Variasi dan Kombinasi Lempar

Variasi dan Kombinasi Lempar

Nama permainan: Estafet Lempar
Deskripsi pembelajaran: Pada pembelajaran ini, kalian harus bisa melakukan gerakan lempar dalam olahraga atletik. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dalam lemparan atletik. Dalam mengikuti pembelajaran ini kalian harus menjunjung tinggi nilai-nilai kerja sama, sportivitas, empati, dsb.
Langkah awal yang harus kamu lakukan ialah mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Ketika kamu mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan sampai dengan kamu melakukan atau mencoba tugas belajar gerak, dalam melakukannya kamu harus mengumpulkan informasi terkait dengan tugas belajar gerak yang dilakukan. Ketika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan tugas belajar yang diberikan oleh guru kamu, alangkah baiknya kamu menanyakan kepada teman atau ke guru kamu.
Langkah selanjutnya, kamu harus menghubungkan informasi yang dapatkan baik dari guru atau teman dengan tugas belajar gerak supaya kamu mudah dalam melakukan tugas belajar dan mengomunikasikan setelah melakukan tugas belajar gerak baik kepada teman kamu ataupun dengan guru terkait dengan apa yang telah kamu pelajari.

Capaian belajar siswa: Mampu berkembang dalam hal penguasan gerak melempar, kemudian kamu bisa mengenali lingkungan terkait dengan aktivitas belajar gerak yang sedang dilakukan, serta respek terhadap teman.
Alat dan bahan pembelajaran: lapangan, bolakasti atau bola, pembatas lapangan.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Bagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan keinginan. Lakukan pemilihan kelompok secara demokrasi.
2. Langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan gerak lempar tangkap bola dengan teman.
3. Lempar tangkap dilakukan sambil berjalan minimal 3 meter, sehingga ada tantangan dalam melakukan lemparan.
4. Setelah memahami gerakan tersebut, masuklah ke lapangan yang telah dibentuk oleh guru.
5. Setelah masuk ke lapangan, langkah awal yang dilakukan adalah melakukan gerak lemparan secara diagonal.
6. Setelah melakukan lemparan secara diagonal, tugas selanjutnya adalah berebut masuk ke dalam kelompok lain.
7. Tugas lain dari anggota tim adalah berebut pindah sambil berusaha menerima bola yang dilempar tadi, waktu untuk menerima bola juga ditentukan oleh guru.
8. Melempar harus dalam lingkaran, tetapi dalam menerima bola boleh berada di luar lingkaran. Namun, setelah bola diterima, harus kembali ke dalam lingkaran.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Jumlah bola ditambah
2. Ukuran lapangan diperkecil
Cara mempersukar:
1. Jarak lemparan diperjauh
2. Ukuran lingkaran diperkecil


Nama permainan: Kombinasi Mendorong/Menolak dengan Berbagai Posisi
Deskripsi pembelajaran: Pada pembelajaran ini, kamu harus melakukan gerakan mendorong atau menolak seperti melakukan pembelajaran dalam tolak peluru yang menekankan pada kekuatan power lengan. Pembelajaran yang dilakukan adalah dengan cara berdiri, jongkok dan duduk, kamu harus bisa melakukan pembelajaran dengan posisi yang telah ditentukan. Kamu harus melakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai kerja sama, sportivitas, empati, dsb.
Kamu harus bisa mengamati teman dan lawan bermain kamu di lapangan. Mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman ketika kamu sulit dalam memahami atau melakukan tugas belajar gerak yang diberikan oleh guru.
Menghubungkan semua informasi yang didapat ke dalam satu pengertian tertentu. Setelah semua kegiatan dilakukan, langkah selanjutnya diharapkan kamu bisa melakukan diskusi kelompok beberapa saat, terutama manakala kamu melakukan gerak atau permainan yang bisa dikatakan sangat kompleks dan perlu pemahaman yang lebih mendalam. Komunikasikan hasil diskusi pada sesama teman bila perlu diskusikan juga dengan guru kamu supaya mendapatkan masukan atau saran yang sifatnya membangun.

Capaian belajar siswa: Mampu mengombinasikan menolak dari berbagai posisi, menentukan posisi mana yang paling berpengaruh dan berkembang dalam hal gerak melempar.
Alat dan bahan pembelajaran: lapangan, kardus, cone atau pembatas lapangan, hulahoop, dan tali.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Bagilah kelas menjadi tiga kelompok, dalam satu kelompok harus ada laki-laki dan perempuan.
2. Bagilah tiga kelompok tersebut ke dalam lapangan yang sudah ditentukan oleh guru.
3. Sebelum melakukan pembelajaran yang diperintahkan oleh guru, lakukan dulu gerakan lempar dalam berbagai posisi.
4. Pembelajaran yang harus dilakukan adalah variasi pembelajaran dengan tiga posisi yang berbeda, yang pertama adalah mendorong dengan posisi sambil berdiri kemudian memasukkannya ke dalam hulahoop yang digantung.
5. Pembelajaran yang kedua adalah mendorong sambil jongkok ke teman yang jongkok di depannya.
6. Ketiga adalah mendorong sambil duduk dan berusaha memasukkannya ke dalam kardus yang telah disediakan.
7. Lakukan pembelajaran ini selama 10-15 menit. Setelah itu, bergantian supaya setiap kelompok dapat merasakan pembelajaran dari berbagai posisi.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Penambahan jumlah hulahoop
2. Jarak kardus diperdekat
Cara mempersukar:
1. Hulahoop dibikin labil
2. Ukuran kardus diperkecil


Nama permainan: Lempar Sasaran
Deskripsi pembelajaran: Pembelajaran ini harus berusaha menggeser atau mengeluarkan bola yang ada di dalam lingkaran lawan supaya bisa menang. Kalian harus melakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan harus menjunjung tinggi nilai-nilai kerja sama, sportivitas, empati, dsb.
Kamu harus mengamati tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman atau guru kamu. Setelah kamu mengamati, cobalah untuk menanyakan cara melakukan tugas belajar yang dicontohkan tadi. Ketika proses menanya telah kamu lakukan, langkah selanjutnya cobalah kamu lakukan/mencoba tugas belajar gerak yang dilakukan oleh teman kamu. Ketika kamu melakukan, kamu harus bisa membandingkan gerakan mana yang paling efektif dalam tugas belajar gerak. Ketika kamu selesai membandingkan diharapkan, kamu bisa memberikan saran kepada teman kamu tentang tugas belajar gerak yang efektif.
Capaian belajar siswa: Mampu mengenali lingkungan belajar terkait dengan tugas belajar gerak, menghargai teman yang sedang melakukan tugas belajar gerak, berkembang dalam gerak melempar.
Alat dan bahan pembelajaran: lapangan, hulahoop, 4 bola dan 16 bolakasti.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah kelas menjadi empat kelompok sama besar.
2. Lakukan pengenalan pembelajaran dengan melempari bola sepak dengan bolakasti, setelah mengenal dan memahami lakukan di tempat yang telah dipersiapkan oleh guru.
3. Kamu harus berusaha mengeluarkan bola yang ada di lingkaran lawan dengan cara melemparinya.
4. Tim yang dinyatakan menang adalah tim yang paling cepat mengeluarkan bola di dalam lingkaran.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran.
Cara mempermudah:
1. Memperkecil ukuran lingkaran penyimpanan bola
2. Memperbanyak jumlah bola untuk melempar
Cara mempersukar:
1. Menambah berat bola
2. Mempebesar ukuran lingkaran penyimpanan bola


Nama permainan: Lempar Sembunyi
Deskripsi pembelajaran: Kalian harus berusaha sembunyi dari lemparan bola yang dilakukan oleh teman secara terus-menerus. Upayakan tidak terkena bola. Ketika melakukan kegiatan, kembangkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan serta lakukan tugas belajar gerak dengan sportif, penuh tanggung jawab, dsb.
Pada dasarnya, pembelajaran yang dilakukan harus mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan apa yang terjadi dalam belajar. Ketika kamu melakukan pembelajaran, kamu harus mengamati apa yang dilakukan oleh guru atau teman kamu. Ketika semua itu telah dilakukan, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau guru kamu dalam melakukan tugas belajar gerak. Setelah kamu mengamati dan menanyakan, cobalah kamu lakukan aktivitas pembelajaran yang diperintahkan oleh guru kamu. Ketika kamu melakukan, cobalah kamu bandingkan dan pilih mana gerakan yang paling mudah dilakukan dan bermanfaat.
Setelah hal tersebut dilakukan cobalah komunikasikan dengan teman kamu dan guru kamu.

Capain hasil belajar: Berkembang dalam aspek gerakan melempar dan bisa memosisikan diri dari berbagai posisi ketika melakukan lemparan dan tidak melakukan lemparan yang bisa mengakibatkan bahaya atau cidera.
Alat dan bahan pembelajaran: Bolatenis/kasti, lapangan terbuka yang aman dan nyaman, box besar atau bisa juga menggunakan kuda-kuda pelana.

Aturan dan peraturan pembelajaran:
1. Pertama tentukan dulu siapa yang akan menjadi target.
2. Setelah ditentukan, kalian harus berada di tempat yang telah disediakan.
3. Ketika melakukan lemparan tidak boleh keluar dari tempat tersebut kecuali bola jatuh/tidak tertangkap atau keluar area permainan.
4. Kalian harus memukul teman yang berusaha berlari mengelilingi box yang telah disediakan.
5. Hindari memukul bagian yang berbahaya.

Gambaran permainan:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Jumlah bola diperbanyak
2. Jarak lemparan diperpendek
Cara mempersukar:
1. Lingkaran bertahan diperkecil
2. Jarak pukulan diperpanjang

Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX