Teather : Latihan Olah Tubuh : Inti


Olah tubuh inti yaitu serial pokok dari gerakan yang akan dilatih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tulang belakang seorang pemeran mempunyai kedudukan yang sangat penting, karena pose tubuh yang diciptakan oleh pemeran tergantung dari kelenturan tulang belakangnya. Rangkaian latihan inti ini akan difokuskan pada latihan kelenturan tulang belakang yaitu:

a. Cembung, Cekung dan Datar Tulang Belakang
1) Bertopang pada tangan dan lutut di atas lantai dan bung kukkan punggung Anda. Bengkokkan tulang ekor Anda turun dan ke dalam, bulatkan tulang pung gung dibagian dada dan bahu serta turunkan ke pala dan leher Anda. Ben tuk lah punggung anda ke dalam posisi secembungcembungnya.
2) Angkat bagian tulang ekor Anda, kosongkan tulang pung gung bagian dada dan bahu, dan tegakkan leher serta kepala Anda. Bentuk lah punggung Anda ke dalam posisi secekungcekungnya.
3) Turunkan pinggul, luruskan tulang punggung bagian dada dan bahu sehingga membentuk garis lurus dan tulang ekor. Turun kan leher secukupnya agar berada dalam satu garis lurus dengan tulang punggung dibagian bahu.
4) Lakukan latihan di atas dalam tempo yang lambat pada tahap permulaan, dan yang terpenting adalah Anda dapat merasakan per - gerakan ruas demi ruas tulang punggung. Setelah Anda dapat merasa kan dengan betul ting kat kan ke ce patannya dan secara bertahap melambat kembali sampai diam.

b. Menggulung dan Melepas
1) Berdiri dengan kedua kaki direnggangkan, turunkan pinggul dan merendahlah sampai jongkok dengan ber tumpukan kekuatan daya dukung lutut.
2) Bungkukkan tubuh bagian atas, tarik tulang ekor masuk ke arah dalam lalu pelan-pelan duduklah dilantai.
3) Luruskan kedua kaki dan gerakkan tulang punggung ke belakang sehingga seluruh punggung terletak di lantai dengan tenang.
4) Gulung seluruh tulang pung gung ke depan mulai da ri kepala, leher, tulang pung gung, dan ekor se hingga mem bungkuk di atas kaki dan regangkan kedepan.
5) Pelan-pelan berdiri sampai tegak dan mulai jalan dalam gaya lamban.
6) Ulangi latihan ini sampai dapat merasakan fungsi ruas-ruas tulang belakang.

c. Ayunan Bandul Tubuh Atas
1) Berdiri dengan posisi melangkah dan angkatlah kedua lengan tinggi di atas kepala.
2) Bengkokkan tubuh bagian atas yang lurus itu sehing ga membentuk sudut yang tepat dengan kaki anda. Rasakan ketegangan kerena tetap mempertahankan melurus nya tulang punggung pada posisi ini.
3) Lutut-lutut dibengkokkan sedikit, biarkan tubuh ba gian atas terjatuh membe rat dari bagian tengah tu lang pung gung dan kemudian ayunkan mendekati dan menjauhi kaki.
4) Lengan-lengan harus mengikuti tubuh bagian atas dan ikut terayun maju dan mundur. Jangan naik kan tubuh bagian atas. Ayunan ini akan mampu menaik kan tulang punggung ha nya sejauh sudut membengkoknya yang tepat dari ayunan itu bermula.
5) Panjang ayunan harus tetap sama dan harus mam pu membulat dan me lurus kan tulang punggung

Sumber : buku k13 seni Budaya kelas IX