kriteria yang harus diperhatikan dalam merancang tugas belajar gerak

Adapun kriteria yang harus diperhatikan dalam merancang tugas belajar gerak adalah sebagai berikut.

a. Kriteria Pertama
Tugas dan pengalaman belajar gerak harus memiliki potensi untuk meningkatkan penampilan gerak atau keterampilan gerak siswa. Kriteria ini dimaksudkan untuk menopang diri siswa agar dapat tertopang untuk dapat hidup aktif dan sehat sepanjang hayat.

b. Kriteria Kedua
Tugas dan pengalaman belajar gerak harus memberikan kesempatan maksimal berlatih aktif bagi semua siswa sesuai dengan tingkat kepabilitas gerak, ini maksudnya adalah waktu aktif siswa belajar/latihan harus memicu waktu aktif latihan/belajar siswa di sepanjang pembelajarannya dan terbawa pada kegiatan di sepanjang hayatnya.

c. Kriteria Ketiga
Tugas dan pengalaman belajar gerak harus sesuai dengan tingkatan siswa. Latihan dan pengulangan perlu menambah kekayaan pengalaman gerak siswa dan tepat bagi perkembangan dan kebutuhan siswa.

d. Kriteria Keempat
Tugas dan pengalaman belajar gerak harus berpotensi mengintegrasikan perkembangan keterampilan (skills), sikap (affectve), dan pengetahuan siswa. Pengalaman belajar gerak perlu berpotensi mengembangkan potensi utuh siswa. Karena perannya itu, pendidikan jasmani sering disebut pendidikan menyeluruh (total education).

Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX