capaian pembelajaran
indikator (penanda) yang harus dibelajarkan guru kepada siswa dan berfungsi sebagai tujuan mengajar guru. Isi rumusannya diturunkan dari KI dan KD
dribbling
menggiring bola (sepakbola), memantul-mantulkan bola (basket)
elakan
usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula
indikator
merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diobservasi
kompetensi dasar
adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam penguasaan materi pelajaran yang diberikan dalam kelas pada jenjang pendidikan tertentu. juga merupakan perincian atau penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi. Adapun penempatan komponen kompetensi dasar dalam silabus sangat penting, hal ini berguna untuk mengingatkan guru seberapa jauh tuntutan target kompetensi yang harus dicapai
konsep diri (self-concept)
gagasan tentang diri sendiri. Konsep diri terdiri atas bagaimana kita melihat diri sendiri sebagai pribadi, bagaimana kita merasa tentang diri sendiri, dan bagaimana kita menginginkan diri sendiri menjadi manusia sebagaimana kita harapkan
kecepatan
merupakan kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya
media pembelajaran
alat bantu proses belajar-mengajar yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
melempar
gerakan yang dilakukan tangan jauh dari pusat berat badan, seperti lempar cakram, lembing, dan lontar martil
menolak
gerakan yang dilakukan oleh tangan tidak jauh dari pusat berat badan, seperti tolak peluru
moves games sport
landasan belajar gerak yang disiapkan oleh seorang guru yang menakankan pada learning proces yang nantinya ingin mendapatkan kesenangan, kecakapan gerak dll. Dalam diri siswa itu sendiri
passing
operan terhadap teman main
pendidikan jasmani
proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, dan sikap sportif, kecerdasan emosi
permainan bola besar dan bola kecil
aktivitas gerak yang menggunakan bola sebagai media dalam permainan, ibedakan
berdasarkan ukuran bola
permainan gawang sudut
rekayasa pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam memberikan materi sepak bola dengan penekanan pada jumlah gawang yang teredia, yaitu sebanyak empat buah gawang di setiap sudutnya masing masing satu buah gawang di setiap sudutnya
rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp)
rencana pembelajaran detil pada suatu materi pokok atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, tujuan, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar
senam
salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas baik sebagai olahraga sendiri maupun untuk cabang olahraga lain
senam artistik
senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakangerakan yang dilakukan pada alat-alat
senam lantai
satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, latihannya dilakukan di lantai
senam ritmik
gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama
sepak bola
permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian kemari untuk diperebutkan di antara pemainpemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola
service
teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola tersebut ke meja penyaji, kemudian dipukul, dan bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan
tangkisan
usaha pembelaan dalam pencaksilat dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan
tujuan pembelajaran
tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan
wiraga
penampilan teknik sikap dan gerak dengan rapi dan tertib
wirama
penampilan teknik dan sikap dengan irama yang serasi, dan jika hal itu diiringi dengan musik, ia bersifat kontekstual
Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX
indikator (penanda) yang harus dibelajarkan guru kepada siswa dan berfungsi sebagai tujuan mengajar guru. Isi rumusannya diturunkan dari KI dan KD
dribbling
menggiring bola (sepakbola), memantul-mantulkan bola (basket)
elakan
usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki tidak berpindah tempat atau kembali ke tempat semula
indikator
merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diobservasi
kompetensi dasar
adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam penguasaan materi pelajaran yang diberikan dalam kelas pada jenjang pendidikan tertentu. juga merupakan perincian atau penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi. Adapun penempatan komponen kompetensi dasar dalam silabus sangat penting, hal ini berguna untuk mengingatkan guru seberapa jauh tuntutan target kompetensi yang harus dicapai
konsep diri (self-concept)
gagasan tentang diri sendiri. Konsep diri terdiri atas bagaimana kita melihat diri sendiri sebagai pribadi, bagaimana kita merasa tentang diri sendiri, dan bagaimana kita menginginkan diri sendiri menjadi manusia sebagaimana kita harapkan
kecepatan
merupakan kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya
media pembelajaran
alat bantu proses belajar-mengajar yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau keterampilan sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
melempar
gerakan yang dilakukan tangan jauh dari pusat berat badan, seperti lempar cakram, lembing, dan lontar martil
menolak
gerakan yang dilakukan oleh tangan tidak jauh dari pusat berat badan, seperti tolak peluru
moves games sport
landasan belajar gerak yang disiapkan oleh seorang guru yang menakankan pada learning proces yang nantinya ingin mendapatkan kesenangan, kecakapan gerak dll. Dalam diri siswa itu sendiri
passing
operan terhadap teman main
pendidikan jasmani
proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, dan sikap sportif, kecerdasan emosi
permainan bola besar dan bola kecil
aktivitas gerak yang menggunakan bola sebagai media dalam permainan, ibedakan
berdasarkan ukuran bola
permainan gawang sudut
rekayasa pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam memberikan materi sepak bola dengan penekanan pada jumlah gawang yang teredia, yaitu sebanyak empat buah gawang di setiap sudutnya masing masing satu buah gawang di setiap sudutnya
rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp)
rencana pembelajaran detil pada suatu materi pokok atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, tujuan, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar
senam
salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas baik sebagai olahraga sendiri maupun untuk cabang olahraga lain
senam artistik
senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakangerakan yang dilakukan pada alat-alat
senam lantai
satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, latihannya dilakukan di lantai
senam ritmik
gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama
sepak bola
permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian kemari untuk diperebutkan di antara pemainpemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola
service
teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola tersebut ke meja penyaji, kemudian dipukul, dan bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan
tangkisan
usaha pembelaan dalam pencaksilat dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan
tujuan pembelajaran
tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan
wiraga
penampilan teknik sikap dan gerak dengan rapi dan tertib
wirama
penampilan teknik dan sikap dengan irama yang serasi, dan jika hal itu diiringi dengan musik, ia bersifat kontekstual
Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX