sarana produksi budi daya

Sarana dan teknik budi daya yang memadai perlu diperhatikan sebelum melaksanakan proses budi daya. Dalam melakukan budi daya sat wa harapan, dibutuhkan sarana yang tepat sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal.

Setiap jenis satwa harapan, membutuhkan sarana produksi budi daya yang berbeda.

1). Bahan

a). Bibit
Bibit yang baik diperoleh dari induk yang unggul. Untuk bibit satwa harapan bergantung pada jenis ternak yang akan dibudidayakan. Secara umum, bibit yang diperlukan untuk dibesarkan haruslah yang sehat, tidak cacat (untuk jangkrik; sungut
atau kaki patah dan umurnya sekitar 10- 20 hari). Induk jangkrik yang baik adalah jangkrik yang berasal dari tangkapan alam bebas karena biasanya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Kalaupun induk betina tidak dapat dari hasil tangkapan alam bebas, induk dapat dibeli dari peternakan. Induk jantan diusahakan dari alam bebas karena lebih agresif.

b). Pakan
Pakan ternak adalah semua bahan yang diberikan kepada ternak berupa campuran berbagai macam bahan organik dan anorganik untuk memenuhi kebutuhan zat makanan yang diperlukan bagi pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi. Pakan memegang peranan penting dalam budi daya satwa harapan. Dengan manajemen pakan yang baik, pertumbuhan ternak dapat mencapai hasil sesuai target yang ditentukan.
Zat pakan yang berkualitas baik atau mengandung gizi yang cukup akan berpengaruh baik terhadap ternak tersebut, yaitu tumbuh sehat, cepat gemuk, berkembang dengan baik, jumlah ternak yang mati atau sakit akan berkurang, serta jumlah anak yang lahir dan hidup sehat meningkat.
Pakan yang digunakan adalah pakan alami dan buatan. Pakan alami berasal dari lingkungan sekitar. Contoh pakan alami ialah tanaman, limbah organik rumah tangga, dan limbah organik dari lingkungan sekitar. Pakan buatan dibuat dari berbagai campuran macam bahan baku hewani dan nabati dengan memperhatikan kandungan gizi, sifat dan jenis ternak yang mengonsumsi pakan tersebut.

c). Obat-obatan
Kegiatan budi daya kadang mengalami kendala. Salah satu kendala penting adalah serangan hama dan penyakit yang menggangu proses pertumbuhan.  obatan dapat diberikan untuk pencegahan dan penanggulangan hama dan penyakit.

d). Air
Air mempunyai peranan penting dalam budi daya ternak. Air harus mempunyaimpersyaratan tertentu agar ternak dapat tumbuh dengan baik.Air juga dapat digunakan untuk menjaga kelembapan udara sekitar kandang atau media hidup satwa harapan.

e). Kandang
Kandang ternak adalah bangunan yang dapat digunakan untuk melindungi ternak dari pengaruh cuaca buruk, seperti hujan, panas matahari, angin kencang, dan ganggguan lainnya. Secara genetik, ternak memiliki sifat dan kebutuhan yang berbedabeda.
Namun secara umum, pesyaratan minimal yang harus dipenuhi dalam membangun kandang ternak adalah sama.
Adapun syarat minimal kandang ternak yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.
(1). Ternak dapat bergerak dengan nyaman di dalamnya.
(2). Kandang dapat menunjang produktivitas.
(3). Kandang memiliki sirkulasi udara yang lancar.
(4). Kandang mudah dibersihkan.
(5). Kandang dapat melindungi ternak dari terik matahari, hujan dan kondisi lingkungan yang dapat mengganggu kesehatan ternak.
(6). Kandang dapat mempermudah pekerja dalam mengelola ternak.
(7). Kandang memiliki saluran pembuangan limbah yang layak dan tidak menggangu lingkungan.

2). Alat
a). Tempat minum
b). Tempat makan
c). Timbangan
d). Sprayer
e). Pembersih kotoran

Sumber : buku K13 Prakarya kelas ix