Membiasakan Kerjasama dalam Lingkungan Masyarakat

Di masyarakat banyak kita jumpai berbagai kelompok yang bekerja dan saling membantu seperti di lingkungan keluarga, di mana ada ayah, ibu, dan anak-anaknya mengambil peran masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Keharmonisan keluarga dapat ditakar dari bagaimana peran masingmasing anggota keluarga dapat berjalan dengan semestinya.
Bentuk-bentuk hubungan kerja sama dalam lingkungan masyarakat yaitu diantaranya siswa ikut serta dalam kegiatan masyarakat, misalnya dalam kegiatan kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi, dan sebagainya.
Sekolah secara khusus juga dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat misalnya dalam bentuk adanya program baksos (bakti sosial) untuk masyarakat yang kurang mampu ataupun yang terkena musibah/ bencana, kegiatan bazar sekolah dengan memamerkan hasil karya siswa, termasuk pementasan karya tulis, karya seni dan karya keterampilan pada saat HUT RI.
Hal ini akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat. Bagi sekolah sendiri, kegiatan tersebut dapat melatih para siswanya untuk lebih mudah dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan pengertian gotong royong!
2. Jelaskan 3 (tiga) bentuk gotong royong yang ada di berbagai daerah!
3. Berilah 3 (tiga) contoh perwujudan gotong royong di lingkungan
sekolah!
4. Jelaskan 3 (tiga) manfaat gotong royong bagi masyarakat!


Sumber : Buku K13 PKn Kelas VIII SMP/MTs