limbah organik

Jerami merupakan bahan limbah organik yang dapat dicari di daerah persawahan. Daerah seperti pulau Jawa, Bali dan Sumatera serta daerah lainnya masih banyak terdapat persawahan padi. Indonesia merupakan negara agraris penghasil padi yang cukup besar. Sehingga limbah jerami tidak sulit untuk dicari. Gunakan gambar untuk mewakili limbah jerami jika tidak ada model sesungguhnya.
Pengembangan model pembelajaran penemuan/ discovery untuk menggali rasa ingin tahu peserta didik dapat dilakukan. Terutama berguna untuk mengembangkan sikap kemandirian dan ketekunan peserfta didik dalam memahami limbah jerami. Sampaikan bagian-bagian dari jerami yang dapat diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan.
 Sisik ikan tidak kuat dengan suhu panas, karena jika terkena panas permukaan sisik ikan akan melengkung. Sebaiknya jika ingin menjemur sisik ikan dengan diagin-angin saja. Jika ingin mendapatkan permukaan datar sempurna, gunakan alat penindih sisik ikan agar sisik ikan dapat rata dan mudah dibentuk. Tapi terkadang dengan melengkungnya sisik ikan, merupakan keunikan tersediri. Maka jika peserta didik merasa gagal dengan didapatkannya sisik ikan yang melengkung, sampaikan bahwa hal itu pun baik, semua bisa saja, dan tidak mengurangi kreatifitas.
Cangkang kerang bagi sebagian orang merupakan bahan alam dan bukan bahan limbah organik, karena cangkang kerang dapat sengaja dicari orang sesuai bentuk yang diinginkan untuk produk kerajinan tertentu. Tetapi cangkang kerang di tepi pantai sangat banyak dan mudah ditemui, yang demikian itulah yang dimaksud limbah. Dan limbah cangkang kerang yang seperti inilah yang dikembangkan sebagai bahan dasar kerajinan.
Cangkang kerang yang biasa digunakan sebagai bahan dasar kerajinan adalah jenis cangkang kerang betina. Cangkang kerang jenis ini tentunya sulit untuk dicari atau dipahami peserta didik. Yang penting cangkang kerang dengan bentuk yang kokoh dan nampak kuat, tidak mudah rapuh, itulah yang dimaksud cangkang kerang betina. Jika hal ini diteliti lebih lanjut, pasti akan menjadi pembelajaran proyek atau discovery yang sangat menarik
Selain cangkang kerang sebagai limbah organik keras ada pula limbah tempurung kelapa. Berdasarkan beraneka produk kerajinan bahan limbah organik dari tempurung kelapa yang disajikan pada gambar, peserta didik diminta mengamati dan mengidentifikasi.

Sumber : buku prakarya kelas VIII k13