Ikan Hias air Laut

Ikan hias air laut adalah jenis ikan yang hidup di laut, kemudian dibudidayakan pada wadah akuarium yang sudah dimodifikasi sesuai habitatnya. Ikan hias air laut sangat menarik sehingga menjadi favorit, tetapi lebih rentan terkena penyakit. Dalam proses budidaya ikan hias laut harus memperhatikan kualitas air (salinitas).
Filter Undergravel adalah filter yang terdapat pada bagian bawah akuarium yang dasarnya dilapisi dengan pasir, kerikil, batu dan lain-lain, sebagai sistem penunjang ekosistem alami kehidupan ikan. Filter berfungsi menyedot kotoran ikan pada akuarium. Manfaat filter undergravel :
1. Sebagai penjernih air.
2. Media pernafasan dari bakteri yang hidup pada undergravel.
3. Menyerupai sistem sirkulasi yang alami.
Pada budidaya ikan hias air laut kita harus mengenal jenis-jenis ikan yang mampu bertahan hidup lama serta jenis ikan yang mampu sebagai decomposer dalam akuarium tersebut. Proses penebaran atau pemindahan ikan menjadi langkah awal dalam meminimalkan kestresan pada ikan, oleh sebab itu kita harus melakukan aklimatisasi/ pengadaptasian ikan dengan lingkungan barunya. Kegiatan klimatisasi dilakukan dengan cara mengapungkan kantung plastic yang berisiikan tersebut beberapa menit (5- 15 menit) pada permukaan air dalam akuarium.  

Sumber : prakarya dan KWU kelas 8 k13