Mie aceh

Contoh serealia yaitu Mie, yang pengolahannya dilakukan dengan teknologi khas daerah setempat. Tahap awal dari pembuatan olahan pangan setengah jadi menjadi makanan jadi khas daerah Mie Aceh, yaitu perencanaan. Dalam merencanakan suatu pembuatan produk peserta didik dibiasakan untuk mengindentifikasi kebutuhan yang diperlukan dilingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati lingkungan atau wawancara dengan masyarakat lingkungan sekitar, sehingga pada akhirnya dapat disimpulkan suatu ide/gagasan pembuatan produk olahan pangan yang tepat.
Mie Aceh sangat banyak variasinya bisa menggunakan daging cincang, udang, dan kepiting. Guru perlu menjelaskan teknik bagaimana membersihkan bahan-bahan tersebut, karena setiap bahan memiliki karakteristik berbeda dan tingkat kesulitan yang berbeda.
Mie Aceh kaya akan cita rasa, karena penggunaan rempah-rempah bumbu khas Indonesia sangat banyak. Peserta didik ditugaskan untuk membaca tentang bumbu dan bahan pelengkap dari Mie Aceh. Setelah peserta didik memahami hal tersebut, guru dapat menggunakan model pembelajaran kerjasama dan snowball throwing. Caranya guru membuat bola salju yaitu setiap potongan kecil kertas ditulis satu pertanyan, satu jawaban dari pertanyaan tersebut. Remas potongan kertas yang sudah ditulisi pertanyaan/jawaban, seperti membentuk bola. Buatlah pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan pengetahuan bumbu dan bahan pelengkap Mie Aceh.
Adapun kegiatan pembelajarannya dengan melempar bola-bola kertas ke ke segala arah. Peserta didik harus menangkap bola kertas, lalu diminta untuk membuka dan membacanya. Peserta didik yang mendapat potongan kertas bertuliskan pertanyaan, harus membacanya terlebih dahulu, lalu ditanggapi oleh peserta didik yang mendapat potongan kertas jawaban. Diharapkan peserta didik perhatian penuh pada pembelajarn sehingga membaca jawaban yang benar. Dengan demikian peserta didik dapat belajar menyimak dengan baik.
Tahapan pembuatan pengolahan secara prosedural antara lain, perencanaan (meliputi identifikasi kebutuhan dan ide gagasan); pelaksanaan/pembuatan (meliputi persiapan, alat dan bahan dan proses pengolahan); penyajian jika untuk disantap di tempat dan kemasan jika untuk dibawa pulang dan evaluasi secara keseluruhan dari tahap awal hingga akhir. Pada halaman ini, dideskripsikan tahapan pelaksanaan/pembuatan produk, dimana terdiri atas persiapan bahan dan alat, serta proses pembuatan. Teknik pengolahan bahan pangan produk setengah jadi menjadi makanan khas daerah yaitu Mie Aceh dilakukan khas tradisi daerah setempat, dengan menggunakan teknologi daerah setempat. Dengan pertimbangan agar dapat dibuat oleh seluruh peserta didik dimanapun berada.

Sumber : prakarya dan KWU kelas 8 k13