Diskusi Komponen Penyusun Tanah

Diskusi Komponen Penyusun Tanah
Alternatif Jawaban:
1. Komponen tanah yang ditemukan: batuan, tanah, air, rongga udara, makhluk hidup (organisme tanah), dan rumput/tumbuhan. Apabila beberapa komponen tanah seperti air atau udara sulit teramati maka guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan penyelidikan lebih lanjut. Guru dapat menggali kreativitas peserta didik untuk membuktikan adanya udara dalam tanah. Adanya udara dalam tanah dapat dibuktikan secara sederhana yakni dengan memasukkan bongkahan tanah ke dalam air, adanya udara ditunjukkan dengan munculnya gelembung-gelembung udara dalam air.
2. Apabila terdapat batuan, daun yang lapuk tanah biasanya diperoleh dari kebun yang cukup banyak terdapat tumbuhannya, atau bisa berasal dari tanah di sekitar sawah.
3. Tempat pengambilan tanah mempengaruhi komponen yang terdapat di dalamnya karena setiap tempat memiliki karakteristik makhluk hidup yang berada di atas atau di dalamnya yang berbeda. Keberadaan makhluk hidup di dalam tanah sesuai dengan jenis tanah pada kawasan tersebut, karena jenis tanah dapat mendukung keberadaan makhluk hidup di dalamnya.
4. Kesimpulan: komponen tanah terdiri atas batuan, udara, air, dan mahkluk hidup.

Sumber : buku Ilmu Pengetahuan Alam k 13 kelas IX