Pengaruh Positif Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial- Budaya

Pengaruh Positif Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial- Budaya

a. Perubahan Tata Nilai dan Sikap
Tata nilai merupakan cara berpikir atau aturan yang memengaruhi tindakan dan tingkah laku warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Tata nilai tumbuh dan berkembang sebagai pedoman dalam bertingkah laku di masyarakat. Tata nilai yang terdapat dalam masyarakat berkaitan pula dengan sikap masyarakat tersebut.
Tata nilai dan sikap yang ditunjukkan sebagai pengaruh dari modernisasi tercermin dalam ciri manusia modern. Adapun ciri manusia modern dikemukakan oleh Alex Inkeles dalam Soerjono Soekanto (2002) adalah seperti berikut.
1). Memiliki alam pikiran (state of mind) yang terbuka terhadap pengalaman baru
2). Memiliki kesanggupan membentuk dan menghargai opini
3). Berorientasi ke masa depan
4). Melakukan perencanaan
5). Percaya terhadap ilmu pengetahuan
6). Memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu dapat diperhitungkan
7). Menghargai orang lain karena prestasinya
8). Memiliki perhatian terhadap persoalan politik masyarakat

b. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Modernisasi berkaitan erat dengan perkembangan dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat membawa perubahan yang cepat pula dalam bidang teknologi. Modernisasi membawa masyarakat pendukungnya untuk melakukan penyesuaian
Perkembangan ilmu pengetahuan makin cepat ketika terdapat proses penelitian. Proses penelitian yang dilakukan menghasilkan banyak hal di antaranya adalah penemuan, pembaharuan, ataupun inovasi dalam bidang teknologi.

Sumber : buku k13 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX