Kerajinan limbah organik

Kerajinan bahan limbah organik yang dimodifikasi memiliki keunikan dalam penciptaan. Paduan dari berbagai bahan limbah organik dan proses penciptaan baru yang dapat memadukan bahan limbah organik dan bahan alam atau buatan merupakan konsep yang harus dipahami dengan jelas. Namun yang penting adalah bagaimana bahan limbah organik menjadi dominasi dari setiap karya modifikasi.
Karya modifikasi selain pada bahan juga dapat pada bentuk, motif, tekstur, dan teknik pembuatan.
Sebagai bahan diskusi, peserta didik diajak untuk mendiskusikan contoh karya modifikasi yang ada pada buku siswa. Peserta didik mencoba mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dipikirkannya. Peserta didik yang lain mencoba menanggapi pendapat kawannya. Mintalah peserta didik berpikir analisa dengan jawaban yang dapat diterima secara ilmiah.
Kemasan selalu menjadi bagian akhir dari penyelesaian karya kerajinan. Kemasan menjadi bagian penting dari sebuah produk. Terkadang kemasan tidak dihiraukan dalam pembuatan kerajinan. Hal ini dikarenakan pengrajin hanya fokus pada produk kerajinannya saja, padahal kemasan membuat sebuah produk kerajinan menjadi memiliki nilai tinggi, tentunya juga meningkatkan harga.

Sumber : buku k13 prakarya dan kewirausahaan kelas VIII