Pembelajaran permainan softball, pengorganisasian siswa dapat dilakukan dengan aktivitas individual, berpasangan, dan berkelompok.
a. Aktivitas Individual
Alat : bola plastik/bola standar
Tempat : lapangan
Formasi : individual
1) Tugaskan peserta didik melempar dan menangkap bola sendiri sesuai tata cara melempar dan menangkap bola.
2) Tugaskan peserta didik memukul bola menggunakan pemukul sendiri dari bola yang dilambungkan sendiri.
3) Pertanyakan kepada peserta didik, apakah dengan merobah titik perkenaan pukulan pada bola akan merobah jalannya bola, apakah dengan merobah titik tumpu akan merobah kecepatan dan jalannya bola, apakah distribusi kekuatan memukul, melempar mempengaruhi jalannya bola, dan pertannyaan lainnya.
4) Tugaskan peserta didik untuk mengeksplorasi pertanyaan tersebut melalui praktik melempar, menangkap dan memukul bola.
5) Setelah peserta didik merasakan ada kemajuan dengan melempar, menangkap dan memukul kembangkan dengan berbagai variasi lemparan, menangkap dan memukul.
6) Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik.
Variasi: setelah peserta didik teramati mengalami kemajuan lemparan,menangkap dan memukul, tugaskan mereka mengunakan variasi melempar, menangkap dan memukul, dan juga tugaskan mereka untuk melakukan gerak lemparan, menangkap dan memukul sambil bergerak maju-mundur, ke kiri – ke kanan, menyerong.
b. Aktivitas Berpasangan
Alat : bola plastik/bola standar
Tempat : lantai yang rata/lapangan rumput
Formasi : berhadapan berpasangan
1) Tugaskan peserta didik berdiri berhadapan jarak 3 – 5 meter
2) Tugaskan peserta didik saling melempar, menangkap dan memukul.
3) Pertanyakan kepada peserta didik, apakah dengan merobah titik perkenaan bola saat melempar, menangkap, memukul akan merobah jalannya bola, apakah dengan merobah titik tumpu akan merobah kecepatan dan jalannya bola, apakah distribusi kekuatan melempar, menangkap dan memukul mempengaruhi jalannya bola, dan pertannyaan lainnya.
4) Tugaskan peserta didik untuk mengeksplorasi pertanyaan tersebut melalui praktik melempar, menangkap dan memukul bola secara berapasangn.
5) Setelah peserta didik merasakan ada kemajuan dengan kaki kanan lakukan gerakan melempar, menangkap dan memukul bola menggunakan variasi.
6) Guru menyampaikan arti penting kerjasama dan disiplin selama berlatih.
7) Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik.
Variasi: setelah peserta didik teramati mengalami kemajuan melempar, menangkap dan memukul bola menggunakan berbagai teknik, tugaskan mereka mengunakan macam macam variasi, dan juga tugaskan mereka untuk melakukan gerak melempar, menangkap dan memukul sambil bergerak maju-mundur, ke kiri – ke kanan, menyerong.
Agar kegaitan menarik bagi peserta didik, formasi ini dapat dikembangkan lagi oleh guru, sepert formasi segi empat, segi lima, atau segi enam.
c. Aktivitas Berkelompok
Alat : bola plastik/bola standar
Tempat : lantai yang rata/lapangan rumput
Formasi : sesuai aturan posisi pemain softball
1) Tugaskan peserta didik membuat tim, yang terdiri dari 10 orang satu tim atau sesuai jumlah siswa yang ada.
2) Tugaskan peserta didik bermain softball menerapkan berbagai keterampilan gerak permainan softball dengan menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.
3) Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik.
4) Buatlah dua regu yang sama banyak. Satu regu sebagai pemukul dan regu lainnya sebagai penjaga.
5) Regu yang mendapat giliran memukul, setiap pemain mendapat kesempatan 3 kali memukul. Jika pukulan yang pertama atau kedua sudah baik, pemukul harus segera lari ke base pertama.
6) Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum permainan dimulai.
7) Tiap-tiap base hanya boleh diisi oleh seorang pemain pemukul, di mana pemukul pertama tidak boleh dilalui pemukul kedua dan seterusnya.
8) Pemain bebas mengadakan gerakan selama bola dalam permainan, kecuali bila pitcher sudah siap untuk melempar bola kepada pemukul.
9) Pada waktu akan di “tik” pelari tidak boleh menghindar dengan berlari keluar atau ke dalam dari batas yang telah ditentukan.
10) Setiap pelari dengan pukulan yang baik dapat kembali dengan selamat melampaui home base mendapat nilai 1.
11) Lama bermain ditentukan dengan inning dan lamanya permainan softball adalah 7 inning/babak.
Kategori keterampilan gerak permainan softball lainnya seperti: keterampilan gerak memegang bat/pemukul dan memukul bola di rancang seperti aktivitas pembelajaran di atas. Guru dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta keadaan lingkungan sekolah.
Sumber : buku k13 PJOK kelas xi