beda adat

Dari cerita diatas, perbedaan kebiasaan apa yang nampak nyata diantara guru dan siswa?. Di sekolah, kalian dapat ditemukan berbagai perbedaan norma dan kebiasaan diantara seluruh siswa. SMP sebagai sekolah menengah yang biasanya berada di Ibukota kecamatan memiliki siswa yang lebih beragam dibandingkan dengan SD. Perbedaan daerah tempat tinggal walaupun satu kecamatan seringkali melahirkan nilai-nilai kesopanan atau kebiasaan yang berbeda juga.
Selanjutnya amati dan laporkan berbagai perbedaan norma yang ada di masyarakat atau di sekolah kalian. Perbedaan tersebut dapat berupa perbedaan tata cara berbicara, berpakaian, tata cara bertingkah laku dan sebagainya.
Di tengah terik matahari siang, seorang siswa berlari di halaman sekolah. Tanpa sengaja siswa tersebut berlari di depan guru dan tidak mengucapkan permisi ataupun memohon maaf. Kemudian guru tersebut memanggil siswa dan menasehatinya untuk tidak melakukan hal seperti itu. Ketika sedang diberi nasehat siswa tersebut menatap mata guru. Guru kemudian menegur siswa, mengapa ketika diberi nasehat siswa menatap mata guru. Siswa itu pun menjawab “kata ibu, apabila sedang diberi nasehat oleh orangtua atau guru maka saya harus menatap mata sebagai bukti memperhatikan nasihatnya”.
Guru itupun terdiam dan dalam hatinya berkata “Saya diajari oleh orangtua ketika dinasehati saya harus menundukkan kepala dan tidak memandang mata”.

Sumber : Buku k13 PPKn kelas VIII