Limbah

Limbah adalah suatu bahan yang terbuang dari aktivitas makhluk hidup sehari-hari. Limbah dari kehidupan manusia dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Tidak semua limbah dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan, seperti limbah cair atau gas. Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Limbah padat inilah yang dimanfaatkan kembali sebagai produk kerajinan.
 kekayaan Indonesia dalam memunculkan banyak kerajinan yang unik dan memiliki ciri khas kedaerahan. Begitu pula dengan kerajinan dari limbah, Indonesia cukup banyak menghasilkan karya dari bahan limbah. Dibahas pula mengenai bahan dan proses limbah organik yang terdapat di lingkungan sekitar dan tempat-tempat umum. Di dalamnya menyangkut bahan-bahan yang dimaksud limbah dan juga proses terjadinya atau didapatkannya limbah itu sendiri. Limbah dibagi berdasarkan spesifikasi masing-masing. Limbah yang tergolong organik dapat dibagi menjadi 2 yaitu limbah organik basah dan limbah organik kering.
 Limbah jika tidak ditangani dengan pengolahan yang baik akan menjadi problematika wilayah yang mengakibatkan juga masalah nasional. Pemilahan limbah ini dimaksudkan agar masyarakat dapat mengelola limbah sesuai dengan kelompoknya, agar pengelolaan dapat sesuai dengan tujuan dan manfaatnya. Begitu pula dengan limbah yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan, jika dilakukan pemilahan yang tepat, maka akan didapat hasil produk kerajinan yang berkualitas.
Banyak upaya pemerintah dalam memajukan peluang usaha di beberapa sektor, begitu pula pada sektor kerajinan. Kerajinan dari Indonesia tidak hanya dikenal dapat diproduksi dari bahan alam tetapi juga dari limbah. Berdasarkan gambar yang ditunjukkan pada halaman ini yaitu mengenai produk kerajinan bahan limbah yang dipamerkan di acara tertentu, peserta didik diminta melakukan kegiatan mengamati dan mengidentifikasi. Kegiatan identifikasi ini bertujuan untuk mengembangkan semangat
komunikasi, kerjasama, toleransi, disiplin, dan tanggung jawab. Peserta didik diberi motivasi bagaimana melaksanakan diskusi dengan baik, menjadi pendengar yang baik sebagai pengembangan perilaku sosial. Hal ini harus selalu diingatkan dan dimotivasi. Sedangkan guru hanya menjadi fasilitator.
Limbah organik dibagi menjadi 2 bagian yaitu limbah basah dan limbah kering. Limbah organik adalah limbah yang mudah terurai dan mengalami pelapukan. Adapun yang dimaksud limbah basah adalah hasil buangan yang kandungan airnya cukup tinggi. Membicarakan limbah organik basah sebagai bahan dasar kerajinan merupakan hal yang menarik. Peserta didik perlu diajak untuk merespon hal ini.
Limbah kering kandungan airnya rendah atau tidak ada sama sekali. Berbicara tentang limbah organik kering sebagai bahan dasar kerajinan sangat menarik. Limbah organik kering juga banyak ditemukan di berbagai tempat. Peserta didik perlu diajak untuk merespon hal ini agar dapat dibangun pengetahuan yang luas dan mengembang.
Pengolahan limbah secara global telah disarankan sebagai tindakan penyelamatan lingkungan hidup dari polutan. Konsep masyarakat terhadap limbah dianggap sebagai barang buangan saja. Padahal sesungguhnya limbah punya banyak potensi untuk dimanfaatkan ulang. Keengganan masyarakat terhadap pengolahan limbah yang dianggap pekerjaan orang rendahan membuat limbah bertumpuk semakin tidak terkelola.
Perbaikan mind set untuk pelestarian lingkungan itu sangat diperlukan. Gunakan mind set prinsip reduce, reycle, dan reuse sebagai pembentukan pola pikir peserta didik.

Sumber : buku prakarya kelas VIII k13