Aktivitas Pembelajaran Analisis Kategori Keterampilan Gerak Permainan Sepakbola


Pembelajaran permainan sepakbola dapat dilakukan dengan aktivitas berpasangan dan berkelompok sebagai berikut:

a. Aktivitas Belajar Berpasangan
Alat : bola plastik/bola standar
Tempat bermain : lantai yang rata/lapangan rumput
Formasi : berhadapan/berpasangan
1) Tugaskan peserta didik untuk membuat barisan dan saling berhadapan secara berpasang-pasangan dengan jarak 3-5 meter. Masing-masing pasangan mendapatkan satu bola.
2) Tugaskan kepada peserta didik untuk menendang bola ke depan (a), kemudian pasangan berlari ke depan untuk mengontrol bola (b), menendang kembali bola ke depan sekitar 2-3 meter (a), pasangan berlari kembali ke depan untuk mengontol bola (b), begitu seterusnya hingga jarak yang telah ditentukan guru.
3) Pertanyakan kepada peserta didik: apakah dengan merobah titik perkenaan bola dengan kaki akan merobah jalannya bola?, apakah dengan merobah titik tumpu akan merobah kecepatan dan jalannya bola?, apakah distribusi kekuatan menendang mempengaruhi jalannya bola?, Dan pertannyaan lainnya. 4) Tugaskan peserta didik untuk mengeksplorasi pertanyaan tersebut melalui praktik menendang bola secara berpasangn.
5) Setelah peserta didik merasakan ada kemajuan dengan kaki kanan lakukan gerakan menendang bola mengguankan kaki kiri.
6) Guru juga menyampaikan arti penting kerjasama dan disiplin selama melakukan aktivitas belajar tersebut.
7) Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik, baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.
Variasi: setelah peserta didik teramati mengalami kemajuan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, tugaskan mereka mengunakan punggung kaki bagian dalam dan luar, dan juga tugaskan mereka untuk melakukan gerak menendang sambil bergerak maju-mundur, ke kiri – ke kanan, menyerong. Agar kegaitan menarik bagi peserta didik, aktivitas belajar ini dapat dikembangkan lagi oleh guru.

b. Aktivitas Belajar Kelompok
Alat : bola plastik/bola standar
Tempat bermain : lapangan dengan ukuran 9 x 9 meter.
Formasi : berkelompok bebas
1) Tugaskan kepada peserta didik untuk membuat kelompok sebanyak 6 orang
2) Tugaskan kepada peserta didik untuk menentukan 2 orang sebagai pemain penerima bola, 2 orang sebagai pemain bertahan, dan 2 orang sebagai pemain penyerang.
3) Tugaskan kepada peserta didik untuk melakukan pemain penyerang membawa bola dan berusaha memberikan bola kepada pemain penerima bola, pemain bertahan berusaha merebut bola dari pemain penyerang dan menghalangi bola agar tidak sampai kepada pemain penerima bola. Apabila bola berhasil diterima oleh pemain penerima bola maka pemain penerima berganti menjadi pemain bertahan, pemain bertahan menjadi pemain penyerang, dan pemain penyerang menjadi pemain penerima bola.
4) Tugaskan peserta didik untuk menerapkan berbagai keterampilan gerak permainan sepakbola dengan menerapkan nilai sportifitas, kerjasama, dan disiplin.
5) Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik.

Kategori keterampilan gerak permainan sepakbola lainnya seperti: keterampilan gerak menghentikan/mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang di rancang seperti aktivitas pembelajaran di atas. Guru dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta keadaan lingkungan sekolah.

Sumber : buku k13 PJOK kelas xi