tahapan penulisan kritik tari

Berdasarkan beberapa tahapan penulisan kritik tari tersebut, dapat dikembangkan beberapa pertanyaan mendasar untuk memudahkan kita dalam menuangkannya ke dalam tulisan.

1. Tahapan Pendeskripsian
Pada tahapan ini dapat dikembangkan beberapa pertanyaan untuk dijadikan sebagai bahan dasar awal dalam menuliskan peristiwa pertunjukan.
Adapun pertanyaan tersebut diantaranya :
a. Apa judul karyanya?
b. Siapa koreografernya?
c. Siapa panitia penyelenggaranya?
d. Tempat dimana?
e. Tanggal berapa pertunjukannya?
f. Apa tema kegiatannya?
g. Berapa penari yang telibat?
h. Apa nama/jenis tarian yang dibawakan?
i. Bagaimana gerak yang dilakukan?
j. Dari daerah mana tarian tersebut?
k. Bagaimana konsep musik yang ditampilkan?
l. Bagaimana tata pentas yang ditampilkan?
m. Bagaimana tata cahaya yang ditampilkan?
n. Bagaimana kostum yang dikenakan?
o. Riasan apa yang digunakan?
p. Bagaimana kualitas penari?
q. Bagaimana kekompakan penari?
r. dan lain lain.

2. Tahapan Analisis
Pada tahap analisis dapat dikembangkan dengan beberapa petunjuk pertanyaan sebagai berikut.
a. Bagaimana konsep gerak yang ditampilkan berdasarkan pendekatan nilai estetika gerak?
b. Bagaimana konsep musik yang ditampilkan berdasarkan pendekatan nilai estetika musik?
c. Apa kelemahan dan kelebihan dari karya tari yang disaksikan?

3. Tahapan Interpretasi
Pada tahap interprestasi dapat dikembangkan dengan beberapa pertanyaan berikut.
a. Simbol apa saja yang terdapat dalam pertunjukan?
b. Nilai apa saja yang ditemukan dalam pertunjukan?
c. Pesan Moral apa yang diperoleh dari penyajian?

4. Tahapan Evaluasi
Pada tahap ini diberikan petunjuk pertanyaan untuk pengembangan dalam menuliskan kritik.
a. Apa yang perlu diperhatikan dari bentuk dan struktur penyajian secara keseluruhan?
b. Bagaimana sebaiknya untuk menutupi kelemahan bagian pertunjukan?

5. Tahapan Memberikan Kesan atau Pernyataan Sikap
Petunjuk pertanyaan di bawah ini dapat membantu kamu dalam menuliskan kritik.
a. Bagaimana kesan yang diperoleh setelah pertunjukan tari diapresiasi?
b. Kesan apa yang diperoleh dari karya tari yang diamati?