Pengolahan limbah anorganik

Limbah anorganik ialah sampah padat yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengelolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam, contohnya: botol plastik, kantong plastik, atau kaleng. Limbah seperti ini banyak dijumpai di kota-kota. Limbah nilah yang dapat direcycle menjadi produk kerajinan.
Banyak upaya-upaya masyarakat dalam memajukan peluang usaha, khususnya sektor kerajinan dari bahan limbah anorganik. Kerajinan dari bahan limbah anorganik sudah mulai diperhatikan masyarakat. Berdasarkan gambar kegiatan pameran produk limbah yang diselengarakan di beberpaa tempat tentang beraneka produk kerajinan bahan limbah anorganik yang disajikan, peserta didik diminta mengamati dan mengidentifikasi.
 Bahwa limbah anorganik dibagi menjadi 2 bagian yaitu limbah lunak dan limbah keras. Limbah anorganik adalah limbah yang tidak mudah terurai dan membutuhkan proses yang lama atau bahkan tidak dapat terjadi pelapukan sama sekali. Berbicara tentang limbah anorganik yang telah menjadi perhatian masyarakat ini sangat menarik. Peserta didik perlu diajak untuk merespon hal ini.
Produk kerajinan yang berasal dari bahan dasar limbah anorganik mudah dikenali karakternya. Karena justru limbah anorganik yang nampak kasat mata tanpa dicat atau dihilangkan ciri khasnya itu membuat kerajinan ini menjadi unik. Bahan limbah anorganik biasanya mendominasi pada bahan dasar yang dipakai.
 Kerajinan dari aneka plastik dapat dibuat dengan beraneka ragam teknik, dan dapat dikonstruksi menjadi bentuk yang beragam. Dilihat dari bahan dasarnya, kerajinan dari limbah anorganik tidak cukup bernilai tinggi, namun jika diolah secara kreatif, kerajinan limbah anorganik ini dapat melebihi harga jual sebuah lukisan terkenal, apalagi jika disukai oleh seorang kolektor seni.
Limbah plastik merupakan limbah yang cukup mendominasi di lingkungan. Limbah platik mudah didapat secara gratis dan jika harus dibeli pun akan di peroleh dengan murah. Guru dapat mengembangkan plastik bekasyang mengganggu lingkungan ini menjadi berbagai karya kerajinan yang menarik dan unik.
Biasanya kerajinan dari limbah plastik hanya dapat dikonstruksi dengan pengerjaan yang relatif sulit, karena menggunakan peralatan yang cukup memadai, seperti mesin jahit, solder pemanas, dan sebagainya. Pengelemannya pun dibutuhkan lem khusus plastik. Namun bentuknya dapat dibilang tidak lagi sederhana. Terkadang keterbatasan pengetahuan teknik ini membuat kerajinan dari limbah plastik kurang diminati orang banyak. Kerajinan yang dihasilkan dari limbah plastik bisa diproduksi dengan tingkat tinggi dan pengembangan bentuk yang muncul juga menjadi semakin bervariasi.
 Kemasan adalah pembungkus minuman atau makanan yang biasanya berbetuk kotak dan terbuat dari kardus berlapis aluminum foil. Kemasan minuman/makanan merupakan bahan limbah anorganik yang dapat dicari di tempat sampah. Sebagian pemulung ada juga yang mau mengumpulkannya. Sedangkan lapak (pengumpul barang bekas) yang biasanya mengumpulkan bahan limbah belum tentu ada karena diangap mudah rusak dan tidak dapat diolah kembali. Kemasan minuman/makanan biasanya ada gambar dan warna yang menarik. Ada juga yang memanfaatkannya pada lembar sebaliknya yang berwarna perak.
Jika setiap peserta didik menyumbang kemasan minuman/makanan dari tempat sampah yang diambil dari rumah atau lingkungan sekitar, serta dimanfaatkan kembali, maka limbah yang ada menjadi berkurang. Tanamkan kepedulian lingkungan kepada peserta didik agar mau segera bertindak menyelamatkan lingkungan. Agar kemasan tetap higienis maka lakukan pencucian, terutama pada bagian dalamnya, agar saat digunakan tidak berbau dan menggangu kesehatan.
Tidak semua proses pembuatan produk kerajinan ditampilkan pada buku siswa secara detil. Hal ini jadikan sebagai wadah untuk mengembangkan gagasan peserta didik pada karya kerajinan.
Peserta didik diminta mencari tahu :
1. Apakah bahan limbah anorganik lain sejenis yang bisa menjadi alternatif produksi kerajinan, selain kain perca?
2. Cari berbagai jenis limbah anorganik di lingkungan tempat tinggal peserta didik, lalu buat pembuktiannya dengan dibuat sebuah karya kerajinan. Lalu mintalah peserta didik untuk menulis hasil pembuktian tersebut, masukkan dalam portofolio
Banyak sekali kemasan kaleng yang digunakan untuk barang-barang keperluan sehari-hari. Sementara sumber daya tambang tidak dapat diperbaharui, jika bisa pun butuh waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk membentuknya. Suatu saat bahan tambang tersebut akan habis dieksplorasi. Oleh karena itu, akan bijak jika kita ikut andil dalam gerakan menyukseskan daur ulang. Kaleng baja 100% dapat didaur ulang menjadi barangyang berguna lainnya, karena siklus hidupnya tidak akan pernah berakhir.
Produk kerajinan dari limbah kaleng tidak banyak dilakukan orang dengan berbagai bentuk. Terkadang untuk mempertahankan bentuknya para pengrajin hanya melukisnya hingga kaleng jadi memiliki tampilan yang menarik.
Limbah kaca dapat diambil dari berbagai botol. Botol banyak memiliki ukuran, bentuk dan warna yang bermacam-macam. Botol minuman keras atau farfum yang paling banyak menggunakan warna pada botolnya, selain bentuknya yang unik, limbah botol bekas air keras banyak diminati orang untuk sekedar dikoleksi, terutama botol yang berasal dari luar negeri seperti Eropa.
Selain dapat digunakan sebagai bahan kerajinan, limbah kaca juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna pada kerajinan keramik.
Kemasan menjadi bagian penting dari sebuah produk. Terkadang kemasan tidak dihiraukan dalam pembuatan kerajinan. Hal ini dikarenakan pengrajin hanya fokus pada kerajinanannya saja. Padahal sesungguhnya kemasan akan membuat sebuah produk kerajinan menjadi memiliki nilai tinggi, tentunya juga meningkatkan harga.
Bayangkan ketika produk dibuat dari barang bekas dengan modal bahan limbah yang dibuang, lalu dikemas dengan cara yang baik dan bahan yang bermutu, maka harga kerajian tersebut menjadi mahal, sebuah nilai yang sangat fantastis. Maka kemasan itu penting.
Kerajinan bahan limbah anorganik yang dimodifikasi memiliki keunikan dalam penciptaan. Paduan dari berbagai bahan limbah anorganik dan proses penciptaan baru yang dapat memadukan bahan limbah anorganik dan bahan alam atau buatan merupakan konsep yang harus dipahami dengan jelas. Namun yang penting adalah bagaimana bahan limbah anorganik menjadi dominasi dari setiap karya modifikasi.
Kemasan menjadi bagian penting dari sebuah produk. Terkadang kemasan tidak dihiraukan dalam pembuatan kerajinan. Hal ini dikarenakan pengrajin hanya fokus pada kerajinanannya saja, padahal kemasan membuat sebuah produk kerajinan menjadi memiliki nilai lebih tinggi, tentunya juga meningkatkan harga.

Sumber : buku k13 prakarya dan kewirausahaan kelas VIII