar:
1. Memperjauh jarak antara tampilan keterampilan dasar dengan rangkaian kata
2. Menambah rintangan diatas net


Nama permainan: Service Point
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan pukulan menyerupai gerakan servis tenis untuk supaya masuk ke lingkaran di seberang daerah servis lawan sehingga siswa berhasil menyentuhnya atau masuk ke dalam daerah lingkaran (mencoba/melakukan). Siswa mengamati dan mengumpulkan informasi tentang cara servis, gerakan servis agar menyentuh atau berada jatuh di daerah lingkaran, mengamati arah dan laju bola, dan pola gerak servis itu sendiri. Siswa menanya caraterbaik gerak servis ditampilkan, akhir pengajaran siswa diminta untuk menceritakan hal-hal yang dipelajari (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa mampu mengembangkan daya interpretasinya dalam melakukan gerakan, bersikap empati, toleransi, dan terampil dalam melakukan keterampilan dasar bermain tenis.
Alat dan bahan pengajaran: Lapangan, bola kasti alat tulis dan kertas, hulahoop atau ring.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah kelas menjadi empat kelompok sama besar, dalam membentuk kelompok, lakukan dengan demokrasi dan tidak asal salah pilih.
2. Kalian harus melempar menyerupai teknik melempar dalam permanian kasti dan harus mengenai angka yang telah disusun atau digantung.
3. Jumlah point adalah jumlah lemparan dikalikan dengan jumlah point yang ada.
4. Point terkumpul dari jumlah waktu yang telah ditentukan oleh guru.
5. Lakukan dengan sungguh-sunguh dan junjung tinggi nilai-nilai sportivitas tinggi.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Memperpendek jarak
2. Memvariasikan tampilan keterampilan dasar bermain
Cara mempersukar:
1. Memperjauh jarak
2. Menambah rintangan di atas net


Nama permainan: Pukulan Lurus dan Menyilang
Materi pengajaran: 1. Pukulan forehand  2. Pukulan backhand
Deskripsi pengajaran: Guru meminta siswa untuk melakukan gerakan pukulan forehand dan backhand ke arah lurus atau menyilang lapangan (mencoba/melakukan). Siswa mengamati dan mengumpulkan informasi terkait cara melakukan gerakan pukulan forehand dan backhand, ayunan raket, sifat permukaan kepala raket, titik kena, gerak lanjut, dan sikap akhir pukulan. Siswa menanya tentang hal-hal di atas dan cara terbaik melakukan gerakan pukulan. Akhir pengajaran, guru meresume dan meminta siswa menceritakan hal-hal yang dipelajari.

Capaian pengajaran: Siswa mampu menganalisis situasi permainan, menunjukkan sikap kerja sama, dan terampil dalam melakukan keterampilan dasar bermain tenis.
Alat dan bahan pengajaran: Bolatenis, raket (raket imitasi yang terbuat dari kayu atau bahan lunak lainnya), net

Aturan dan peraturan permainan:
1. Langkah awal pembelajaran adalah membagi kelas ke dalam beberapa kelompok sesusai dengan keadaan sarana dan prasaran yang terdapat di sekolah. Misalkan: bagilah kelas menjadi empat kelompok dengan mempertimbangkan kelompok besar dan kelompok kecil.
2. Setelah kelompok terbentuk, cobalah melakukan pukulan terlebih dahulu sebagai pengenalan.
3. Langkah pembelajaran yang harus dilakukan adalah melakukan pukulan menyerupai service dengan posisi menyilang.
4. Teman yang menerima service harus mengembalikanya ke daerah yang melakukan service, tapi harus memilih dua posisi yang berbeda, yaitu bisa lurus atau menyilang.
5. Teman yang berada di daerah yang menerima service harus berlari mengisi tempat kosong yang ditinggalkan oleh teman yang melakukan service dan berusaha menerima bola jika teman memberikan bola.
6. Lakukan hal tersebut sampai semua melakukan service, menerima service dan lari.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Melakukan gerakan keterampilan dasar dengan jarak terdekat
2. Siswa bergantian memukul bola. Setelah memukul bola, siswa berlari ke belakang
Cara mempersukar:
1. Melakukan gerakan keterampilan dasar dengan jarak terjauh
2. Menambah rintangan di atas net


Nama permainan: Hoop Bounce
Materi pengajaran: Pukulan servis
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan gerakan seperti servis tenis ke arah hulahoop secara berpasangan, pertahankan agar bisa dilakukan berulang-ulang (mencoba/melakukan). Siswa mengamati dan mengumpulkan informasi tentang cara memukul servis bola, mengayunkan raket, mengenal titik tepat perkenaan raket dengan bola, dan mempertahankan kestabilan pukulan. Siswa menanya cara terbaik melakukan pukulan dan atau melaksanakan permainan. Akhir pengajaran, guru meresume pengajaran dan meminta siswa menyampaikan hal-hal yang dipelajari.

Capaian pengajaran: Siswa pandai memperkirakan jatuhnya bola, bersikap kerja sama, dan terampil dalam melakukan keterampilan dasar bermain tenis.
Alat dan bahan pengajaran: bola tenis, raket (raket imitasi yang terbuat dari kayu atau bahan lunak lainnya), hulahoop

Aturan dan peraturan permainan:
1. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok tiap kelompok terdiri dari dua orang (berpasangan).
2. Setelah pasangan terbentuk, tugas belajar gerak yang harus dilakukan adalah melakukan pukulan pantul ke lantai sehingga bolanya sampai kepada teman yang dituju (pasangannya).
3. Lakukan hal tersebut secara bergantian dan berulang-ulang supaya bisa memahaminya dengan baik.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Memperpendek jarak
2. Memperkecil diameter hulahoop
Cara mempersukar:
1. Memperjauh jarak
2. Memperbesar diameter hulahoop


Nama permainan: Around the World
Materi pengajaran: 1. Pukulan servis   2. Pukulan forehand   3. Pukulan backhand
Deskripsi pengajaran: Guru meminta siswa melakukan gerakan servis, sementara pemain di seberang lapangan mengembalikan servis. Setelah satu kali pukulan forehand atau backhand, pemain segera berlari pindah posisi ke seberang lapangan (mencoba/melakukan). Guru meminta siswa untuk mengamati dan mengumpulkan informasi tentang cara servis, forehand, atau backhand, dan sikap kerja sama mempertahanan kesinambungan pukulan. Siswa menanya cara terbaik melakukan permainan dan cara pukulan. Akhir pengajaran, guru meresume dan meminta siswa untuk menyampaikan hal-hal yang dipelajari (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa mampu menginterpretasi laju bola dan berada tepat sebelum bola datang, bersikap empati, toleransi, dan terampil melakukan gerakan keterampilan dasar bermain tenis.
Alat dan bahan pengajaran: Bola tenis, raket, net, pembatas lapangan.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Membagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tugas. Siswa mampu melakukan gerakan yang akan diberikan.
2. Setelah membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa harus masuk menempati tempat yang telah disediakan oleh guru sesuai dengan tugas siswa mampu melakukan gerakan.
3. Langkah selanjutnya yang harus siswa lakukan adalah melakukan kombinasi pukulan, menerima service dikombinasikan dengan berlari mengelilingi lapangan.
4. Siswa harus bisa melakukan semua tugas yang diperintahkan oleh guru.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Memperpendek jarak
2. Mensyaratkan kerja sama sehingga terjadi pukulan lebih banyak
Cara mempersukar:
1. Memperjauh jarak
2. Menambah rintangan di atas net


Nama permainan: Wall Ball
Materi pengajaran: 1. Pukulan forehand   2. Pukulan backhand
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan gerakan forehand dan backhand ke arah tembok dan pertahankan agar bisa berulang-ulang (mencoba/melakukan). Siswa mengamati dan mengumpulkan informasi tentang cara memukul forehand atau backhand dan cara agar terus berulang-ulang. Siswa menanya cara terbaik melaksanakan permainan dan cara melakukan gerakan forehand atau backhand dalam permainan. Akhir pengajaran, guru meresume, dan meminta siswa menjelaskan hal-hal yang dipelajari (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa mampu berkonsentrasi, bersikap sabar, dan terampil dalam melakukan keterampilan dasar bermain tenis. Alat dan bahan pengajaran: Bola tenis, raket, dinding

Aturan dan peraturan permainan:
1. Tugas siswa mampu melakukan gerakan yang harus siswa lakukan adalah melakukan pukulan ke dinding.
2. Lakukan pukulan ke dinding secara berulang-ulang dengan jarak yang bervariasi.
3. Makin lama melakukan pukulan, makin jauh jarak pukulan, makin tinggi juga frekuensinya pukulan.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Memperpendek jarak
2. Menggunakan bola yang lebih lunak
Cara mempersukar:
1. Memperjauh jauh jarak
2. Menggunakan bola tenis resmi.

Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX