Serealia dan umbi

Serealia dan umbi sebagai sumber karbohidrat dan protein sangat populer dikonsumsi sebagai makanan pokok dunia. Anak-anak sampai orang tua semua dapat mengonsumsinya dan mengandung banyak manfaat. Sekarang ini, tersedia banyak bentuk makanan hasil olahan setengah jadi serealia dan umbi di pasaran termasuk yang siap saji. Misalnya, makanan bayi bubur beras merah yang berasal dari tepung beras, tinggal menambah susu cair hangat ke dalamnya jadilah makanan bayi siap saji. Keragaman hasil olahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi patut disyukuri sebagai anugerah Tuhan yang telah memberikan masyarakat Indonesia kekayaan alam dan kesuburan tanah, serta tidak lupa mengapresiasi jasa para petani yang telah bekerja di sawah dan ladang dengan ketulusan dan kerja kerasnya. Ingatkan ini pada peserta didik sebagai pembelajaran kompetensi spiritual dan kompetensi sosial.

Setiap produk pangan, baik yang segar maupun yang sudah diolah mempunyai shelf life (waktu/ketahanan simpan/daya keawetan) yang berbeda. Shelf life dapat digunakan untuk menentukan tanggal kadaluarsa (expired date) suatu produk pangan. Shelf life berbeda dengan tanggal kadaluarsa, dimana shelf life lebih berhubungan dengan kualitas/mutu pangan (food quality), sedangkan tanggal kadaluarsa berhubungan dengan keamanan pangan (food safety). Suatu produk pangan apabila telah terlewati shelf life-nya “masih aman” untuk dikonsumsi, namun “secara kualitas” sudah tidak terjamin. Tanggal kadaluarsa merupakan informasi dari produsen kepada konsumen, yang menyatakan batas/tenggang waktu penggunaan/pemanfaatan yang paling “baik” (kualitas) dan paling “aman” (kesehatan) dari produk makanan atau minuman. Artinya produk tersebut memiliki “mutu yang paling prima” hanya sampai batas waktu tersebut. Jika kita mengkonsumsi produk yang sudah kadaluarsa berarti kita menggunakan produk yang mutunya sudah jelek dan kemungkinan dapat membahayakan kesehatan, karena produk tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Pelabelan tanggal kadaluarsa pada olahan pangan, baik itu bahan olahan pangan setengah jadi atau siap saji wajib dicantumkan, hal ini sesuai dengan aturan Undang-undang RI No 7 tahun 1996 tentang Pangan.

Media asli dari pengolahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi disarankan dibawa oleh guru agar pembelajaran lebih bermakna. Namun, jika tidak memungkinkan guru membuat media gambar produk pangan dengan memfoto produk yang ada penulisan tanggal kadaluarsa pada kemasan produknya. Produk pangan yang jadi media gambar sebaiknya beberapa foto olahan pangan setengah jadi dan siap saji.
Misalnya tepung, emping, biskuit, susu cair, tahu, tape, tape ketan hitam/ hijau. Tugaskan peserta didik untuk mengamati dan menganalisis perbedaannya.
Pangan saat ini menjadi sebuah gaya hidup baru di kalangan masyarakat, bukan lagi produk konsumsi untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia semata. Pangan berubah menjadi sebuah industri kuliner yang memberikan tidak hanya cita rasa tapi juga kebutuhan lain manusia untuk bersosialisasi maupun beraktualisasi.
Pada umumnya olahan pangan di daerah sangat dipengaruhi oleh tradisi budaya/ sejarah dan kehidupan sosial daerah setempat. Banyak produk olahan pangan yang dihasilkan dari bahan yang sama antara daerah yang satu dengan lainnya karena pengaruh kehidupan tradisi setempat menghasilkan produk pangan serupa tapi tidak sama. Misalnya keripik/kerupuk dari singkong di keripik singkong Saree (Aceh), keripik balado (Sumatera Barat), keripik Tette’ Madura, Karoppo Lame Makasar dan Jepa Rommo-Rommo Sulawesi Barat, Keripik Dendeng Singkong (Bogor), maupun Opak (Magelang). Keripik/Kerupuk khas Nusantara diolah dengan teknik yang berbeda maupun sama, namun karena pengaruh ketersediaan alat dan kehidupan tradisi daerah masingmasing sehingga dihasilkan bentuk dan rasa yang berbeda.
Kebutuhan gizi setiap hari dapat terpenuhi jika seseorang memperhatikan kebiasaan/ pola makan yaitu jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan memperhatikan kebiasaan makan empat sehat lima sempurna kebutuhan gizi yang baik akan terpenuhi. Menu orang Indonesia terdiri atas makanan pokok untuk memberi rasa kenyang, lauk untuk memberi rasa nikmat dalam memakan makanan pokok, sayur untuk memberi rasa segar dan buah untuk mencuci mulut.
Pada kemasan produk pangan biasanya ada label gizi yang dicantumkan takaran saji dari setiap kemasan. Takaran ditulis dalam satuan gram (g) untuk makanan dan (ml) untuk cairan, dan juga takaran saji lainnya seperti ukuran sendok makan, sendok teh atau cup. Informasi ‘takaran saji’ dan ‘jumlah sajian perkemasan’ adalah dua urutan teratas yang menjadi informasi penting pada kemasan makanan. Kemudian di bawahnya diikuti informasi ‘jumlah nutrisi per sajian’ mulai dari kandungan energi, lemak, protein, karbohidrat, lemak dan seterusnya.
Teknik adalah cara yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat sesuatu. Pada bagian ini, peserta didik dikenalkan teknik dasar pengolahan bahan pangan/makanan yaitu, teknik pengolahan makanan panas basah (moist heat). Aneka jenis teknik pengolahan perlu diperkenalkan agar peserta didik mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap teknik tersebut, sehingga dapat memilih teknik mana yang lebih baik dan menunjang kesehatan kita.
Teknik menggoreng dengan minyak banyak (deep frying) jika dilakukan dengan cepat maka nutrisi yang berkurang hanya sedikit, namun minyak yang digunakan mengandung banyak kalori, sehingga kurang baik bagi kesehatan tubuh. Tips agar tetap bisa sehat walau suka gorengan yaitu dengan selalu menggunakan minyak baru setiap kali ingin menggoreng.
Tips lainnya, gunakan minyak goreng sesuai dengan peruntukkannya. Misalnya, gunakan minyak zaitun untuk menumis, jangan menggunakan minyak kelapa sawit untuk berkali-kali dipakai (maksimal 3 kali penggunaan minyak kelapa sawit). Untuk menggoreng lebih bagus jika menggunakan minyak jagung atau minyak kanola, karena kalorinya lebih rendah dibandingkan minyak kelapa sawit.
Pengolahan makanan dengan memanggang di dalam oven lebih baik dibandingkan dengan memanggang di atas bara api yang dihasilkan oleh arang. Arang mengandung atom karbon yang dapat digolongkan sebagai karsinogenik atau zat pemicu kanker bila digunakan dalam jumlah besar dan terus menerus. Sebaiknya, untuk menjaga kesehatan hendaknya membatasi makan makanan yang dipanggang dengan menggunakan bara api dari arang. Memanggan makanan di oven panasnya bisa lebih cepat dan tidak ada zat karsinogen/zat pemicu kanker, serta tidak ada unsur yang dapat melarutkan vitamin pada makanan.
Tahapan pengolahan merupakan urutan dalam merancang suatu proses pembuatan produk pengolahan, baik pangan maupun non pangan. Merancang suatu proses pembuatan perlu ditanamkan kepada peserta didik, hal ini dimaksudkan agar mereka terbiasa bekerja dengan suatu sistem karena tujuan akhir dari suatu pembuatan produk nantinya memiliki nilai kebermanfaaan secara ekonomi dan kewirausahaan. Penanaman melalui pembiasaan terhadap pelaksanaan setiap tahapan pengolahan akan berdampak positif terhadap nilai-nilai karakter, sosial dan religius peserta didik.

Sumber : prakarya dan KWU kelas 8 k13