Rangkuman Pokok Fikiran Pembukaan UUD 1945

Rangkuman Pokok Fikiran Pembukaan UUD 1945
1. Kata Kunci
Kata kunci yang harus kalian kuasai dalam mempelajari materi di bab ini adalah pokok pikiran, negara persatuan, keadilan sosial, kedaulatan rakyat, cita-cita hukum dan suasana kebatinan.
2. Intisari Materi
a. Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan bagian dari pokok kaidah fundamental negara yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945.
b. Pokok-pokok pikran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 , yaitu:
1) Negara persatuan
2) Keadilan sosial
3) Kedaulatan rakyat
4) Ketuhanan yang maha Esa menurut dasar Kemanusiaan yang adil dan beradab.
c. Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada hakikatnya merupakan pancaran nilainilai Pancasila.
d. Pokok-pokok pikiran tersebut meliputi suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar Negara Indonesia. Pokok-pokok pikiran ini mewujudkan cita-cita hukum (Reichsidee) yang menguasai hukum dasar negara, baik hukum yang tertulis (Undang-Undang Dasar) maupun hukum yang tidak tertulis. Undang-Undang Dasar menciptakan pokok-pokok pikiran ini dalam pasal-pasalnya
e. Tugas seluruh bangsa Idonesia untuk mempertahankan dan mewujudkan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
f. Istilah penting : kaidah pokok fundamental, pokok-pokok pikiran, negara persatuan, keadilan sosial, kedaulatan rakyat, cita-cita hukum

Sumber: Buku K13 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas IX