Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Ragam dan Fungsi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
sebanyak-banyaknya untuk mengenali dan mengidentifikasi berbagai karakteristik dari berbagai jenis karya seni rupa tersebut.
Berikanlah latihan agar siswa mampu membandingkan berbagai jenis karya seni rupa dua dimensi serta membedakan karakteristik dari masingmasing jenis karya seni rupa tersebut.
Perlu di ingat bahwa pengkategorian karya seni rupa tidak bersifat kaku. Perbedaan pendapat diantara siswa tentang pengkategorian karya seni rupa dua dimensi ini perlu diakomodasi dan difasilitasi agar mereka dapat mengemukakan alasan-alasan objektif atas pilihan kategori jenis karya seni rupa tersebut.

Simbol dan Nilai Estetis Karya Seni Rupa Dua Dimensi
kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni. Unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni rupa pada dasarnya meliputi semua unsur visual yang terdapat pada sebuah benda seperti garis, raut (bidang dan bentuk), ruang, tekstur, warna dan gelap terang. Untuk memahami unsur fisik dan non fisik ini gunakanlah contoh-contoh karya seni rupa dari yang sederhana hingga yang kompleks. Melalui contoh-contoh sederhana ini siswa dengan mudah menemukan unsur-unsur fisik dan nonfisik yang ada dalam sebuah karya seni rupa.

Medium (Alat, Bahan, dan Tekhnik
Sebelum melakukan kegiatan berkarya seni rupa dua dimensi, siswa diharapkan telah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang berbagai alat, bahan dan teknik yang biasa digunakan dalam praktik berkarya seni rupa di sekolah. Usaha untuk mengenal karakter bahan, alat dan teknik ini dengan baik hanya dapat dilakukan siswa dengan kegiatan praktik secara langsung. Pengetahuan dan pemahaman tenta
Sebelum melakukan kegiatan berkarya seni rupa dua dimensi, siswa diharapkan telah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang berbagai alat, bahan dan teknik yang biasa digunakan dalam praktik berkarya seni rupa di sekolah. Usaha untuk mengenal karakter bahan, alat dan teknik ini dengan baik hanya dapat dilakukan siswa dengan kegiatan praktik secara langsung. Pengetahuan dan pemahaman tentang bahan, alat dan teknik berkarya ini selain penting dalam proses pembuatan karya seni juga diperlukan dalam kegiatan kritik dan apresiasi. Siswa akan lebih menghargai sebuah karya seni rupa jika memiliki pengetahuan yang memadai tentang bahan, alat dan teknik yang digunakan dalam berkarya seni.




Related Posts :