Permainan Dalam Sepak Bola

Permainan Dalam Sepak Bola

Nama permainan: Permainan Sepak Bola Gawang Sudut
Materi pengajaran: 1. Passing bola 2. Stoping bola
Deskripsi pengajaran: Siswa memainkan bola secara berpasangan bersama 4 – 5 pasangan pemain lainnya untuk berusaha melewatkan bola dengan cara passing bola pada garis gawang sudut (Mencoba). Siswa mengamati cara terbaik melakukan passing dan stoping bola untuk melewatkan bola pada garis gawang sudut dan menyadari sambil menganalisis kemungkinan terbaik melewatkan bola pada garis gawang sudut (mengumpulkan informasi).
Siswa menanya ketika menghadapi kesulitan memainkan bola atau melewatkan bola pada garis gawang sudut. Siswa diminta untuk mempersepsi cara terbaik mendapatkan ruang kosong, kemungkinan mengoper bola, merebut bola dari penguasaan lawan, dan cara terbaik mencipta skor, yaitu dengan cara melewatkan bola pada garis gawang.
Akhir dari pembelajaran siswa diminta untuk menceritakan caracara terbaik dalam memainkan permainan gawang sudut dan cara melakukan passing bola kepada teman dan stoping bola dari passing teman (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa pandai memosisikan diri di lapangan, mampu bekerja sama, dan berkembang kemampuan mengoper dan menguasai bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, cone penunjuk batas lapangan.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah dua kelompok siswa ke dalam 3 atau 4 pasangan.
2. Lakukan operan passing bola pada setiap pasangan (pengenalan).
3. Lakukan operan passing bola melewati garis gawang sudut.
4. Skor tercipta bila satu orang mem-passing bola melewati garis gawang sudut dan bola tertahan oleh kaki pasangannya.
5. Hindari keadaan merangsek bola, dengan cara memanfaatkan ruang dan waktu yang tersedia.
6. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa melewatkan bola ke garis gawang.
7. Manfaatkan empat gawang yang tersedia untuk mencetak angka.
8. Permainan berlangsung selama 10 sampai 12 menit.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran.
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah bola dalam permainan
2. Memperlebar gawang permainan
Cara mempersukar:
1. Menambah jumlah pemain
2. Memperluas daerah permainan


Nama permainan: Permainan Sepak Bola Gawang Delapan
Materi pengajaran: 1. Passing bola 2. Stoping bola 3. Tendangan bola
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan gerak passing dan stoping, atau tendangan bola bersama 7 orang pemain lainnya (mencoba). Siswa mencermati (mengamati) cara terbaik memasukkan bola ke gawang atau menjatuhkan cone (atau aqua botol kosong) yang dijaga satu pemain sambil membaca situasi dan menginterpretasi keadaan permainan (mengumpulkan informasi). Siswa menanya cara terbaik menjatuhkan cone atau memasukan bola ke gawang, merebut bola dari penguasaan lawan tanpa gawangnya sendiri kemasukan bola. Pada akhir pengajaran, siswa menceritakan cara terbaik memasukkan bola ke gawang, cara merebut bola dari penguasaan lawan tanpa gawangnya sendiri kemasukan bola, cara terbaik memosisikan diri di atas lapangan, membaca situasi permainan, dan bersikap empati, simpati, respek, peduli, dan adil.

Capaian pengajaran: Siswa pandai menguasai diri di lapangan, mampu bersikap jujur dan berani, dan terampil menendang bola.
 Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, cone penunjuk batas lapangan, penanda regu.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buat lah gawang atau titik pada setiap sudut gawang, bisa menggunakan botol air mineral kosong, cone, atau corong.
2. Setiap gawang atau titik botol air mineral kosong dijaga oleh satu pemain.
3. Siswa yang belum mendapatkan kesempatan bermain berada di pinggir lapangan.
4. Lakukan upaya memasukkan bola ke gawang lawan atau menjatuhkan titik air mineral lawan melalui dribbling bola ke arah gawang atau titik botol air mineral kosong lawan, tetapi hindari jangan sampai gawang atau titik botol air mineral sendiri dijatuhkan melalui bola tendangan lawan.
5. Pemain yang gawangnya kemasukan bola atau botol air mineralnya jatuh karena tendangan bola lawan, dapat digantikan oleh siswa lainnya dengan terlebih dahulu memosisikan gawang atau botol air mineral di tempatnya.
6. Skor dapat diperoleh bila satu orang pemain dapat melewatkan bola ke garis gawang dan atau menjatuhkan botol air mineral kosong lawan.
7. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa melewatkan bola ke garis gawang.
8. Manfaatkan delapan gawang yang tersedia untuk mencetak angka.
9. Permainan berlangsung selama 10 sampai 12 menit.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah bola dalam permainan
2. Memperlebar gawang permainan
Cara mempersukar:
1. Menambah jumlah pemain
2. Memperluas daerah permainan.


Nama permainan: Permainan Sepak Bola End Zone
Materi pengajaran: 1. Passing bola 2. Stoping bola
Deskripsi pengajaran: Siswa dari dua regu yang berlawan melakukan gerakan passing dan stoping bola (mencoba) untuk bisa di stop oleh pemain yang berada di garis akhir/end zone. Siswa mengamati cara dan situasi bermain agar bisa mempassing bola pada teman yang berada di garis akhir permainan. Siswa menanya cara passing dan stoping, mendapatkan posisi terbaik di atas lapangan, mendapatkan ruang kosong, dan berdiri untuk mempermudah teman mem-passing atau menahan bola. Siswa mengasosiasi pengetahuan yang dimiliki dengan  informasi yang didapat. Jelang akhir permainan, siswa mengomunikasi cara belajar terbaiknya dengan pengetahuan yang ada agar bola dapat distop oleh pemain yang berdiri di garis akhir.

Capaian pengajaran: Siswa pandai mencari ruang yang kosong, mampu bekerja sama, dan terampil dalam mengoper bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, cone penunjuk batas lapangan

Aturan peraturan permainan:
1. Buatlah dua kelompok siswa ke dalam 3 atau 4 pasangan.
2. Lakukan operan passing bola pada setiap pasangan (pengenalan).
3. Lakukan operan passing bola ke arah end zone dimana salah satu teman regu kalian bergerak ke arah kiri dan kanan.
4. Skor dapat diperoleh bila satu orang mem-passing bola ke arah end zone dan bola tertahan oleh kaki teman di daerah end zone.
5. Hindari keadaan merangsek bola, dengan cara memanfaatkan ruang dan waktu yang tersedia.
6. Gunakan pikiran, perasaan, dan perbuatan untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa agar bola dapat ditahan oleh pemain di garis end zone.
7. Manfaatkan ruang terbuka yang tersedia untuk mencetak angka.
8. Kembangkan kerja sama dan kekompakan bermain, serta kembangkan sikap menghargai/menghormati kawan dan lawan, sikap empati, simpati dan toleransi dalam suatu interaksi yang harmonis.
9. Lakukan komunikasi sosial yang didasari oleh adanya rasa kebersamaan.
10. Membantu pemain yang belum bisa melakukan gerakan mengoper bola atau menendang bola dengan baik.
11. Lakukan permainan dengan penuh kesadaran dan pengendalian diri.
12. Permainan berlangsung 10 sampai 12 menit.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah bola dalam permainan.
2. Menambah penjaga gawang di samping lapangan.
Cara mempersukar:
1. Menambah jumlah pemain.
2. Memperluas daerah permainan.


Nama permainan: Permainan Sepak Bola Lewati Garis Pertahanan
Materi pengajaran: 1. Passing bola  2. Stoping bola  3. Dribling bola
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan dribling, passing, dan stoping untuk bisa melewati pertahanan dan halangan lawan di garis pertahanan (mencoba). Siswa mengamati cara terbaik melewati hadangan lawan dan cara menggiring bola. Siswa perlu memperlihatkan kejujuran, respek, kerja sama. Siswa menanya dan mengumpulan informasi tentang cara-cara dribling, passing dan stoping, serta cara terbaik melewati  hadangan lawan. Siswa mengasosiasi informasi yang didapat untuk mengembangkan kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Akhir pengajaran, guru meminta siswa untuk menceritakan apa yang sudah dipelajari. Guru mengokohkan kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang didapat siswa.

Capaian pengajaran: Siswa pandai menganalisis situasi permainan, mampu bekerja sama, dan terampil dalam mengoper bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, cone penunjuk batas lapangan, penanda regu.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah dua kelompok siswa ke dalam 3 atau 4 pasangan sesuai dengan keadaan kelas.
2. Lakukan gerakan menggiring bola pada setiap pasangan dengan jarak yang kalian inginkan (pengenalan).
3. Lakukan gerakan menggiring bola dan berusaha melewati lawan yang berusaha menghadang di garis pertahanan.
4. Skor dapat diperoleh bila kalian bisa melewati semua teman di garis pertahanan yang berusaha menggagalkan upaya dribbling bola.
5. Hindari kegagalan menggiring bola dengan cara memanfaatkan ruang dan waktu yang tersedia.
6. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa melewati teman yang ingin menghalangi/menggagalkan dribbling bola.
7. Jika tidak bisa melewati teman yang menghalangi di garis pertahanan, kembalilah ke titik awal pada saat memulai permainan.
8. Setelah bisa melewati garis pertahanan akhir, kembalilah melewati garis pertahanan dengan men-dribbling bola ke titik awal saat memulai permainan.
9. Skor diperoleh bila pemain mampu melewati garis pertahanan akhir dan kembali ke titik awal saat memulai permainan.
10. Kembangkan upaya-upaya gerak-tipu dribbling bola melalui daya penalaran, perasaan dan perbuatan agar berhasil melewati garis pertahanan lawan.
11. Dalam satu kali serangan ke garis pertahanan lawan dapat dilakukan oleh dua pemain penyerang.
12. Permainan bisa dikembangkan dengan cara regu menyerang melakukan passing bola, pemain di garis pertahanan berusaha untuk menggagalkan operan bola.
13. Permainan berlangsung selama 10 – 12 menit atau disesuaikan dengan kondisi kelas dan kebutuhan.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran.
Cara mempermudah:
1. Menambah jumlah pemain penyerang (misal dari 1 lawan 1 menjadi 2 lawan 1 atau 3 lawan 1)
2. Memperluas daerah permainan.
Cara mempersukar:
1. Menambah jumlah pemain bertahan (misal: 2 atau 3 orang)
2. Mempersempit daerah permainan.


Nama permainan: Bermain Mengoper dan Menembak Bola ke Gawang
Materi pengajaran: 1. Passing bola  2. Stoping bola
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan gerakan passing dan stoping bola untuk bisa memasukkan bola ke gawang yang telah disediakan guru (mencoba). Siswa mengamati gerak passing dan stoping dibarengi dengan kecermatan membaca dan menganalisis situasi bermain (mengumpulkan informasi). Siswa menanya cara terbaik memainkan permainan, unsur sikap yang dibutuhkan agar tercipta skor, cara stoping bola, dan memosisikan diri di lapangan. Akhir pengajaran, siswa mengomunikasi tentang apa yang sudah dipelajari di hadapan siswa lainnya, mengontekskan unsur sikap yang dipelajari dengan kenyataan kehidupan siswa di luar kelas pendidikan jasmani.

Capaian pengajaran: Siswa pandai mencari ruang terbuka untuk menerobos pertahanan lawan, mampu berempati dan toleransi, dan terampil dalam mengoper dan menguasai bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, gawang dengan ukuran 2 x 3 meter yang bisa terbuat dari paralon, penunjuk batas lapangan dan boleh juga menggunakan count atau rapia.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buat kelas menjadi empat kelompok, bisa disatukan antara perempuan dan laki-laki, bisa juga dipisah sesuai dengan keinginan.
2. Masuklah ke lapangan sesuai tempat yang telah ditentukan.
3. Lakukan gerakan mengoperan dan menembakkan bola secara perlahan-lahan, hal ini dimaksudkan sebagai pengenalan awal dalam melakukan operan.
4. Setelah melakukan operan dan tembakkan, coba lakukan dengan gerakan variasi dan berusaha memasukkannya ke dalam gawang.
5. Selama melakukan gerakan operan dan tembakkan harus mentaati peraturan yang telah ditentukan.
6. Skor diperoleh bila teman dalam satu kelompok dapat menyentuh semua bola atau semua melakukan gerakan operan dan tembakan ke gawang.
7. Skor dinyatakan gagal bila teman kamu ada yang tidak melakukan gerakan operan dan tembakan.
8. Gunakan pikiran untuk mencari dan mendapatkan ruang leluasa untuk dapat melewati lawan/rintangan.
9. Manfaatkan ruang terbuka yang tersedia untuk mencetak angka

Gambar permainan:
Pengembangan pengajaran:
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran
Cara mempermudah:
1. Menambah bola ke dalam permainan
2. Menambah jumlah pemain
3. Memperluas daerah permainan
Cara mempersukar:
1. Memperkecil jumlah pemain (misal 1 lawan 1)
2. Mempersempit daerah permainan


Nama permainan: Bermain Memanfaatkan Ruang Kosong dengan
Cara Mengoper dan Menghentikan Bola.
Materi pengajaran: 1. Passing bola  2. Stoping bola
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan variasi passing bola dan stoping bola dengan berusaha selalu mencari ruang yang kosong di lapangan untuk menghentikan bola di kisaran lingkaran yang telah disediakan guru (mencoba). Guru meminta siswa untuk mengamati dan mengumpulkan informasi cara gerakan variasi passing dan stoping bola dan permainan dilakukan (mengasosiasi). Guru mengundang siswa untuk bertanya tentang gerakan variasi passing dan stoping dan cara permainan dilakukan, seperti upaya mendapatkan ruang yang kosong, membuka peluang agar teman yang menguasai bola mudah mem-passing bola, melakukan gerak lari tipuan agar lepas dari penjagaan lawan (menanya). Akhir pembelajaran, guru meminta siswa untuk mengatakan hal-hal yang dipelajari terutama untuk pengembangan kemampuan pengetahuan, sikap, dan keterampilan motorik siswa (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa pandai mencari ruang terbuka, mampu bekerja sama, dan terampil mengoper dan menghentikan bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, kapur sebagai penanda atau juga bisa menggunakan hulahoop atau menggunakan cone, atau bisa juga menggunakan ban sepeda bekas.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buat kelas menjadi empat kelompok, bisa disatukan antara perempuan dan laki-laki bisa juga dipisah sesuai dengan keinginan siswa.
2. Dua regu berlawanan berada di atas lapangan.
3. Sebar beberapa hulahoop atau ban bekas di atas lapangan yang jumlah lebih banyak daripada anggota satu tim.
4. Sebelum siswa masuk ke dalam lapangan yang telah disediakan oleh guru, coba lakukan dulu mengoper dan meghentikan bola dengan teman anda baik secara berpasangan atau secara dinamis.
5. Setelah melakukan secara berpasangan, siswa masuk ke dalam lapangan yang telah disediakan oleh guru siswa.
6. Dalam lapangan yang telah disediakan siswa harus melakukan operan dan menghentikan bola secara tepat dengan cara siswa harus memanfaatkan ruang kosong yang tidak ditempati oleh teman siswa.
7. Bola yang tertahan letakan dengan kaki ke lingkaran hulahoop atau ban sepeda bekas sebagai tanda skor tercipta.
8. Manfaatkan ruang, waktu, dan jarak antar siswa dan hulahoop atau ban bekas agar siswa mudah mendapatkan operan bola dan bisa meletakkan bola dengan kaki di dalam lingkaran.
9. Kembangkan proses belajar bermain sepak bola dan melalui permainan sepak bola untuk mendapatkan hikmah pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan.
10. Lakukan permainan selama 10 sampai 12 menit.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Menambah bola ke dalam permainan
2. Menambah jumlah pemain
3. Memperluas daerah permainan
Cara mempersukar:
1. Memperkecil jumlah pemain (misal 2 lawan 2)
2. Mempersempit daerah permainan


Nama permainan: Permainan Sepak Bola Sentuh Siswa
Materi pengajaran: Passing bola
Deskripsi pengajaran: Siswa melakukan passing untuk bisa menyentuhkan bola ke daerah tungkai lawan yang berlarian menghindari sentuhan bola (mencoba). Guru meminta siswa mengamati dan mengumpulkan informasi untuk terhindar dari sentuhan bola, menjauh dari pemain yang menguasai bola, berposisi aman di lapangan.
Siswa yang menyentuhkan bola diminta melakukan variasi passing bola. Guru mengundang siswa untuk menanya cara melakukan passing atau terhindar dari sentuhan bola. Akhir pembelajaran, guru meresume pengajaran dan meminta siswa menceritakan hal-hal yang sudah dipelajari (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa pandai mendapatkan posisi untuk menyentuhkan bola, mampu berempati, dan terampil dalam menendang bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah dua kelompok ke dalam 3 atau 4 pasangan.
2. Lakukan gerakan passing bola pada setiap pasangan (pengenalan).
3. Sentuhkan bola yang dikuasai ke arah pemain yang tidak menguasai bola.
4. Jika pemain yang tidak menguasai bola terkena bola, dia harus menjadi teman yang bertugas menyentuhkan bola ke pemain yang tidak menguasai bola.
5. Lakukan upaya menyentuhkan bola hingga semua pemain yang tidak meguasai bola menjadi teman yang harus menyentuhkan bola.
6. Hindari keinginan untuk menendang atau menyentuhkan bola sekeras-kerasnya.
7. Pemain yang tidak menguasai bola hanya boleh berada pada daerah permainan yang telah ditetapkan.
8. Manfaatkan daya nalar, perasaan, dan keterampilan untuk segera menyelesaikan permainan.
9. Jalinlah interaksi sosial secara positif.
10. Permainan berlangsung selama 10 sampai 12 menit.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Menambah bola ke dalam permainan
2. Menambah jumlah pemain
3. Mempersempit daerah permainan
Cara mempersukar:
1. Memperkecil jumlah pemain (misal 2 lawan 2)
2. Memperluas daerah permainan


Nama permainan: Permainan Sepak Bola Bowling
Materi pengajaran: 1. Passing bola  2. Stoping bola
Deskripsi pengajaran: Siswa menggelendungkan bola oleh kaki secara diagonal pada teman di depannya (laju bola bisa lambat sampai cepat), sementara siswa dari arah diagonal lain berusaha menumbukkan bola yang dikuasainya ke arah bola yang menggelundung tadi (mencoba). Siswa diminta mengamati dan mengumpulkan informasi tentang cara bagaimana agar terjadi tumbukan pada satu pasangan pemain, pasangan pemain lainnya cara bagaimana agar bola yang digelundungkan terhindar dari tumbukan bola. Guru meminta siswa untuk mengasosiasi pengetahuan yang didapat dan menceritakannya kepada siswa lain di akhir pembelajaran (mengomunikasi).

Capaian pengajaran: Siswa menginterpretasi laju bola, bersikap sabar dan cermat, dan terampil dalam melakukan gerakan passing (mengoper) bola dalam permainan sepak bola.
Alat dan bahan pengajaran: 4 bola sepak, pembatas lapangan.

Aturan dan peraturan permainan:
1. Buatlah empat kelompok dengan jumlah kelompok yang sama banyak.
2. Setiap kelompok berdiri di setiap sudut persegi empat.
3. Gelundungkan bola dalam satu alur diagonal.
4. Alur diagonal lainnya menumbuk bola dengan tendangan atau passing (mengoper) bola.
5. Lakukan secara bergantian.
6. Permainan berlangsung selama 10 sampai 12 menit.

Gambaran permainan:
Pengembangan pengajaran:
Cara mempermudah permainan dan mempersukar permainan belajar siswa.
Cara mempermudah:
1. Memperlambat laju bola
2. Menambah bola ke dalam permainan
3. Mempersempit daerah permainan
Cara mempersukar:
1. Mempercepat laju bola
2. Memperluas daerah permainan

Sumber : buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas IX