Ikan cupang

Dalam kegiatan pembenihan ikan cupang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu ketersediaan pakan alami. Kebutuhan pakan alami sesuai dengan umurnya, yaitu :
1. Usia 0 -3 hari tidak usah diberi makan, karena masih memiliki kuning telur.
2. Usia 4-10 hari diberi pakan alami berukuran mikro, contohnya : Infusoria.
3. Usia> 10 hari diberikan pakan alami yang sesuai dengan bukaan mulutnya.
tuk Guru
Pada saat pemijahan biarkan ikan cupang jantan berada di tempat pemijahan, sedangkan cupang betina disimpan pada wadah berbeda dengan bertujuan agar cupang jantan memproduksi sel kelaminnya/sperma pada akar tanaman yang berfungsi sebagai tempat menempelnya telur. Pada saat dalam wadah budidaya terdapat busa/buih, barulah cupang betina dimasukkan kedalam wadah dan siap untuk dipijahkan.

Setelah terjadi pemijahan, indukan betina diangkat dan dipelihara untuk dipijahkan lagi setelah pemeliharaan 3- 6 minggu. Telur cupang akan menetas dalam waktu 36 jam s/d 48 jam. Pada saat telur mulai pecah dan akan menghasilkan burayak, biarkan 2-3 hari burayak tidak diberi makan sampai kuning telur (egg yolk) burayak habis, setelah itu barulah diberi makan. Makanan yang paling baik untuk burayak cupang adalah bayi kutu air, baby brine shrimp (Artemia), dan zooplankton lainnya yang berukuran kecil sesuai dengan ukuran bukaan mulut burayak. Setelah berusia 1.5- 2 bulan ikan cupang ini baru memiliki warna sehingga akan tampak keindahannya.
Penilaian
Sumber : prakarya dan KWU kelas 8 k13