Kerja Sama Bidang Ekonomi

Kerja sama ekonomi antarnegara merupakan kerja sama yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dengan melibatkan negara lain. Kerja sama ekonomi antarnegara dapat berlangsung pada beberapa bidang, yaitu bidang perdagangan, bidang teknis, dan bidang keuangan. Kerja sama di bidang perdagangan contohnya kegiatan ekspor dan impor. Kerja sama di bidang teknis contohnya pengiriman tenaga ahli dari satu negara ke negara lain. Kerja sama bidang keuangan contohnya pinjaman luar negeri.

Tujuan Kerja Sama Antarnegara Bidang Ekonomi
Kerja sama ekonomi sangat penting dilakukan oleh setiap negara di dunia, baik negara maju maupun negara berkembang. Dalam rangka memajukan perekonomian dalam negeri, Indonesia memiliki tujuan tersendiri dalam menjalin kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain.
Misi Dagang Sepuluh Perusahaan Makanan dan Minuman Indonesia ke Amerika Serikat
Sebanyak sepuluh perusahaan makanan dan minuman Indonesia akan melakukan misi dagang ke Amerika Serikat (AS) dan akan mengikuti acara Indonesian Diaspora National Convention and Indo Fest USA dan Louisiana Food Service and Hospitality Expo pada bulan Agustus 2014 di New Orleans, Amerika Serikat.
Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan, yang juga merupakan pimpinan delegasi misi dagang tersebut. Produkproduk yang akan dipromosikan antara lain kopi, makanan laut, tepung untuk membuat kue dan es krim, sambal, rendang siap saji, cokelat, premium nougat, kue kering, dan selai.
Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan mengungkapkan, target utama misi dagang kali ini tidak hanya mendapatkan pembeli, tapi juga mencari distributor di Amerika Serikat.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2013, produk makanan dan minuman Indonesia merupakan salah satu produk unggulan yang berkontribusi terhadap ekspor produk nonmigas Indonesia. Nilai ekspor produk ini ke seluruh dunia tercatat sebesar USD 4,63 miliar pada 2013. Amerika Serikat menempati peringkat pertama sebagai negara tujuan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia pada tahun 2013. Ekspor Indonesia ke AS antara lain udang, kepiting, nanas, tuna, sirup, dan biskuit.

Mengirimkan misi dagang ke negara lain merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan dalam kerja sama ekonomi antarnegara. Kerja sama ekonomi antarnegara bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut!

a. Memperluas Daerah Pemasaran
Kegiatan ekonomi tidak hanya terjadi dalam batas wilayah antardesa, antarkota, antarprovinsi, atau antarpulau saja, melainkan juga terjadi antarnegara. Adanya kerja sama ekonomi antarnegara menyebabkan daerah pemasaran yang dapat dijangkau makin luas. Suatu negara tidak hanya dapat memasarkan hasil produksinya di dalam negeri melainkan juga sampai ke negara lain.

b. Mendorong Produktivitas Produksi dalam Negeri

c. Mencukupi Kebutuhan dalam Negeri
Kebutuhan penduduk suatu negara bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Sementara kemampuan pengadaan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut makin terbatas. Akibatnya, produk yang diperlukan tidak  dapat dihasilkan seluruhnya di dalam negeri, baik karena ketersediaan sumber daya alam yang terbatas atau karena kemampuan teknologi dan kualitas sumber daya manusia yang rendah.
Agar kebutuhan penduduk terpenuhi, negara harus mengimpor produkproduk dari negara lain. Misalnya Jepang, negara ini terkenal dengan produkproduknya yang berteknologi canggih seperti mobil dan alat elektronik. Untuk menghasilkan produk-produk tersebut, Jepang sangat memerlukan bahan baku alam, tetapi bahan baku tersebut tidak dihasilkan di negaranya. Oleh karena itu, Jepang mengimpor barang-bahan baku alam dari negara-negara lain seperti Indonesia. Sebaliknya, Indonesia membutuhkan produk-produk berteknologi canggih, tetapi belum mampu sepenuhnya menghasilkannya sendiri. Maka, untuk memenuhi kebutuhan, Indonesia mengimpor produkproduk tersebut dari Jepang.

d. Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi
Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara di dunia memungkinkan terjadinya aliran investasi usaha dari satu negara ke negara lain. Kerja sama ini membuat roda perekonomian berputar lebih cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga makin cepat. Pertumbuhan ekonomi yang baik menyebabkan sebuah negara mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.

e. Membebaskan Negara dari Keterbelakangan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi tiap-tiap negara berbeda-beda. Ada yang sudah maju, ada pula yang masih berkembang. Melalui kerja sama ekonomi, suatu negara memiliki kesempatan untuk membangun perekonomiannya.

Sumber : buku k13 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX